Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Gejala Asam Urat pada Kaki yang Perlu Diketahui

Uncategorized

13 Gejala Asam Urat pada Kaki yang Perlu Diketahui

Penyakit asam urat tidak hanya terjadi pada kalangan orangtua, bahkan saat ini cukup banyak para remaja yang beresiko terkena gejala asam urat terutama bagian kaki. Gejala asam urat pada kaki umumnya diawali dengan rasa nyeri dan bengkak di persendian kaki, kemudian menyebar ke persendian yang lain.

Gejala asam urat pada kaki bisa berbeda-beda pada setiap penderita. Untuk itu, sangat penting mengetahui gejala asam urat sejak dini untuk mencegah komplikasi akibat asam urat. Berikut gejala asam urat pada kaki yang perlu anda ketahui.

13 Gejala Asam Urat pada Kaki yang Perlu Diketahui

Gejala Asam Urat pada Kaki

1. Permukaan kulit bersisik

Gejala pertama asam urat pada kaki ditandai dengan permukaan kulit bersisik. Pada kondisi ini penderita akan merasa nyeri dan panas. Selain itu, penderita akan merasa gejala berkelanjutan seperti permukaan atau jaringan kulit yang bersisik ini disertai dengan gatal-gatal. Jika kondisi ini terjadi maka anda harus segera memeriksakan kadar asam urat karena bersisiknya kulit menjadi salah satu tanda jika kadar asam urat anda terlalu tinggi.

2. Sendi membengkak

Selain perukaan kulit bersisik, gejala asam urat pada kaki juga terjadi dengan sendi yang membengkak. Kondisi ini disebabkan karena penumpukan asam urat dengan kadar yang tinggi di bagian sendi sehingga terjadi pembengkakan sendi. Kondisi ini bukan menjadi gejala awal dari asam urat pada kaki, karena sendi hanya akan membengkak setelah penderita terkena serangan asam urat yang cukup sering.

3. Sendi kemerahan

Sendi kemerahan juga bisa menjadi gejala asam urat pada kaki. Kemerahan disebabkan karena adanya sensasi terbakar pada bagian sendi. Jika kondisi ini terjadi maka penderita akan mengalami rasa panas dan gatal di kaki.

4. Sendi kaki kaku

Dari gejala inilah anda perlu mengontrol kadar asam urat. Hal ini dikarenakan sendi yang tadinya masih bisa digerakkan walaupun kaku pada akhirnya tidak bisa digerakkan sama sekali sehingga anda akan merasa kesulitan berjalan bahkan bisa beresiko kelumpuhan.

Loading...

5. Sendi kaki gatal-gatal

Sendi kaki gatal-gatal juga menjadi gejala selanjutnya dari penyakit asam urat pada kaki. Gejala semacam ini biasanya tidak diperhatikan dan dianggap sebagai reaksi alergi atau gatal-gatal biasa. Justru kondisi ini bisa membuat asam urat makin parah. Kulit yang gatal akan berkembang dan menjadikan kulit sendi mengeras sehingga akan terasa sangat tidak nyaman.

6. Sakit pada jempol kaki

Sakit pada jempol kaki mungkin dianggap sebagai hal biasa, namun kondisi ini bisa jadi gejala asam urat. Jika kondisi ini terjadi maka anda akan mengalami kesulitan saat menggerakan jempol kaki serta sulit tidur.

7. Sensasi terbakar pada kaki

Sensai terbakar juga akan dirasa bagi penderita asam urat pada kaki. Ketika kadar asam urat tinggi akan berpengaruh pada darah sehingga membuat rasa panas menjalar dari jempol kaki hingga menyebar ke seluruh bagian.

8. Sendi kaki kesemutan

Sendi kaki kesemutan rentan dengan asam urat. Kesemutan pada sendi menunjukkan bahwa asam urat telah meradang. Pada kondisi ini anda harus menurunkan kadar asam urat karena asam urat anda sudah cukup tinggi.

9. Sendi kaki terasa nyeri

Gejala asam urat juga membuat penderitanya beresiko merasa nyeri dibagian sendi kaki. Sebagian orang tidak mengetahui jika nyeri merupakan gejala awal dari penyakit asam urat. Rasa nyeri akan timbul ketika malam hari atau pada saat anda tidur.

10. Sendi kaki tak nyaman

Gejala asam urat yang satu ini akan membuat sendi kaki terasa tidak nyaman. Kondisi ini biasanya terjadi pada pergelangan atau lutut kaki sehingga akan terasa sulit digerakkan. Ketidaknyamanan sendi akan dirasakan pada siang atau malam hari.

Baca Juga: 8 Jenis Sakit Kepala yang Mengganggu Kesehatan

Selain 10 gejala asam urat pada kaki, ada 3 gejala lainnya yang disebabkan dari penyakit asam urat pada kaki, Seperti:

11. Detak jantung cepat
12. Demam
13. Kulit terkelupas

Jika anda salah satu penderita penyakit asam urat di bagian kaki maka anda bisa mengatasinya dengan membersihkan bagian yang terluka dengan antiseptik dan membalutnya dengan perban. Selain itu, sangat penting untuk melakukan pemerikasaan asam urat lebih lanjut karena jika tidak segera diobati, dan pembengkakan menjadi berlebihan, akan menyebabkan perdarahan di area kaki. 

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top