Advertisements
Connect with us

Virtual.co.id

9 Penyebab Difteria yang Sering Terjadi pada Anak-Anak

Uncategorized

9 Penyebab Difteria yang Sering Terjadi pada Anak-Anak

Penyebab Difteria – Difteria merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphteral dan Corynebacterium uklcerans yang menyerang selaput lendir serta tenggorokan. Penyakit ini tidak memandang gender, siapa pun bisa terserang mulai dari laki-laki ataupun perempuan. Maka dari itu anda harus lebih cermat terhadap penyebab difteria.

Ada beberapa gejala yang disebabkan oleh difteria yang harus anda perhatikan dan secepatnya lakukan pengobatan dan penanganan yang tepat saat anda mengalami gejala diatas. Gejala difteria antara lain adalah nyeri kerongkongan saat menelan, suara menjadi berat, tubuh mudah mengalami kelelahan. Anda juga bisa mengalami sakit kepala saat difteria serta anda akan mudah haus serta mengantuk. Berikut beberapa penyebab dari difteria.

Difteria

1. Cipratan Bersin

Penyebab difteria yang pertama adalah diakibatkan oleh cipratan bersin. Dengan cipratan bersin berbagai penyakit dapat ditularkan melalui itu. Termasuk difteria yang melakukan bersin serta hal tersebut juga akan ditularkan melalui bersin itu. Kenakan masker saat anda berdekatan dengan penderita difteria agar tidak tertular.

2. Pola makan tak sehat

Dengan pola makan yang tidak sehat, anda akan mengalami beberapa serangan penyakit yang tidak akan terduga. Anda juga akan mengalami beberapa gangguan kesehatan. Termasuk difteria yang juga bisa disebabkan oleh pola makan tak teratur. Maka dari itu anda harus selalu menjaga pola makan anda.

3. Kurang olahraga

Dengan berolahraga anda akan mendapatkan manfaat yang tidak terukur harganya. Maka jagalah rutinitas olahraga anda agar anda bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Dengan kurangnya olahraga juga akan berakibat difteria yang bisa berujung risiko yang lebih berbahaya.

4. Penularan melalui batuk

Batuk juga akan menularkan beberapa penyakit yang menular termasuk flu. Tak terkecuali difteria yang bisa juga tertular melalui batuk. Maka dari itu hindarilah dengan berdekatan dengan orang yang sedang mengalami sakit difteria dan sedang mengalami batuk serta akan menular melalui batuk itu.

5. Susu yang tidak steril

Susu memanglah sangat memiliki manfaat yang diperlukan oleh tubuh, tetapi susu yang tidak steril atau pun sudah basi akan berakibat buruk untuk kesehatan tubuh manusia. Selain itu, susu yang tidak steril juga akan mengakibatkan terserang nya difteria yang sangat berbahaya. Biasanya susu yang tidak steril adalah susu dari ternak dan biasanya harus dimasak dulu agar steril.

6. Lingkungan yang tidak sehat

Sudah bukan rahasia lagi bahwa dengan lingkungan yang kotor akan menyebabkan beberapa penyakit. Anda akan mudah terserang penyakit saat lingkungan anda berada pada lingkungan yang tidak sehat. Lokasi tersebut biasanya ditempati oleh bakteri Corynebacterium dipherial yang biasanya dibawa oleh peliharaan di lingkungan yang kotor.

7. Penggunaan air

Saat anda menggunakan air yang kotor, baik untuk keperluan konsumsi atau membersihkan diri anda juga bisa menyebabkan difteria Maka dari itu selalu gunakan air yang bersih untuk dikonsumsi dan membersihkan tubuh anda agar terhindar dari penyakit beberapa penyakit yang mengancam.

8. Hewan peliharaan

Hewan ternak bisa menyebabkan difteria karena akan menginfeksi sesorang melalui bakteri pada hewan tersebut. Saat anda mempunyai hewan ternak yang kandangnya sangat dekat dengan tempat tinggal anda maka berhati hatilah untuk terserang difteria. Maka tetap jaga kebersihan kanda ternak di dekat anda.

9. Berbagi benda pribadi

Dengan berbagi benda pribadi akan mengakibatkan penularan beberapa penyakit yang sangat berbahaya dari penderita lain. Apalagi berbagi benda pribadi dengan penderita difteria yang lain, hal tersebut akan mengakibatkan penularan bagi penderita difteria. Benda pribadi tersebut adalah handuk, sendok, pakaian.

Penyebab difteria yang harus anda perhatikan agar terhindar dari segala risiko yang lebih berbahaya. Segera periksakan diri anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, difteria apabila dibiarkan maka akan berujung mengancam nyawa dan hal itu sangat berbahaya bagi anda.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: