Advertisements
Connect with us

Virtual.co.id

10 Obat Hipertiroid yang Paling Ampuh untuk Tubuh

Uncategorized

10 Obat Hipertiroid yang Paling Ampuh untuk Tubuh

Hipertiroid merupakan salah satu penyakit yang menyerang kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid sendiri merupakan kelenjar yang menghasilkan hormon tiroid yang berguna dalam berbagai proses kimiawi di dalam tubuh manusia. Hipertiroid atau yang sering disebut kelenjar tiroid overaktif merupakan suatu kondisi ketika hormon tiroksin yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid terlalu berlebih. Kondisi semacam ini akan menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme di dalam tubuh.

Pengobatan penderita hipertiroid biasanya dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek, seperti usia, gejala yang dialami, serta kadar hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Adapun beberapa obat hipertiroid yang dapat Anda sesuaikan dengan kondisi Anda berikut ini:

10 Obat Hipertiroid yang Paling Ampuh untuk Tubuh

Obat Hipertiroid yang Paling Ampuh

1. Thionamide

Obat hipertiroid pertama adalah Thionamide, merupakan jenis obat-obatan yang berguna untuk menekan produksi hormon tiroksin dan triiodotironin. Adapun beberapa jenis obat thionamide di antaranya carbimazole dan propylthiouracil. Untuk mengetahui perrubahan yang dialami oleh penderita hipertiroid maka penderitanya harus mengkonsumsi obat ini selama 1 sampai 2 bulan.

2. Radioterapi

Prosedur radioterapi yang sering dilakukan untuk mengobati hipertiroid ialah radioiodine. Pengobatan ini akan menurunkan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Pengobatan radioiodin ini dilakukan dengan mengkonsumsi obat berbentuk cair atau kapsul.

3. Penghambat Beta

Penghambat beta atau beta blocker merupakan metode pengobatan yang dilakukan dengan mengkonsumsi obat yang berguna untuk mengatasi gejala yang muncul akibat hipertiroid seperti hiperaktif, detak jantung tidak teratur, dan juga tremor. Metode pengobatan ini akan dilakukan setelah dilakukan pengobatan menggunakan thionamide.

4. Operasi Tiroid

Metode pengobatan yang menjadi pilihan terakhir untuk mengatasi masalah hipertiroid adalah operasi tiroid.  Untuk benar-benar menghilangkan resiko hipertiroid kambuh bisa jadi penderita harus menjalani pengangkatan kelenjar tiroid secara total. Akibatnya penderita harus mengkonsumsi obat seumur hidupnya yang berguna untuk menggantikan hilangnya fungsi kelenjar tiroid yang telah diangkat.

5. Ciplukan

Untuk mengobati hipertiroid Anda bisa memanfaatkan seluruh bagian dari tanaman ciplukan tersebut, baik akar, batang, daun, maupun buahnya. Metode pengobatan hipertiroid menggunakan tanaman ciplukan hanya perlu Anda lakukan dengan cara mengeringkan tanaman ini kemudian direbus menggunakan 3 gelas air hingga air yang tersisa hanya separuhnya.

6. Kulit Manggis

Adapun antioksidan di dalam kulit manggis tersebut ialah senyawa zat xanthone berkhasiat untuk mencegah terjadinya pembengkakan kelenjar tiroid dan juga menekan perkembangan sel kanker yang bisa muncul pada pembengkakan kelenjar tiroid. Untuk mengobati hipertiroid Anda hanya perlu mengeringkan kulit manggis kemudian merebusnya dengan beberapa gelas air. Minum ekstrak rebusan kulit manggis tersebut secara rutin 2 kali sehari.

7. Daun Sirsak

Daun sirsak kaya akan kandungan senyawa acetogenin yang memiliki daya kerja 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi. Keefektifan daun sirsak itulah yang berguna untuk mencegah pembengkakan kelenjar tiroid dan juga menormalkan produksi hormon tiroksin di dalam tubuh sehingga proses metabolisme juga kembali normal. Untuk mengobati hipertiroid Anda hanya perlu merebus 5 lembar daun sirsak dengan 2 gelas air hingga air yang tersisa hanya 1 gelas saja.

8. Buah Mengkudu

Adapun kandungan senyawa di dalam buah mengkudu yang berkhasiat sebagai obat hipertiroid adalah xeronine, alizarin, lycine, arginine, prexorinine, dan juga scolopetin. Buah mengkudu memiliki sifat anti alergi dan anti radang sehingga efektif untuk mengatasi gejala hipertiroid seperti nyeri akibat pembengkakan kelenjar tiroid maupun gejala ruam pada kulit. Selain itu, kemungkinan berkembangnya sel kanker pada kelenjar tiroid juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah mengkudu.

9. Bekatul

Bekatul mengandung nutrisi bernama vitamin B5. Adapun manfaat vitamin B5 tersebut ialah untuk menormalkan proses metabolisme di dalam tubuh kita. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, akibat gangguan kelenjar tiroid maka sistem metabolisme di dalam tubuh juga akan terganggu. Dengan mengkonsumsi bekatul, gejala sistem metabolisme yang terganggu bisa segera diatasi.

10. Kedelai

Makanan berbasis protein yang baik bagi mereka yang menderita hipertiroid. Protein mengangkut hormon tiroid ke jaringan tubuh yang berbeda.Penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi moderat sterol kedelai dapat membantu menyembuhkan hipertiroid. Oleh karena itu, makan lebih banyak produk kedelai dapat membantu mengatasi kondisi tersebut. Jika kamu tidak suka produk kedelai, cobalah untuk menyertakan kacang-kacangan, quinoa (padi-padian dari Amerika Selatan), telur, ikan air tawar dan kacang polong dalam dietmu.

Baca Juga: 7 Cara Menyembuhkan Mata Juling yang Bisa Dilakukan

Untuk mengurangi efek samping pengobatan anda bisa memilih metode pengobatan secara non medis (tradisional). Namun jika gejala yang Anda alami justru tidak membaik atau justru semakin parah maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi secara medis untuk mengatasi penyakit ini.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: