Connect with us
close

Virtual.co.id

5 Kebiasaanmu Ini Dapat Merusak Ginjalmu Lebih Cepat

Uncategorized

5 Kebiasaanmu Ini Dapat Merusak Ginjalmu Lebih Cepat

Tanpa disadari kita melakukan kebiasaan yang merusak ginjal. Tak hanya itu, kita juga menganggap hal itu wajar karena aktivitas yang dijalani setiap hari. Padahal ginjal adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh yang bertanggungjawab pada beberapa proses dalam tubuh. fungsi ginjal diantaranya adalah detoksifikasi darah, menyaring kelebihan air dan mengeluarkan racun melalui urin.

Tak hanya itu, organ ginjal juga bertanggu jawab dalam mengatur kadar kalsium dan fosfat. Ada fungsi lain ginjal yang tak kalah pentingnya yakni mensekresi hormon penting di tubuh yang nantinya bertanggung jawab  mengontrol tekanan darah dan memproduksi sel darah merah. Ginjal mempunyai peran penting untuk mengedarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

Supaya kesehatannya tetap optimal untuk beraktivitas, kamu harus mempunyai sepasang ginjal yang kuat dan sehat tentunya. Sebab, kalau fungsi ginjal terganggu bisa mengakibatkan kerusakan ginjal serta menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Yang bisa kamu lakukan dalam hal ini adalah dengan menghindari makanan yang merusak ginjal.

Gejala yang paling umum dan sering menunjukkan adanya kerusakan ginjal antara lain, perubahan jumlah dan warna urin. Selain itu, juga enemia, pusing, kedinginan, sulit bernapas, kelelahan, gata-gatal di kulit, bau mulut dan merasakan nyeri atau sakit secara tiba-tiba. Nah, untuk menghindari kesrusakan ginjalmu sebaiknya kurangi atau hilangkan kebiasaan ini!

Inilah kebiasaan yang merusak ginjal

Kurang mengkonsumsi air
Apabila tubuh tidak mendapatkan cukup air, maka menyebabkan ginjal menjadi rusak. Karena ginjal sangat membutuhkan air untuk menjalankan fungsinya. Dengan kurang minum air terutama air putih, berarti kamu sendiri yang merusak ginjalmu. Nah, jika tubuh tidak mempunyai cukup air, membuat darahmu lebih terkonsentrasi dan peredaran darah ke ginjal pun berkurang. Tentu mempengaruhi kinerjanya dalam membuang racun dari tubuh.

Loading...

Jika racun tidak dibuang, akhirnya menimbulkan penumpukan racun dalam tubuhmu. National Kidney Foundation menyebutkan bahwa kamu harus minum minimal 10-12 gelas air setiap hari bagi orang dewasa sehat. Jumlah air ini sudah cukup untuk mendukung kinerja atau fungsi organ vital dalam tubuhmu.

Terlalu banyak minum kopi
Kebiasaan yang merusak ginjal selanjutnya adalah terlalu banyak minum kopi. Kafein yang ada pada kopi mampu merusak ginjal apabila dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, dapat emmbuat tubuh memiliki tekanan darah tinggi sehingga ginjal bekerja lebih berat dari normalnya. Hal ini dapat menimbulkan beberapa akibat yang serius dalam jangka panjang.

Namun, tidak berarti kamu tidak boleh meminumnya sama sekali. Dosis minum kopi sebaiknya 1-2 cangkir kopi atau 3 cangkir teh setiap hari.

Konsumsi garam yang berlebihan
Garam termasuk salah satu bahan yang dapat merusak ginjal yang signifikan. Karena garam mengandung natrium apabila dikonsumsi dengan jumlah tinggi. Natrium ini membuat organ ginjal bekerja lebih keras mengurangi kelebihan garam. Akibatnya, lama-kelaman fungsi ginjal menurun dan terjadi retensi air dalam tubuh.

Disamping itu, kondisi tersebut bisa menimbulkan hipertensi dan semakin memperburuk kesehatan ginjalmu. Asupan garam seharusnya tidak boleh melebihi dari 5 gram setiap hari. Apabila melebihi takaran, dapat mengakibatkan ketegangan dan masalah kesehatan lainnya.

Kebanyakan minum alkohol
Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan mampu meningkatkan resiko terjadinya gagal ginjal. Tidak hanya itu, alkohol bisa menyebabkan dehidrasi yang akhirnya mempengaruhi kinerja normal ginjal.

Kurang tidur
Tidur yang kurang mempunyai dampak buruk bagi kesehatan. Selain memperburuk kesehatan ginjal, tapi juga semua organ tubuh. Kita dianjurkan untuk tidur selama 6-8 jam setiap malam. Kalau kurang dari itu bisa menghalangi jaringan organ beregenerasi.

Sekarang kamu sudah tahukan kebiasaan yang bisa merusak ginjal. Jadi, mulailah untuk mengubah kebiasaan buruk itu dan jalankan pola hidup sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top