Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Cara Mudah Terbebas Dari Nyamuk dan Mencegah Demam Berdarah

Uncategorized

10 Cara Mudah Terbebas Dari Nyamuk dan Mencegah Demam Berdarah

Selain menyebabkan penyakit demam berdarah, nyamuk aedes aegypti juga menjadi penyebab virus zika. Kedua penyakit itu bisa membuat penderitanya meninggal jika tidak cepat ditangani sejak dini. oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara mencegah demam berdarah. Lebih baik mencegahnya daripada mengobati.

Terlebih lagi ketika musim hujan datang, kita harus mewaspadai keberadaan nyamuk ini, karena mereka mudah berkembang biak.  Jangan sampai kita melakukan hal-hal yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan nyamuk aedes aegypti. Untuk mengetahui apa saja yang kamu lakukan sebagai upaya pencegahan demam berdarah, yuk simak ulasan berikut ini!

10 Cara memberantas aedes aegypti dan mencegah demam berdarah

Balik ember atau wadah kosong
Apabila kamu mempunyai wadah atau ember yang jarang digunakan, baliklah jangan sampai terisi dengan air. Kalau terisi air, bisa digunakan sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk ini. Apabila embernya terisi air, tutuplah dengan rapat dan usahakan agar air itu bersih.

Bersihkan pot bunga yang kosong
Jika kamu mempunyai pot bunga yang kosong atau kelebihan air di pot tanaman segera bersihkan. Simpan pot kosong di tempat yang kering, pokoknya jangan sampai ada genangan air.

Gunakan obat nyamuk
Terapkan obat nyamuk atau penolak nyamuk di semua bagian rumah baik di siang maupun malam hari secara rutin untuk mencegah demam berdarah.

Loading...

Pastikan tidak ada lubang
Periksa semua jendela dan pintu, pastikan tidak mempunyai lubang. Jika terdapat lubang, segera tutup agar nyamuk tidak bisa masuk dengan mudah ke rumah.

Jangan biarkan nyamuk menggigit lagi
Apabila ada seseorang yang terkena demam berdarah, lebih berhati-hatilah. Jangan biarkan nyamuk itu menggigitmu atau orang sekitarmu. Karena jika sudah menggigit maka, penyakit demam berdarah tidak bisa dihindari lagi. Untuk itu, kamu perlu kenali ciri nyamuk aedes aegypti.

Tidur dengan perlindungan kelambu
Biasakan untuk tidur dengan menggunakan kelambu, terutama bagi anak kecil yang tidur di siang hari, karena nyamuk berkeliaran di jam-jam itu. Walaupun rasanya gerah,tapi ini cara efektif untuk mencegah penyakit demam berdarah.

Apabila menggunakan AC, bersihkanlah
Kalau kamu menggunakan AC sebagai pendingin ruangan, bersihkanlah nampan airnya secara teratur atau hentikan pemakaiannya.

baca juga : Kenali Ciri Nyamuk Aedes Aegypti Penyebab Demam Berdarah

Tutup tempat sampah
Selalu tutupi tempat sampah, apalagi yang ada di dalam rumah. Usahakan untuk membuang sampah setiap hari jangan tunggu sampai tempat penuh dan muntah.

Tanam tumbuhan tulsi di dekat jendela
Langkah terbaik untuk mencegah demam berdarah adalah menanam tulsi di dekat jendela. Tanaman tulsi ini mempunyai bentuk mirip kemangi. Tanaman ini mempunyai sifat penolak nyamuk yang ampuh.

Gunakan kapur barus
Kalau tidak tahan dengan obat nyamuk bakar, kamu bisa menggantinya dengan kapur barus. Caranya, tutuplah semua pintu dan jendela, lalu taruh kapur barus pada ruangan selama 15-20menit. Maka, ruanganmu akan terbebas dari nyamuk termasuk jenis aedes aegypti.

Karena gigitan nyamuk aedes aegypti betina seseorang bisa terinfeksi, lalu menyebabkan penyakit. Setelah digigit nyamuk itu, umumnya diperlukan waktu sekitar 4-10 hari, tubuh menunjukkan gejala-gejala penyakitnya. Gejalanya adalah demam tinggi, sakit kepala, nyeri di belakang mata, merasa mual dan muntah, terjadi pembengkakan kelenjar, timbul ruam di kulit dan nyeri otot.

Belum ada pengobatan yang jelas mengenai kondisi itu, jadi lebih baik kamu berupaya mencegah demam berdarah sedini mungkin. Terlebih lagi di musim hujan yang sebentar lagi akan tiba.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top