Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Cara Menyembuhkan Mata Juling yang Bisa Dilakukan

Uncategorized

7 Cara Menyembuhkan Mata Juling yang Bisa Dilakukan

Mata juling atau strabismus merupakan penyakit yang terjadi ketika kedua mata tidak dapat fokus pada benda yang sama secara bersamaan. Mata juling tidak hanya memengaruhi penglihatan. Sebagian besar penderita juga mengalami efek psikologis karena penderita akan terus menerus mencemaskan penampilannya. Oleh karena itu, sebaiknya penyakit ini disembuhkan secepat mungkin.

Cara menyembuhkan mata juling bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara.
Sebagian orang yang menderita mata juling menyembuhkan dengan menggunakan cara terapi pengelihatan yang berfokus pada saraf dari mata juling. Cara ini berguna untuk mengubah seluruh sistem saraf dan gerakan refleks agar penyembuhan bisa tahan lama. Selain itu penderita mata juling juga bisa melakukan cara dengan operasi otot mata. Untuk informasi lebih lengkap, berikut inilah cara menyembuhkan mata juling yang penting anda ketahui.

Cara Menyembuhkan Mata Juling

1. Operasi otot mata

Cara pertama menyembuhkan mata juling dengan operasi otot mata. Dengan langkah operasi, otot pada mata bisa diubah panjang maupun posisinya supaya ketidaksejajaran yang terjadi dapat diminimalisir. Untuk itu, cara ini akan sangat membantu anda agar pengelihatan anda jauh lebih baik. Cara ini dilakukan agar pasien dapat memiliki mata yang lebih normal dalam segi bentuk, ukuran, dan daya ketajaman yang lebih baik ketika melihat.

2. Terapi visi

Cara selanjutnya menyembuhkan mata juling dengan terapi visi. Cara ini cukup berperan besar dalam membuat tingkat koordinasi mata dan fokusnya menjadi meningkat. Terapi visi dilakukan dengan melatih mata bergerak bersama dengan otak agar dapat bekerja sama sehingga pengelihatan bisa kembali seperti sebelumya. Untuk menghambat maupun mencegah perkembangan penyakit memang sangat baik menggunakan cara ini.

3. Lensa kontak atau kacamata khusus

Lensa kontak atau kacamata khusus bisa anda gunakan untuk menyembuhkan mata juling. Kacamata atau lensa kontak ini justru paling kerap dianggap sebagai satu-satunya pengobatan yang lebih sederhana dan paling dibutuhkan oleh kebanyakan pasien mata juling. Layaknya mata minus, plus maupun silinder, strabismus pun juga membutuhkan kacamata khusus.

4. Lensa prisma

Lensa prisma merupakan lensa yang memiliki kekuatan prisma. Lensa ini berguna untuk mengubah cahaya yang masuk ke mata dan mengurangi jumlah putaran mata untuk melihat obyek tertentu. Bagi yang tampak masih asing dengan lensa prima, ini sebenarnya adalah lensa dengan bentuk apex atau bagian puncaknya yang tipis. Nilai 1 prisma diketahui memiliki arti pemindahan bayangan dengan 1 cm jauhnya dari obyek yang 1 meter jaraknya.

Loading...

5. Dengan cara tradisional

Menyembuhkan mata juling juga bisa dilakukan dengan cara tradisional. Cara tradisional yang dimaksud adalah dengan menggunakan bahan-bahan herbal dengan bahan dasar tanaman dan buah yang diracik menjadi semacam jamu-jamuan atau sejenis ramuan. Pengobatan mata juling dengan cara herbal dinilai sebagai cara yang paling aman karena tidak menggunakan campuran bahan kimia

6. Olahraga mata dan penggunaan obat tetes mata

Selain dengan cara tradisional, menyembuhkan mata juling juga bisa anda lakukan dengan olahraga dan menggunakan obat tetes mata. Olahraga khusus untuk saraf dan otot mata yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot mata dan ketajaman mata semakin bertambah. Pengobatan mata juling dengan menggunakan cara olahraga biasanya hampir sama dengan terapi, hanya saja dilengkapi dengan penggunaan obat mata khusus.

7. Penutup mata khusus

Jika anda mengalami mata juling maka anda bisa menyembuhkannya dengan penutup mata khusus. Menggunakan penutup mata khusus akan sangat berguna agar mata juling yang sebelah dapat terangsang untuk aktif bergerak spontan dan mampu menangkap cahaya dengan baik. Pengobatan mata juling dengan cara ini biasanya dilakukan pada orang dewasa atau setidaknya telah menginjak usia 18 tahun.

Baca Juga: 12 Penyebab dan Pencegahan Sakit Kepala yang Dapat Diidentifikasi 


Jika anda bermasalah dengan kondisi mata yang juling maka anda bisa menyembuhkannya dengan melakukan salah satu cara seperti yang sudah disebutkan diatas. Namun, jika cara tersebut tidak memberikan perkembangan untuk proses penyembuhan penyakit mata juling anda maka segera lakukan pemerikasaan ke dokter spesialis mata untuk mendapat penanganan lebih lanjut.  

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top