Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Penyebab Susah BAB Saat Hamil yang Sering Diabaikan

Uncategorized

13 Penyebab Susah BAB Saat Hamil yang Sering Diabaikan

Penyebab Susah BAB Saat Hamil – Keluhan susah BAB biasanya dialami oleh beberapa orang yang kekurangan serat ataupun kekurangan cairan hingga susah untuk BAB. Pada dasarnya, susah BAB biasanya menjadi salah satu gejala bagi seorang yang mengalami wasir ataupun gangguan pada sistem pembuangan lainnya. Selain itu, seorang yang sedang hamil juga bisa mengalami susah BAB saat hamil.

Keluhan susah BAB saat hamil memang sangat sering dialami oleh beberapa ibu hamil saat ini, dan hal tersebut sudah sangat umum bagi para calon ibu yang sedang hamil. Susah BAB juga sangat sering dialami oleh beberapa orang yang usia kehamilannya sudah sangat tua. Semakin tua usia kehamilan, maka akan semakin sering seseorang mengalami susah BAB.

1. Rektum Tertekan

Penyebab susah BAB saat hamil yang pertama adalah saat rektum mengalami tekanan. Saat anda sedang hamil tidak hanya perut dan usus yang mengalami tekanan, tetapi rektum juga akan tertekan. Akibatnya seorang ibu yang sedang hamil akan mengalami susah dalam buang air besar.

2. Kekurangan Serat

Kurang serat adalah hal utama penyebab susah BAB bagi siapa pun dan memang sudah menjadi rahasia umum. Cukupi kebutuhan serat anda agar BAB anda lancar. Tak terkecuali orang hamil, anda pun juga harus menjaga asupan serat anda agar tetap lancar dalam buang air besar.

3. Mengonsumsi vitamin tak tepat

Vitamin memang sangat berguna untuk kesehatan tubuh anda terutama bagi anda yang sedang hamil untuk mencukupi asupan nutrisi pada bayi anda. Namun, asupan mineral dapat memberikan efek samping berupa susah BAB pada ibu yang sedang hamil. Jadi, imbangi asupan vitamin anda dengan asupan serat anda.

4. Makan Tak Teratur

Saat anda makan kurang teratur makan anda juga akan rapuh dan cenderung terkena penyakit. Selain itu, anda juga akan mengalami gangguan saat BAB pada orang hamil. Biasanya orang hamil mengalami malas makan karena orang hamil cenderung mengalami mual dan begah pada perut mereka.

Loading...

5. Stress

Saat seseorang stress anda akan mengalami beberapa gangguan kesehatan yang akan berakibat buruk pada tubuh anda. Susah BAB juga dapat disebabkan oleh stress yang sering anda abaikan. Malas makan dan malas beraktivitas juga akan menjadi efek saat anda mengalami stress.

6. Peningkatan ukuran rahim

Saat anda hamil sudah selayaknya rahim anda membesar dan perut juga akan ikut tertekan. Akibatnya anda akan mengalami kesusahan dalam buang air besar. Saat rahim membesar, pembuluh darah balik juga akan mengalami tekanan yang akan berakibat usus juga akan mengalami penurunan kinerja.

7. Wasir

Wasir merupakan salah satu penyakit pada anus dan saluran pembuangan dengan gejala sakit saat buang air besar. Pada awalnya wasir ini disebabkan oleh relaksasi otot polos yang dipicu oleh hormon progesteron yang meningkat saat anda hamil. Wasir akan sangat mengganggu anda saat membuang air besar dan menimbulkan rasa nyeri.

8. Kurang Olahraga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga memiliki manfaat yang sangat melimpah bagi kesehatan tubuh manusia. Anda juga akan mendapatkan tubuh yang segar bugar apabila olahraga. Tak terkecuali pada ibu hamil yang juga akan mendapatkan manfaat terutama untuk melancarkan BAB.

9. Kekurangan air putih

Air putih memang telah dipercaya untuk memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Selain untuk melancarkan peredaran darah, air putih juga bisa mengatasi masalah susah BAB saat hamil pada calon ibu. Sebaiknya anda mengonsumsi air putih dengan cukup untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari.

10. Kurang Gerak

Saat anda sedang hamil biasanya anda malas dan anda seharusnya menghindari hal tersebut. Anda harus sering bergerak mulai dari mencuci, membersihkan rumah dan kegiatan lain. Saat anda kurang gerak, tubuh anda akan mengalami pelemahan otot dan akan mengalami gangguan saat persalinan.

Penyebab Susah BAB Saat Hamil Lainnya :

11. Masalah Hormon
12. Makan Daging terlalu banyak
13. Kekurangan istirahat

Beberapa penyebab susah BAB saat hamil yang sering diabaikan oleh beberapa orang yang sedang hamil. Susah BAB juga akan berakibat perut sembelit ataupun berujung wasir. Anda seharusnya memeriksakan diri ke dokter agar tidak terjadi risiko yang lebih berbahaya bagi kesehatan anda.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top