Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh untuk Penyembuhan Gigi

Uncategorized

20 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh untuk Penyembuhan Gigi

Sakit gigi pastilah sangat menyiksa. Kegiatan yang seharusnya dapat Anda jalankan dipastikan akan terganggu. Bukan hanya itu, Anda juga harus merasakan nyeri dan sakit karena adanya peradangan pada gusi. Bila sakit gigi menyerang, Anda wajib mengetahui obat sakit gigi sangat amapuh guna mengatasinya.

Obat sakit gigi bisa kita dapatkan dari bahan-bahan yang sering kita jumpai. Dengan demikian dapat sementara waktu membantu Anda untuk mengatasi bila timbul sakit gigi. Berikut adalah obat sakit gigi sangat ampuh.

1. Daun jambu biji

Obat sakit gigi sangat ampuh yang pertama adalah daun jambu biji. Untuk menemukan daun ini sangatlah mudah, karena sebagai tanaman tropis tamanan ini banyak tersebar hampir di seluruh wilayah indonesia. Pohon jambu sendiri sering ditanam di pekarangan rumah sebagai pohon peneduh ataupun diambil  buahnya untuk dikonsumsi.

Kini, bagi Anda yang memiliki masalah dengan gigi daun jambu biji dapat Anda gunakan untuk meredakan sakit tersebut. Hal ini dikarenakan kandungan antiinflamasi dan antimikroba yang kuat dapat mengusir rasa sakit pada gigi Anda.

2. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh  atau dikenal sebagai Averrhoa bilimbi  merupakan tanaman yang sering kita jumpai tumbuh di sekitar rumah kita. Tanaman ini sering kita ambil buahnya untuk dimanfaatkan sebagai bahan campuran sayur karena rasa buahnya yang asam. Namun, tahukah Anda bahwa buah dari blimbing wuluh juga dapat mengobati sakit gigi? Caranya cukup dengan mengambil buah blimbing wuluh, cuci bersih lalu tumbuk. Setelah itu,  tempelkan hasil tumbukan buah blimbing wuluh pada bagain yang berlubang.

3. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam mungkin menjadi obat yang paling sederhana yang dapat Anda lakukan. Gunakan air garam sebagai pertolongan pertama bila sakit gigi menyerang. Selain mudah didapat, reaksi cepat dari berkumur air garam akan membatu meredakan sakit.

Loading...

Kandungan  antiseptik alami pada garam dapat menyembuhkan luka pada bagian gusi dengan cepat. Selain itu dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi. Lebih jauh lagi, kandungan mineral yang tinggi pada garam dapat mengeluarkan racun pada gigi yang tidak sehat.

4. Teh celup panas

Teh celup merupakan produk yang dapat kita temui dengan mudah. Produk ini banyak ditemukan dan tak jarang merupakan komoditas utama yang Anda beli setiap bulan. Untuk mengobati sakit gigi, gunakan kantung teh yang sudah dicelupkan air panas. Berikutnya, tempelkan kantung teh tersebut pada bagian pipi yang membengkak. Asam tannic pada kantung teh terbukti klinis mengatasi gusi bengkak dan infeksi pada gigi.

5. Kentang

Sayuran yang sering dikonsumsi  ini, ternyata memiliki manfaat sebagai obat sakit gigi yang sangat ampuh.  Kentang mempunyai sifat yang mendinginkan. Dengan meletakkkan kentang yang telah ditumbuk pada bagian yang sakit atau berlubang, nyeri yang diakibatkan oleh sakit gigi akan berkurang.

6. Vanili

Bubuk vanili akan dengan mudah kita temukan di toko bahan-bahan kue. Bubuk ini digunakan untuk membuat kue lebih harum dan mengembang. Vanili memiliki sifat yang menenangkan sehingga efektif untuk mengatasi nyeri pada penderita sakit gigi. Penggunaannya cukup mudah, dengan mencelupkan kapas pada bubuk vanili lalu tempelkan pada bagian gigi yang berlubang.

7. Bawang putih

Sebagai bumbu dapur yang mudah dijumpai,  penggunaan bawang putih sebagai obat sakit gigi dapat menjadi pilihan. Kandungan acilin pada bawang putih dapat membatu mengurangi rasa sakit. Selain itu sifat antibiotik pada bawang putih juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab sakit gigi.

8. Minyak cengkeh 

Minyak cengkeh sudah lama dikenal orang sebagai obat sakit gigi yang mujarab. Dengan mencelupkan kapas pada minyak cengkeh, lalu menempelkan pada bagian yang sakit, sakit gigi akan mulai berkurang. Hal ini disebabkan oleh kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang dapat mengobati infeksi pada gusi. Selain itu, eugenol yang terdapat pada minyak cengkeh dapat meredakan rasa sakit .

9. Es batu

Balok es merupakan pengalih rasa sakit yang efektif, termasuk pada kasus sakit gigi. Es batu bekerja seperti obat bius yang sementara waktu dapat menonaktifkan syaraf sehingga rasa sakit yang timbul karena sakit gigi akan reda. Bungkus es batu dengan kain lalu tempelkan pada bagian yang sakit untuk mengatasi nyeri sementara pada sakit gigi.

10. Jahe

Seperti halnya bawang putih, jahe juga gampang ditemui. Kandungan zat jahe dapat membunuh bakteri dan meredakan infeksi pada gusi. Mengkonsumsi seduhan jahe hangat akan membantu Anda meredakan nyeri akibat sakit gigi.

Baca Juga 13 Obat Tradisional Alami untuk Mengatasi Sembelit

Untuk Anda yang saat ini mengalami sakit gigi. Selain kesepuluh bahan diatas, sepuluh bahan berikut ini juga patut Anda ketahui dan coba untuk meringankan sakit gigi.

10 Obat Sakit Gigi Sangat Ampuh Lainnya:

11. Buah bayberry dan cuka
12. Air garam dan merica
13. Obat antibiotik
14. Obat analgesik non opioid
15. Obat analgesik opioid
16. Obat kortikosteroid topikal
17. Vicks VapoRub
18. Minum jus wheatgrass
19. Asafoetida
20. Ibuprofen

Demikian dua puluh bahan alami yang dapat anda gunakan sebagai obat sakit gigi sangat ampuh. Selain mengobati sakit pada gigi yang telah berlubang menjaga kesehatan gigi dan gusi juga perlu diperhatikan untuk menghindari sakit gigi dan jangan lupa kunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali guna memastikan kesehatan gigi anda agar tidak terjadi beberapa penyakit.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top