Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Pencegahan dan Pengobatan Leukosit Tinggi

Uncategorized

17 Pencegahan dan Pengobatan Leukosit Tinggi

Leukosit adalah sela darah putih yang memiliki fungsi dalam system kekebalan tubuh manusia yang dapat melawan infeksi dan juga sel- sel kanker ataupun tumor dalam tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa sel darah putih yang normal dimiliki oleh manusia adalah kisaran 4.000-10.500 sel/mm³ pada dewasa dan 5.000-15.500 sel/mm³ pada anak- anak. Dan jika Anda memeriksakan kadar sela darah putih Anda dokter dan ternyata hasilnya adalah melebihi kadar normal maka dapat di pastikan Anda akan semakin mudah untuk terkena penyakit. Darah putih ini sendiri diproduksi oleh bagian tubuh yakni sum- sum tulang yang terdiri dari berbagai jenis sel leukosit yaitu neutrofil, limfosit, eosinophil, monosit dan basofil. Neutrofil sendiri merupakan jenis sel yang paling banyak yang kemudian diikuti oleh limfosit yang paling banyak.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka telah mengalami leukosit tinggi dan bahkan pun banyak orang yang tak dapat mengetahui pencegahan dan juga pengobatan yang di lakukan jika sudah terkena leukosit tinggi.

17 Pencegahan dan Pengobatan Leukosit Tinggi


Pencegahan Leukosit Tinggi

1. Sering berolah raga
2. Menjaga pola makan
3. Konsumsi makanan yang sehat
4. Kurangi mengkonsumsi kafein
5. Hindari meminum alcohol

Pengobatan yang perlu dilakukan untuk penyakit leukosit tinggi wajib segera Anda lakukan. Berikut beberapa pengobatan leukosit tinggi….

1. Mengonsumsi bayam

Apabila Anda terserang leukosit tinggi maka Anda perlu memakan makanan yang dapat menurunkan kadar leukosit Anda. Dan Anda dapat mengkonsumsi sayuran yakni bayam karena bayam memiliki kandungan folat dan folat ini dipercaya dapat mempercepat dan memproduksi sel sel baru dalam tubuh dan juga dapat menjadi sintesis DNA dan juga RNA dan tentunya dapat mencegah pengubahan dari sel darah. Memakan bayam juga dapat membantu Anda untuk menormalkan kadar sel darah putih.


2. Ubi jalar

Anda dapat mengkonsumsi ubi jalar untuk menormalkan kembali leukosit Anda karena ubi jalar memiliki beta karoten-antioksidan. Dan ubi jalar ini juga memiliki banyak kandungan vitamin A, yang dapat memperlambat penuaan dini serta meminimalisir terjadinya kanker

Loading...


3. Kacang polong hijau

Anda dapat mengkonsumsi kacang polong jika tiba- tiba kadar leukosit Anda tinggi karena memang kacang polong ini memiliki kandungan antioksidan yakni seperti carotenoid, flavonoid, asam fenolat, dan juga polyphenol. Dan kacang polong ini memiliki manfaat yang cukup banyak seperti mencegah penuaan dini, menambah energy dan juga memperkuat system imun jika sel darah putih meninggi.


4. Kol atau kubis

Jika leukosit Anda tinggi maka Anda dapat memperbanyak mengkonsumsi kol yang memiliki kandungan zat besi yang sangat banyak. Zat besi ini memiliki fungsi untuk membantu dalam pembentukan sela darah merah jadi dapat di pastikan dapat menurunkan kadar leukosit yang tinggi.


5. Brokoli

Anda dapat menurunkan leukosit yang tinggi dengan banyak mengkonsumsi brokoli karena brokoli ini dapat membangkitkan protein, kromium, karbohidrat, vitamin A dan C, dan juga zat besi. Dan brokoli memiliki kandungan phytochemical penting dan antioksidan yang  dapat melawan berbagai penyakit dan infeksi.


6. Sawi

Sawi ini juga dapat menurunkan leukosit yang tinggi karena sawi memiliki manfaat dan zat yang terkandung pun juga sangat banyak yakni seperti mineral dan juga nutrisi.


7. Menerapkan pola makan tepat waktu

Tidak hanya mementingkan makanan yang di konsumsi namun juga Anda harus memperhatikan pola makan Anda dalam keseharian karena Anda harus makan dengan pola yang seimbang dan juga tepat waktu.


8. Menghindari dehidrasi

Meminum air putih memanglah sangat berguna untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit dan juga dapat mengatasi leukosit yang tinggi. Ketika terserang leukosit tinggi jangan sampai Anda mengalami dehidrasi karena kurang minum. Anda perlu menerapkan minum air putih ketika pagi hari karena dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.


9. Menghindari stres

Menghindari stress juga menjadi salah satu obat untuk tidak terjadinya leukosit yang tinggi karena memang stress itu adalah penyebabnya. Anda dapat melakukan refresing sekedar jalan- jalan di taman untuk menghilangkan penat setelah beraktivitas yang sangat padat.


10. Menghentikan konsumsi minuman beralkohol dan merokok

Ada baiknya jika memang Anda untuk menghentikan kebiasaan yang buruk seperti mengkonsumsi minuman yang beralkohol dan juga merokok. Memang minuman yang beralkohol dan juga rokok mengandung zat yang akan merusak badan, maka hal demikian bakal memicu peningkatan jumlah sel darah putih. Karena sel darah putih ini akan mengalami peningkatan yang di tingkatkan oleh tubuh demi memerangi zat alkohol dan zat yang terdapat di rokok tersebut.

Baca Juga: 40 Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Obesitas

2 Pengobatan Leukosit Tinggi Lainnya

1. Sering melakukan olah raga walaupun olah raga yang ringan
2. Mengatur pola tidur yang sehat

Nah, demikianlah informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 12 pencegahan dan pengobatan dari leukosit tinggi. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu dan bermanfaat. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top