Connect with us
close

Virtual.co.id

5 Tips Aman Keluarkan Kotoran Pada Telingamu

Uncategorized

5 Tips Aman Keluarkan Kotoran Pada Telingamu

Telinga merupakan salah satu organ tubuh yang paling sensitif, khususnya telinga bagian dalam. Sebab, bagian yang paling lembut dari saluran telinga yang harus dilindungi darin infeksi bakteru atau mikroorganisme. Karena hal itu akan berpengaruh pada kemampuan pendengaran kita, gerakan dan keseimbangan tubuh. Sehingga kita harus selalu menjaga kebersihan telinga dengan cara mengeluarkan kotoran telinga.

Membersihkan kotoran telinga adalah langkah yang penting untuk pencegahan dan perlindungan dari berbagai infeksi. Terdapat beberapa bentuk kotoran di telinga, mulai dari kotoran telinga kuning dan basah. Juga kotoran telinga mengeras, itu yang patut kamu waspadai. Jika kotoran ini mengeras maka, akan sulit dikeluarkan dan butuh penanganan medis.

Sebenarnya kotoran telinga itu mempunyai manfaat penting bagi telinga yakni sebagai pelumas alami benteng liang telinga. Namun, jika jumlahnya berlebihan tentu bisa mengganggu dan harus dikeluarkan. Oleh karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara mengeluarkan kotoran telinga yang efektif dan baik untuk telinga. Yuk, simak ulasannya!

Beberapa perilaku yang membuat kotoran pada telinga berlebih

Sebelum ke cara membersihkan kotoran telinga lebih baik, kamu ketahui dulu tindakan yang bisa mengumpulkan kotoran. Penggunaan cutten bud yang salah dalam membersihkan telinga. Apabila kamu membersihkan hanya ke bagian luar telinga tanpa ke bagian dalamnya, bisa mengumpulkan kotoran telinga di bagian dalam.Selain itu, sering menggunakan earphone atau handphone  mampu membuat telingamu kotor.Tanda atau gejala yang ditunjukkan oleh telinga jika terdapat penumpukan kotoran berlebih diantaranya, sakit telinga, pendengaran berkurang, pusing dan telinga terasa penuh.

Penggunaan cutton bud, kapas atau alat pembersih telinga dirasa kurang efektif. Apalagi jika kamu tidak hati-hati dalam menggunakannya, bisa-bisa menyentuh area sensitif pada telinga dan mengakibatkan rasa sakit. Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan sumbatan kotoran telinga.

Cara alami hilangkan kotoran telinga

Larutan garam
Untuk membersihkan kotoran telinga kering dapat kamu lakukan menggunakan garam. Caranya, siapkan 1 sdt garam, kapas dan ½ cangkir air. Lalu campurkan keduanya dan larutkan. Kemudian rendam bola kapas ke dalam larutan itu dan teteskan ke saluran telingamu, lakukan secara bergantian dari telinga kiri ke kanan atau sebaliknya.

Loading...

Minyak parafin atau minyak tanah atau minyak pembuat lilin
Caranya, panaskan 2 hingga 3 sdm minyak parafin sampai mendidih menggunakan lilin menyala. Kemudian, hangatkan dan ambil 5 tetes lalu terapkan ke telingamu secara bergantian. Biarkan selama beberapa menit, setelahnya bilal telinga dengan air bersih. Minyak ini merupakan solusi efektif mengeluarkan kotoran telinga secara menyeluruh dan telah digunakan dalam industri farmasi.

baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Varises

Hidrogen peroksida
Kamu bisa memperoleh hidrogen peroksida di apotek-apotek, karena cairan ini memang sering digunakan untuk perawatan medis, seperti membersihkan gigi. Cara memanfaatkannya, ambila hidorgen peroksida dan air dalam jumlah yang sama, misalnya 5:5. Aduk hingga tercampur, lalu terapkan beberapa tetes pada saluran telingamu. Kemudian gelengkan kepala yang memungkinkan larutan ini masuk ke dalam saluran telingamu. Tetap berada di posisi tersebut selama 3-4 menit. Ulangi langkah itu ke telinga yang lainnya.

Gliserin
Gliserin bisa kamu beli dari toko obat atau apotek. Caranya, terapkan 4-5 tetes di setiap telingamu. Tempatkan posisi kepalam secara horozontal agar gliserin masuk ke dalam telinga. Lakukan langkah ini 3 kali sehari.

Minyak zaitun
Sebelum tidur, teteskan dua kali minyak zaitun ke telingamu. Pastikan telinga yang kamu tetesi berada di atas ketika tidur. Ulangi cara tersebut ke telinga yang satunya di malam berikutnya sampai 4-6 kali.

Itulah solusi alami untuk membersihkan kotoran telinga kering atau keras. Bila perlu konsultasikan ke dokter untuk mengecek kondisi telingamu.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top