Connect with us
close

Virtual.co.id

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Bernapas

Uncategorized

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Bernapas

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika bernapas. Gunakan diafragma agar pernapasan kamu menjadi dalam baik. Bernapas merupakan sebuah fungsi secara otomatis yang membuat kita tetap hidup. Bernapas adalah sistem pertukaran gas antara organisme atau makhluk hidup dengan lingkungannya. Gas yang kita hirup disebut oksigen, sedangkan yang kita keluarkan disebut karbondioksida.

Itulah mengapa jika lingkungan bersih maka bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Apabila lingkungan kita penuh oksigen, tentu akan banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Oksigen ini sangat dibutuhkan oleh semua organ-organ tubuh dalam menjalankan fungsinya. Jadi, jagalah kondisi lingkunganmu agar tetap segar dan penuh oksigen.

Selama ini kita tidak menyadari cara bernapas yang baik. Padahal semua gangguan tubuh bisa diatasi dengan lancarnya peredaran darah dan oksigen. Sehingga, sangat penting untuk mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan saat bernapas. Mulailah mengolah pernapasan dengan baik dan memperhatikan hal-hal berikut ini!

Inilah 5 hal yang harus diperhatikan ketika bernapas

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat bernapas untuk menjaga kesehatan tubuh. Diantaranya sebagai berikut :

Pusatkan perhatian
Pertama-tama kamu harus menyadari bagaimana pernapasanmu saat tertawa, menangis atau berolahraga. Setelah kamu memahami perubahan pernapas ketika melakukan hal tersebut, kamu akan lebih mampu mengolah pernapasan dengan baik. Jika napasmu tidak beraturan saat melakukan tindakan itu, cobalah atur pernapasan.

Jangan biarkan napasmu pendek dan kelihatan tergesa-gesa, jagalah polanya agar lebih beraturan. Mulai sekarang perhatikan caramu bernapas sewaktu tertawa, menangis dan olahraga.

Loading...

Melalui hidung
Bernapas yang benar adalah melalui hidung. Karena Tuhan menciptakan hidung memang untuk mengambil dan membuang napas, sehingga sudah dilengkapi dengan segala perlengkapan untuk bernapas. Hidung akan bekerja menyaring udara yang bisa saja mengandung bakteri, virus, dan lainnya sebelum masuk ke tubuh.

Apabila kamu bernapas melalui mulut, tentu virus dan bakteri dapat dengan mudahnya masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Jadi, kalau kamu tidak sedang dalam terapi atau sebagainya, bernapaslah dengan hidung.

Gunakan diafragma
Pernapasan diafragma akan menjaga napas kamu menjadi dalam dan beraturan. Pernapasan diafragma termasuk beberapa hal yang harus diperhatikan ketika bernapas. Hal ini karena saat kita menggunakan diafragma, tekanan pada dada dan perut menjadi berkurang. Kedaan itu akan mengurangi keinerja jantung supaya tidak bekerja terlalu keras.

Latihlah pernapasan menggunakan diafragma agar jantung sehat dan paru-paru juga sehat. Apabila kedua organ tersebut sehat, aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh berjalan lancar dan organ-organ lain pun ikut sehat.

baca juga : Kenali Beberapa Penyebab Nafas Pendek

Bernapas dengan irama
Cara bernapas yang baik adalah dengan ambil napas dengan hirupan yang panjang tahan 3-5 detik baru buang napas. Ulangi langkah ini beberapa kali dalam sehari jangan terputus. Ini cara menjaga kesehatan yang ringan dan mudah dilakukan.

Olah napas setiap hari
Selain melakukan olahraga, kamu juga sangat perlu mengolah napas. Lakukan pernapasan seperti cara di atas selama 10-20 menit setiap hari atau dibagi dalam setiap jam. Walau nampaknya sepele, tapi cara bernapas yang baik mampu memberikan dampak yang besar bagimu. Yakni mengubah kondisi jiwa atau mental pada dirimu. Kamu tidak akan mudah stres atau depresi dalam menghadapi berbagai masalah dalam hidup.

Demikianlah cara bernapasa yang baik dan 5 hal yang harus kamu perhatikan ketika bernapas. Semoga, langkah pernapasan ini bermanfaat bagimu dan orang sekitar.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top