Connect with us
close

Virtual.co.id

6 Cara Menghitamkan Rambut Secara Permanen Dengan Bahan Alami

Uncategorized

6 Cara Menghitamkan Rambut Secara Permanen Dengan Bahan Alami

Cara menghitamkan rambut secara permanen sering dicari baik para wanita maupun pria. Mempunyai rambut hitam berkilau dapat memancarkan keindahan dan kecantikan alami dari diri seseorang. Membuat rambut hitam natural yakni harus menggunakan bahan-bahan alami, tidak produk perawatan yang mengandung bahan kimia. Namun, perawatan rambut secara alami membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasilnya.

Tak sedikit wanita atau pria yang ingin mempunyai rambut hitam dengan mengeluarkan banyak uang untuk perawatan di salon. Mungkin sebagian orang cocok dengan perawatan itu, tapi bagi yang tidak cocok jutru memperburuk kondisi kesehatan rambut.  Berbagai masalah bisa muncul seperti, rambut rontok, bercabang, kering kusam dan lainnya. Sehingga, lebih aman menggunakan bahan alami yang sangat minim efek samping.

Penyebab rambut berwarna merah tidak sehat

Sebelum membahas tentang cara membuat rambut hitam alami, ketahui juga
penyebab rambut berawarna merah atau coklat. Dengan begitu, kamu bisa
mengambil tindakan untuk menghindari penyebabnya itu.

  • Faktor genetik, jika orang tua atau keluargamu ada yang mempunyai rambut merah atau cenderung coklat, bisa saja diturunkan ke anak cucunya.
  • Paparan sinar matahari, sering terkena sinar matahari secara langsung bisa merusak dan mengeringkan rambut. Warna rambut berubah menjadi merah atau coklat serta bercabang. Kondisi ini membuat rambut tak lagi indah.
  • Shampo yang tidak tepat dengan jenis rambut, sebagian orang mempunyai rambut merah karena salah dalam memilih shampo untuk rambut mereka. Sebaiknya, kamu harus berhati-hati dalam memilih produk perawatan rambut, perhatikan jenis dan struktur rambutmu.
  • Rebonding, tak sedikit pula seseorang mempunyai rambut tidak berwarna hitam adalah karena rebonding. Proses meluruskan rambut ini dapat membuat rambut sangat kering jika tidak diimbangi dengan asupan nutrisi rambut yang tepat.
  • Mengecat rambut, jika ingin mempunyai rambut berwarna seseorang rela mengecat rambut. Sebab, hasilnya begitu cepat dilihat beberapa waktu setelah proses pengecatan selesai. Namun, cara ini merusak kesehatan rambut.

Cara menghitamkan rambut dengan permanen

Sekarang, kamu sudah mengetahui penyebab rambut tidak hitam maka, hindarilah. Setelah kamu mengerti tentang itu, segera atasi dengan cara menghitamkan rambut dengan permanen.

Minyak kemiri
Kemiri merupakan bumbu dapur yang menyedapkan masakan. Selain itu, kemiri dijadikan minyak untuk menyehatkan rambut termasuk untuk menghitamkan rambut secara alami. Kamu bisa mendapatkan minyak kemiri dengan membelinya di toko terdekat rumahmu atau membuatnya sendiri.

Cara membuat minyak kemiri, ambil beberapa biji kemiri sesuai dengan kebutuhanmu. Lalu bakarlah hingga gosong, lalu masukkan ke blender dan haluskan hingga keluar minyaknya. Saring minyak tersebut ke dalam wadah yang kamu siapkan. Setelah kamu memperoleh minyak kemiri, gunakanlah sebagai cara menghitamkan rambut secara permanen.

Loading...

Minyak cem-ceman
Namanya yang lucu, pasti membuat kamu penasaran sebenarnya apa sih minyak cem-ceman itu. Minyak cem-ceman merupakan minyak kelapa sawit yang dicampur dengan beberapa bahan alami lainnya. Minyak ini bermanfaat untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut.

Cara membuat minyak cem-ceman, siapkan 2 helai daun pandan, 4 helai daun mangkokan, 4 kuntum bunga kenanga, 6 kuntum bunga melati. Atau menggantinya dengan bunga-bunga lain yang kamu sukai. Jangan lupa juga siapkan minyak kelapa yang bisa kamu beli atau buat sendiri. Untuk membuatnya, siapkan kelapa secukupnya lalu haluskan dan goreng hingga keluar minyaknya. Saring minyak tersebut masukkan ke dalam botol atau gelas.

Iris kecil-kecil daun atau bunga tersebut dan campur semuanya lalu, jemur sampai benar-benar kering. Kemudian, masukkan semua bunga ke wadah dan campurkan dengan minyak kelapa, lalu peras dan saring minyaknya. Langsung terapkan ke seluruh rambut mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut secara merata. Diamkan selama 1-2 jam, setelah itu bersihkan rambutmu dengen keramas. Dengan rutin melakukan cara menghitamkan rambut dengan minyak ini kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Biji pepaya
Biasanya kamu menggunakan pepaya untuk kesehatan wajahmu, tapi kali ini ambil bijinya dan kumpulkan. Karena biji pepaya dapat membuat rambut hitam berkilau. Cara menghitamkan rambut dengan biji pepaya adalah dengan menghaluskan biji pepaya dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Setelah berbaur, oleskan ke seluruh kulit kepala dan rambut sembari dipijat lembut. Diamkan sampai 3 jam, lalu bisa sampai bersih. Rutin melakukannya dapat mengubah rambut merahmu menjadi hitam berkilau.

baca juga :Perawatan Rambut Rontok Tanpa Perlu ke Salon

Teh hitam
Cara menghitamkan rambut secara permanen berikutnya menggunakan teh hitam. Teh ini bisa meluturkan warna merah kecoklatan pada rambutmu. Caranya, seduh teh hitam hangat cukup untuk rambutmu. Lalu oleskan ke seluruh kulit kepala dan rambut secara rata atau bisa dengan merendam rambutmu selama beberapa menit. Setelah selesai bilas menggunakan air bersih.

Kopi hitam
Sama seperti teh hitam, kopi hitam juga sering digunakan sebagai cara menghitamkan rambut dengan permaen. Kopi ini akan membatumu untuk mendapatkan rambut hitam berkilau, sehat dan indah. Tapi, jangan pakai kopi hitam yang sudah tercampur dengan gula. Caranya, sama dengan menggunakan teh hitam.

Mangga
Tak hanya manis rasanya, buah mangga bisa membuat rambut kusam menjadi hitam berkilau. Cara menghitamkan rambut dengan mangga adalah ambil buah mangga yang masih mentah dan iris dagingnya. Siapkan juga daun mangga secukupnya. Tumbuk daging buah dan daunnya, lalu campurkan menjadi satu.

Setelah berbaur rata tambahkan sdikit minyak kelapa. Lalu oleskan ke ramuan itu ke kulit kepala dan seluruh rambut. Biarkan selama beberapa jam dan bilas sampai bersih.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top