Connect with us
close

Virtual.co.id

3 Cara Membuat Pasta Gigi Alami yang Menyehatkan Gigi

Uncategorized

3 Cara Membuat Pasta Gigi Alami yang Menyehatkan Gigi

Kamu perlu mengetahui cara membuat pasta gigi alami yang ampuh untuk mengatasi permasalahan pada gigi. Jaman dulu, jika ingin menggosok gigi menggunakan bahan-bahan alami sperti, lumpur, garam, arang, rangoli bubuk, bata atau bahan lainnya. Tapi, sekarang ini kita menggunakan pasta gigi yang banyak beredar di pasaran. Berbagai merek pasta gigi beserta keunggulannya mulai bermunculan dan membuat bingung konsumen.

Perlu kamu ketahui pasta gigi konvensional, umumnya mengandung sodium flouride, pewarna sintetis yang berasal dari minyak bumi atau tar batubara dan natrium hidroksida. Selain itu juga terdapat natrium lauril sulfat, titanium dioksida, pemanis buatan dan triclosan. Jika kamu mengetahui efek dari bahan-bahan tersebut, kamu akan berpikir dua kali untuk menyehatkan gigi.

Memang sih, kita tidak menelan bahan-bahan itu karena langsung dikeluarkan setelah selesai menggosok gigi. Namun, mungkin saja bisa mengenai tenggorokan dan menyebabkan beberapa hal jika terjadi terus-menerus. Untuk mencegah beberapa kemungkinan yang memperburuk kesehatan, lebih baik diimbangi dengan menggunakan bahan alami.

Cara membuat pasta gigi alami

Pasta gigi menggunakan Campuran baking soda dan garam
Bahan yang disiapkan

  • 1 sdt baking soda
  • ½ sdt garam laut yang dihaluskan
  • 10-15 tetes minyak essensial peppermint atau bisa ditambahkan dengan minyak favoritmu
  • Beberapa tetes air

Cara membuat pasta gigi alami adalah dengan mencampurkan semua bahan dan aduk hingga rata, berbentuk pasta. Taruhlah pasta tersebut pada sikat gigi dan gosok gigi seperti biasanya.

Baking soda mampu menyehatkan dan memutihkan gigi. Sedangkan garam dapat melawan bakteri atau jamur yang bersarang pada gigi dan mulut. Sedangkan minyak peppermint atau minyak lainnya memberikan sensasi menyejukkan dan manfaat lainnya untuk gigi. Apabila kamu rutin menerapkannya 3 kali dalam seminggu, maka mempunyai gigi sehat bisa kamu dapatkan.

Loading...

Pasta gigi Dengan gliserin
Gliserin banyak digunakan untuk produk pasta gigi untuk menjaga teksturnya. Apabila kamu ingin mempunyai pasta gigi yang berisi gliserin. Cobalah cara membuat pasta gigi dengan bahan-bahan berikut ini:

  • 2 sdt gliserin sayur
  • 4 sdm baking soda
  • ½ sdt guar gum
  • 8 sdm air
  • 5 tetes minyak pepermint atau cengkeng atau minyak essensial lainnya.

Taruh semua bahan ke dalam wadah kecuali minyak essensial ke dalam panci dan masak menggunakan api kecil. Masak sampai mendidih, kurang lebih selama 5 menit hingga menjadi pasta. Setelah itu, dinginkan dan tambahkan minyak essensial. Simpanlah di dalam toples yang bersih dengan suhu kamar. Gunakan seperti biasa saat menggosok gigi.

baca juga :Cara Alami Untuk Memutihkan Gigi yang Berkilau

Pasta gigi dengan minyak kelapa
Kamu bisa mengganti gliserin dengan minyak kelapa. Rasa kelapa dan minyak essensial bisa menutupi rasa dari hidrogen peroksida dan baking soda. Apabila kamu suka rasa manis bisa menambahkan beberapa tetes stevia.
Cara membuat pasta gigi alami dengan minyak kelapa

  • 6 sdt baking soda
  • ¼ sdt hidrogen peroksida
  • 2 sdm minyak kelapa
  • 10 tetes minyak essensial peppermint, cengkeh dan minyak lainnya yang kamu suka.

Masukkan baking soda ke dalam mangkuk, tambahkan semua bahan lainnya dan aduk hingga membentuk pasta. Apabila terasa sangat lembek dan berair, tambahkan baking soda. Kalau terlalu kering, tambahkan minyak kelapa secukupnya. Jika ingin lebih berasa tambahkan minyak essensial rasa yang kamu sukai. Simpanlah ke dalam wadah yang buram untuk melindungi hidrogen peroksida. Gunakan seperti kamu menggosok gigi setiap hari.

Itulah cara membuat pasta gigi alami yang mampu menyehatkan gigi. Bahan-bahan alami memang menjadi solusi tepat untuk mendapatkan manfaat yang kamu inginkan tanpa efek samping berbahaya.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top