Advertisements
Connect with us

Virtual.co.id

15 Tanda-Tanda Kurang Darah Pada Anak dan Orang Dewasa

Uncategorized

15 Tanda-Tanda Kurang Darah Pada Anak dan Orang Dewasa

Tanda-Tanda Kurang Darah – Tanda-tanda kurang darah dapat di alami oleh siapa saja terutama bagi orang yang gear sekali mengonsumsi makanan yang dapat menyebabakan tekanan darah menjadi berkurang. Orang yang mengalami anemia atau kurang darah sering di kaitkan dengan bebrapa penyakit serius seperti kuningan, HIV/Aids dan juga kanker. Bagi orang yang mengalami anemia biasanya mengalami tanda-tanda kurang darah.

Selain di picu oleh makanan, kurang darah juga dapat di sebabkan oleh menstruasi (pada wanita), kanker, gaga; ginjal, gangguan fungsi hati, autoimun, alcohol, kurang tidur dll. Orang yang mengalami hendaknya juga sudah mengurangi untuk meokok, minum-minuman mengandung alkohol. Kenalai beberapa tanda-tanda kurang yang dapat membahayakan kesehatan anda.

Kurang Darah

1. Mudah Lelah

Sering kali orang-orang melakukan begadang banyak alasan yang dapat membuat begadang dapat menarik seseorang. Orang yang biasa melakukan begadang atu tidur larut malam dapat menghalangi asupan oksigen yang masuk dalam tubuh dengan jumlah melimpah. Kurangnya oksigen ini dapat mempengaruhi sel-sel darah merah maupun putih berkurang dalam tubuh sehingga darah di bawah normal/kurang darah. Sehingga pada umumnya orang yang sering begadang/tidur lart malam akan merasa cepat lelah, rentan terkena flu dll.

2. Pusing

Akibat kurannya istirahat terutama pada malam hari dengan hembusan angin malam yang tidak sehat bagi tubuh dapat mengakibatkan sebagian orang mengalami rasa pusing. Hal ini karena saat seseorang menagalami anemia, otak mengalami kekurangan oksigen sehingga dapat menjadikan kepala pusing.

3. Mual

Mual bukan hanya merupakan tanda-tanda wanita hamil, tetapi orang yang mengalami anemia juga akan mengalami mual. Mual atau morning sickness yang menyerang orang kurang darah biasanya terjadi saat pagi hari setelah bangun tidur. Jika hal ini terjadi pada wanita yang telah melakuakn hubungan suami istri sebaiknya periksakan ke dokter untuk di diagnose hamil atau kurang darah.

4. Sesak Nafas

Biasanya terlalu sering begadang / tidur larut malam, jumlah sel darah merah yang rendah dapat menurunkan kadar oksigen dalam tubuh. Hal ini yang menyebabkan oang yang menderita anemia sulit untuk bernafas. Pada kasus tertentu seseorang yang menderita akan mengalami angina atau nyeri pada dada.

5. Kekebalan Tubuh Menurun

Orang yang seringnya begadang dengan orang yang tidak melakukan begadang kekebalan tubuhnya akan berbeda, orang yang sering melakukan begadang memilki kekebalan tubuh lebih lemah ketimbang orang biasanya sehingga akan mengalami kekuranag energy. Ketika energy menurun pastinya kemampuan tubuh untuk melawan penyakit juga lemah. Sehingga orang yang kekuranagn darah akan rentan terkena sakit dari pada sehat.

6. Ujung Jari Pucat

Semua orang pastinya telah mengetahui cara mendeteksi anemia dari ujung jari-jari penderita. Orang yang mengalami kurang darah biasanya jika ujung jari tepatnya pada kuku ketika di pencet tidak segera kembali normal atau berwarna merah kembali. Jadi bagi anda yang merasa kurang darah coba anda cek ujung jari tepatnya pada kuku, jika di tekan dapat dengan cepat berubah merah berarti anda sekarang telah sehat kembali.

7. Rambut Rontok

Orang yang menderita anemia biasanya rambut akan menipis. Hal ini di sebabkan karena kulit kepala kurang mendapat makanan dari tubuh sehingga rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Bagia anda yang sekarang mengalami kerontokan rambut berlebihan sebaiknya segera periksa tekanan darah anda, jika anda mengalami rambut rontok cobalah periksakan sebelum terlalu parah dan dapat menjadikan ke botakan.

8. Telapak Tangan Pucat

Bukan hanya ujung jari yang ucat akibat kekurangan darah, tetpi telapak tagan juga pucat. Untuk mencek telapak tangan normal atau tidak caranya hampir sama dengan mencek ujung jari/kuku. Jika anda rasa anda mengami tanda-tanda seperti ini alangkah baiknya bagi anda untuk segera mengobati anemia sebelum mebawa dampak negatif yang tidak anda inginkan.

9. Nafsu Makan Menurun

Sebenarnya yang dapat memengaruhi beberapa tanda kurang darah di atas karena nafsu makan yang menurun. Akibat makan yang berkurang energy dalam tubuh juga akan sangat berkurang. Hal ini sangat berbahaya selain dapat menggangu kesehatan fisik, mental juga akan terpengaruhi karena tidak adanya sumber makanan yang di gunakan untuk berfikir.

10. Mudah Depresi

Kareana sulit untuk berfikir maka penderita anemia akan mudah marah dan tersinggung.sulitnya berfikir sehingga ketika berkomunikasi dengan orang, lawan bicaranya akan kesulitan mengerti maksud anda. Sehingga menyebabkan seseorang yang menderita kurang darah akan mudah marah dan tersinggung sekalipun pada hal-hal kecil.

Pada saat hal ini terjadi sebaiknya anda sebagai lawan bicaranya mencoba untuk mengalah karena jika orang yang menderita mengalami depresi. Sebenarya orang tersebut harus di beri pengertian dan dukungan.

Itulah beberapa tanda-tanda kurang darah yang harus anda ketahui, jika anda mengalami hal-halwajah Pucat (khususnya kelopak di bawah mata) yang sama dengan di atas sebaiknya segerahlah periksa ke dokter sebelum memberi dampak yang buruk. Selain tanda-tanda di atas juga ada lagi beberapa.

Tanda-Tanda Kurang Darah Lainnya : 

11. Wajah Pucat (khususnya di bawah kelopak mata)
12. Sering Mengantuk
13. Pandangan Kabur
14. Tubuh dan kulit terasa dingin
15. Sering Haus

Jika anda mengalami tanda-tanda kurang darah sebaiknya segera di obati menggunkan obat yang telah tersedia di apotek. Sebelum menjadikan hal-hal yang tidak di inginkan, selain menggunakan obat di apotek anda jugabisa makan-makanan yang dapat menaikan tekanan darah. 

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: