Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Makanan Sehat Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Uncategorized

10 Makanan Sehat Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Makanan penurun kolesterol sangat dibutuhkan oleh mereka yang mempunyai kadar kolesterol tinggi dalam darah. Kolesterol adalah senyawa yang mempunyai tekstur lembek diantara lemak dalam peredaran darah tubuh. terdapat dua jenis kolesterol yaitu low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Kolesterol bukan hanya menjadi masalah orang tua atau lanjut usia saja, melainkan juga usia muda bisa menderita kolesterol tinggi. Penyebabnya pun sangat beragam, salah satunya karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat. Kebanyakan konsumsi makanan cepat saji bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Apabila kolesterol jahan sudah menumpuk di dalam tubuh, maka menyebabkan resiko terhadap penyakit jantung, stroke dan penyakit lainnya. Bagi kamu yang menderita kolesterol tinggi, sudah semestinya selalu makan makanan sehat. Lantas makanan sehat seperti apa yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi? Inilah ulasannya!

Inilah 10 Makanan penurun kolesterol dengan cepat

Untuk menurunkan jumlah kolesterol dalam darah, kamu membutuhkan  makanan sehat yang tepat untuk penderita kolesterol. Berikut adalah makanan yang baik untuk kamu konsumsi :

Oatmeal atau biji gandum utuh
Jika kamu sedang mencari cara menurunkan kolesterol tinggi, kunci utamanya adalah hanya mengubah sarapan pagi. Beralihlah ke menu sarapan oatmeal dapat menurunkan LDL  atau kolesterol jahat sebesar 5,3% hanya dalam 6 minggu. Hal ini karena kandungan beta-glucan, zat dalam gandum yang menyerap LDL. Mulai sekarang ganti nasi dalam sarapanmu dengan oatmeal atau biji gandum utuh.

Anggur merah
Tempranillo merupakan serat yang terdapat dalam buah anggur merah mampu menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Hal inilah yang membuat anggur termasuk 10 makanan penurun kolesterol tinggi. Sebuah studi yang dilakukan oleh departemen metabolisme dan nutrisi di Madrid Spanyol menemukan bahwa ketika seseorang mengkonsumsi suplemen anggur yang sama ditemukan dalam anggur merah, kadar LDL mereka menurun sebesar 9%.

Loading...

Selain itu, penelitian juga dilakukan pada seseorang yang mempunyai kolesterol tinggi, mereka mengalami penurunan kadar kolesterol sebesar 12% . Jadi, mulailah untuk mengkonsumsi anggur merah atau suplemennya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darahmu.

Makanan yang mengandung kacang kedelai
Cara menurunkan kolesterol tinggi selanjutnya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kacang kedelai. Konsumsi makanan seperti puding kedelai tanpa gula, susu kedelai dan tahu bisa mengurangi tingkat kolesterol darah. Makan sebanyak ½ ons setiap hari bisa mengurangi kolesterol sekitar 6%.

Buah dan sayuran
Sayur dan buah merupakan 10 makanan penurun kolesterol tinggi. Memang tidak diragukan lagi manfaat dan khasiat buah maupun sayur untuk kesehatan tubuh. Sebab, buah dan sayur memiliki lemak jenuh rendah. Kalau mengkonsumsinya, maka membuatmu kenyang lebih lama dan memungkinkan kamu mengurangi asupan makanan mengandung lemak jenuh.

Beberapa sayur dan buah yang bermanfaat baik untuk kolesterol yaitu apel, brokoli, pir, ubi, stroberi dan terong mampu menurunkan kolesterol tinggi.

Kacang-kacangan
Kandungan protein, vitamin E, lemak tak jenuh, serat, kalium dan magnesium dalam kacang membantu mengurangi kadar kolesterol darah. Dengan mengkonsumsi sebanyak 1-2 ons kacang-kacangan secara rutin kamu bisa menurunkan kolesterol sebanyak 5%. Kacang almond, kenari, hazelnut, kacang tanah, kacang pinus dan lainnya dapat membantumu.

Asam lemak omega-3 serta antioksidan di dalamnya akan bekerja dalam merehabilitasi kerusakan atau kekacauan yang terjadi pada arteri akibat lemak jenuh. Sehingga, kacang-kacangan merupakan 10 makanan penurun kolesterol tinggi yang efektif.

Ikan
Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan salmon, makarel, tuna dan sarden bisa menurunkan tekanan darah. Omega 3 ini sebenarnya tidak berpengaruh dengan kadar kolesterol jahan, tapi mampu menurunkan resiko pembekuan darah. Makanlah ikan berdaging itu , minimal 3 kali dalam seminggu. Perlu kamu ketahui omega 3 mengurangi resiko terhadap serangan jantung dan mengurangi jumlah trigliserda di dalam darah.

Avokado
Salah satu buah yang kaya akan lemak tak jenuh adalah avokado. Apabila kamu terlanjur mempunyai penyakit kolesterol, sebaiknya konsumsi avokad dalam bentuk buah. Bukan yang sudah dijadikan jus atau yang dicampur susu dan gula. Batasi makanan mengandung lemak jenuh, bagi wanita sebanyak 20gram, sedangakan pada pria batasnya 30 gram.

Makanan yang kaya stanol dan sterol
Yang termasuk 10 makanan penurun kolesterol yakni mengandung sterol dan stanol. Fungsinya adalah untuk mencegah tubuh agar tidak menyerap kolesterol. Kandungan ini bisa kamu dapatkan pada biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, buah, minyak nabati. Tapi tidak dengan minyak kelapa atau minyak kelapa sawit. Karena kedua minyak tersebut mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Selain itu, kamu dapat mengkonsumsi suplemen dengan kandungan sterol dan stanol. 2 gram sterol dan stanol mampu menurunkan kolesterol tinggi dalam darah sebanyak sepersepuluhnya. Suplemen ini bisa kamu peroleh dari apotek.

baca juga : Obat Alami untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Teh hijau
Penelitian yang diadakan di Jepang menunjukkan bahwa theanine dalah teh hijau sangat bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah terbentukanya kadar kolesterol jahat. Cara menurunkan kolesterol dengan teh hijau adalah dengan meminum 4 cangkir teh hijau tanpa gula setiap hari.

Yoghurt dengan probiotik
Banyak penelitian mengungkapkan bahwa kandungan probiotik lactobacillus acidophilus dan lactobacillus reuteri  sangat membantu menurunkan kolesterol. Zat itu bekerja dengan cara mencegah reabsorpsi kolesterol ke peredaran darah.

Nah itulah 10 makanan penurun kolesterol yang efektif mambantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Akan lebih baik jika kamu mengkonsumsinya dengan berkonsultasi kepada dokter dan mengikuti saran yang dianjurkan oleh dokter.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top