Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Efek Minum Soda Saat Berkendara

Uncategorized

15 Efek Minum Soda Saat Berkendara

Ada banyak sekali minuman soda dengan berbagai merk di jual di pasaran dunia. Hampir semua tempat makan baik restoran biasa maupun restoran fast food menjual minuman soda. Kita sudah tahu bahwa minum soda tidak baik untuk kesehatan kita. Banyak orang yang sudah membuktikan hal itu. Namun minuman soda sampai saat ini masih menjadi minuman yang digemari oleh banyak orang. Mungkin karena rasanya enak sehingga orang menyukai minuman ini.

Biasanya orang orang minum soda saat mereka sedang santai. Sambil menonton TV atau bermain game. Tetapi ada juga orang yang minum soda saat sedang berkendara. Minum soda saat berkendara biasa dilakukan oleh para sopir bus atau sopir mobil karena mereka menggap soda membuat mereka lebih tahan ngantuk. Apa saja efek yang bisa saja terjadi? Berikut ini adalah efek minum soda saat berkendara:

1. Bersendawa

Minum soda saat berkendara bisa menyebabkan kita bersendawa terus. Ini karena gelembung-gelembung gas yang tercipta di rongga perut akan menyebabkan kita jadi sendawa terus, melebihi biasanya. Efek bersendawa ini ada positif dan negatifnya. Positifnya adalah mampu memicu keluarnya gas-gas asam lambung di perut yang kerap membuat jadi mabuk darat. Sedangkan negatifnya adalah bila sendawanya terlalu keras dan banyak bisa membuat kita malu dan atau malah muntah.

2. Mual-Mual

Efek minum soda memang bisa membuat mual-mual. Rasa mual ini disebabkan karena gelembung gas yang tertahan di perut. Meskipun soda bisa membuat gelembung gas ini keluar, namun dalam kondisi berkendara malah gelembung gasnya jadi terperangkap. Alhasil kita jadi mual-mual. Dan ini sungguh sangat memecah konsentrasi dan kenyamanan berkendara.

3. Muntah

Muntah ketika berkendara ternyata bisa pula disebabkan karena minum soda. Bagaimana tidak? Minuman soda ini memang memberikan reaksi yang keras pada perut. Kamu tak boleh minum soda deh saat menyetir atau dalam perjalanan jauh. Daripada muntah-muntah dan malah bikin perjalanan jadi kacau.

4. Buang Angin

Buang angin akan terjadi bila kita minum soda. Reaksinya sama dengan ketika bersendawa. Ini disebabkan karena keluarnya gas-gas gelembung asam lambung atau gas-gas perut yang tercipta akibat soda. Jika kamu sedang dalam kendaraan yang sesak, tidak sendirian, maka minum soda ini bisa sangat menyebalkan pastinya.

Loading...

5. Perut Kembung

 

Hati-hatilah bila minum soda, akan bisa membuat perut kita jadi kembung. Jika kamu tak ingin merasakan sakit perut yang amat melilit dan sensasi ingin muntah, maka janganlah kamu meminum soda saat berkendara. Soda ini tidak terbatas pada jenis minuman dan merk tertentu. Pokoknya semua minuman yang mengandung soda sangat tidak baik diminum.

6. Gangguan Konsentrasi

Konsentrasi kita bisa pecah gara-gara minum soda. Ini karena soda sungguh akan membuat kita jadi tidak keruan rasanya. Apalagi kalau minuman soda ini sedikit mengandung alkohol, wah malah bahayanya bisa berkali-kali lipat.

7. Lidah dan Tenggorokan Tidak Nyaman

Setelah minum soda, lidah dan tenggorokan akan terasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan ini sungguh akan dirasakan dalam jangka waktu lama. Jika kita merasakan ada yang mengganjal di lidah dan tenggorokan, maka kita jadi tidak nyaman kan saat berkendara. Untuk itu, jauhilah soda. Lebih baik minum air putih kalau memang sedang haus. Resikonya lebih sedikit dibanding minuman bersoda.

8. Mengalami Dehidrasi

Efek minum soda saat berkendara ternyata juga akan membuat kita mengalami dehidrasi. Sensasi dehidrasi ini memang aneh. Bagaimana sebuah minuman tidak menghilangkan dahaga, namun justru membuat dehidrasi. Inilah betapa buruknya minuman bersoda. Tak sepantasnya kamu minum saat berada di kendaraan.

9. Kepala Pusing

Minum soda saat berkendara ternyata juga akan menyebabkan kita jadi pusing. Kepala berasa lelah dan berat, Susah sekali dibawa melek. Bagaimana bisa yang seperti ini terjadi di tengah menyetir? Sungguh bahaya sekali bisa memicu kecelakaan.

10. Mudah Mengantuk

Tenyata minum soda juga akan membuat kita jadi mudah mengantuk. Sensasi ngantuk ini berasa amat keras, sampai-sampai kita jadi ingin segera menepi saja. Memberhentikan laju kendaraan.

Baca Juga: 15 Penyebab Mabuk Darat yang Perlu Diketahui

5 Efek Minum Soda Saat Berkendara yang Lainnya:

11. Merasa Gelisah
12. Sakit Kepala
13. Mulut Kering
14. Lidah Pahit
15. Mabuk Darat

Ternyata minum soda saat berkendara sangat berefek negatif. Ternyata mereka yang berpikir minum soda membuat tetap melek itu salah, justru malah mengantuk. Efeknya berimbas pada orang yang berkendara atau penumpangnya bisa saja terjadi kecelakaan. Jadi sebaiknya saat kita akan mengendarai kendaraan, kita jangan minum minuman bersoda agar perjalanan kita selamat sampai tujuan.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top