Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Akibat Berbahaya Minum Air Dingin Bagi Kesehatan Tubuh

Uncategorized

7 Akibat Berbahaya Minum Air Dingin Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya minum air es setiap hari setelah makan dapat memberikan efek buruk bagi tubuh yang perlu kamu waspadai. Ketika minum air dingin, tenggorokan terasa segar, terlebih lagi jika cuaca sedang panas. Suhu yang panas membuat kita tidak tahan untuk menenggak segelas air yang menyejukkan tubuh.

Walau kamu mendapatkan manfaat minum air es, tapi dibalik itu terdapat akibat sering minum air dingin dari kulkas. Yang paling umum, efek minum air dingin membuat gemuk, bahkan bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Lantas apa saja bahaya yang bisa terjadi apabila minum air es setiap hari? simak yuk ulasannya!

Inilah 7 bahaya minum air es setiap hari

Berikut beberapa akibat yang ditimbulkan jika seseorang rutin mengkonsumsi minuman dingin di malam hari, siang ataupun pagi!

Gangguan pencernaan
Manfaat minum air es atau air dingin di malam hari bisa menjaga tubuh agar terhidrasi selama tidur. Tapi, kalau jumlahnya berlebihan akibat minum air es yang bisa terjadi yaitu membuat pembuluh darah menyusut. Maka, peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh terganggu. Selain itu, proses pencernaan makanan dan nutrisi juga tidak bisa dilakukan dengan maksimal.

Mengurangi nutrisi dalam tubuh
Pada manusia sehat, suhu tubuhnya mencapai 37⁰ celcius. Saat minum air dingin, tubuh memelurkan lebih banyak energi untuk mengatur suhu tubuh agar tetap stabil. Jika demikian, energi tubuh menjadi habis untuk menyesuaikan suhu. Padahal energi dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi. Bahaya minum air es yang bisa muncul diantaranya mampu membuat tubuh kekurangan gizi.

Menyebabkan sakit tenggorokan
Akibat sering minum air dingin dari kulkas selanjtnya, dapat menyakiti tenggorokan dan saluran pernapasan. Konsumsi air es mengakibatkan adanya penumpukan mukosa pernapasan yang merupakan lapisan pelindung di saluran pernapasan. Apabila lapisan tersebut padat, membuat saluran pernapasan rentan terhadap infeksi virus atau bakteri dan penyakit.

Loading...

Melemahkan detang jantung
Ada penelitian yang menyatakan bahwa minum air es mampu merangsang saraf vagus. Saraf vagus adalah saraf kranial ke 10 dan termasuk bagian terpenting dari sistem saraf otonom tubuh. Fungsinya untuk mengendalikan aktivitas tak sadar tubuh salah satunya detak jantung.

Bahaya minum air dingin setiap hari aadalah bisa menjadikan saraf jantung melemah. Akibatnya, darah tidak terpompa dengan baik dan memungkinkan terjadinya berbagai gangguan tubuh lainnya.

Mengalami pusing
Ketika metabolisme tubuh mengalami gangguan, maka tubuh tidak dapat langsung beradaptasi dengan perubahan suhu karena minum air es. Dampak negatif air es yang ditimbulkan yakni suplai oksigen dan nutrisi ke semua organ tubuh berkurang, termasuk otak. Akhirnya kepala menjadi pusing.

baca juga : 4 Cara Unik Untuk Meningkatkan Asupan Air Putih Sehari-Hari

Perut membuncit
Perut buncit merupakan akibat sering minum air dingin. Sebab, di dalam perut ada bantalan lemak yang berguna untuk menghangatkan tubuh. Apabila kita mengkonsumsi banyak air es membuat bantalan lemak tersebut bertambah dan membentuk perut yang besar dan buncit. Apalagi jika kamu malas berolahraga, tentu perut semakin tambah gendut.

Mengakibatkan pembekuan pada otak
Pembekuan otak juga termasuk bahaya minum air es setiap hari. Air es dapat meningkatkan peredaran darah ke otak, sehingga menyebabkan pusing secara mendadak yang perlahan akan hilang atau pembekuan otak. Seseorang yang mempunyai riwayat migrain beresiko tinggi mengalami pembekuan otak.

Karena organ otak sangat sensitif pada suhu, jadi harus dijaga kehangatannya. Setelah kamu makan, sebaiknya minum air putih biasa saja. Jangan memperberat kerja organ-organ tubuh dengan konsumsi air es.

Banyak juga ya akibat sering minum air dingin? Kurangi konsumsi air es dan sayangi tubuhmu. Jangan ragu bagikan ulasan ini keteman-temanmu ya!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top