Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Jenis Sakit Kepala yang Mengganggu Kesehatan

Uncategorized

8 Jenis Sakit Kepala yang Mengganggu Kesehatan

Sakit kepala merupakan jenis sakit yang paling umum dialami oleh setiap orang. Beberapa jenis sakit kepala dapat berpotensi mengancam kesehatan penderitanya. Rasa sakit yang dirasakan bisa ringan sampai berat di bagian kepala, kulit kepala, dan kadang-kadang bisa menjalar sampai ke leher.
Begitu banyak orang yang menderita sakit kepala sehingga sakit kepala memiliki jenis yang berbeda-beda seperti jenis sakit kepala migren, sakit kepala tegang dan lain sebagainya. Berikut ini penjelasan lebih lanjut terkait berbagai jenis sakit kepala.

8 Jenis Sakit Kepala yang Mengganggu Kesehatan

Jenis Sakit Kepala

1. Jenis sakit kepala vertigo

Jenis sakit kepala yang pertama yaitu vertigo. Sakit kepala ini menyebabkan seseorang merasa tubuh dan juga penglihatannya seperti berputar-putar sehingga keseimbangan tubuhnya menjadi terganggu. Vertigo dapat muncul karena kelelahan yang luar biasa atau telah terjadi gangguan pada bagian otak akibat pertumbuhan kista atau tumor jinak.

2. Jenis sakit kelapa migren

Migeren menjadi salah satu jenis sakit kepala yang biasa terjadi pada kebanyakan orang. Sakit kepala ini menyerang salah satu sisi kepala atau bahkan keduanya dengan rasa nyeri yang berdenyut-denyut dan bisa hilang dengan sendirinya ketika dipakai beristirahat. Sangat disarankan tidur pada ruangan yang redup cahaya dan jauh dari suara-suara bising.

3. Janis sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang merupakan jenis sakit kepala yang paling umum. Rasanya seperti sakit konstan yang terjadi di kedua sisi kepala. Hal ini sebabkan karena sakit kepala yang muncul telah terjadi penekanan pada saraf dan otot kepala sehingga saraf-saraf kepala menjadi kaku. Anda juga mungkin merasa beberapa kekakuan terjadi di belakang leher dan otot bahu.

4. Jenis sakit kepala yang berulang

Jenis sakit kepala berulang bisa terjadi pada siapa saja dan tidak memandang usia berapa pun. Sakit kepala berulang secara medis disebut rebound head aches atau nyeri kepala yang terjadi timbul berulang dan mendadak tetapi bisa hilang dengan sendirinya. Sakit kepala ini disebabkan karena seseorang memiliki kebiasaan mengkonsumsi obat pereda rasa sakit, sehingga nyeri akan muncul kembali ketika seseorang mengalami terlambat makan, stres, kesulitan tidur atau kurang minum air putih.

5. Jenis sakit kepala cluster

Seseorang yang menderita jenis sakit kepala cluster akan mengalami penurunan kesadaran bahkan bisa jatuh pingsan. Hal ini dikarenakan rasa nyerinya yang menusuk dan sakit luar biasa hingga bisa menjalar pada bagian wajah, mata, leher dan bahu. Ini adalah serangan nyeri yang menyiksa di salah satu sisi kepala, sering terasa di sekitar mata. Sakit kepala cluster bisa membangunkan anda di malam hari.

Loading...

6. Jenis sakit kepala pasca trauma

Jika anda sering mengalami trauma maka anda akan berisko dengan jenis sakit kepala pasca trauma. Seseorang yang pernah mengalami cedera pada rongga kepalanya dan sudah disembuhkan maka, suatu hari akan menderita sakit kepala mendadak jika tanpa sengaja bagian kepalanya terkena benturan ringan seperti, terkena lemparan bola atau berfikir terlalu keras akibat masalah yang sedang dihadapinya.

7. Jenis sakit kepala karena usia

Ini menjadi jenis sakit kelapa yang akan dialami setiap orang. Sakit kepala karena usia terjadi ketika seseorang berusia diatas 55 tahun maka tekanan bola mata akan mengalami peningkatan secara alami atau menderita glukoma. Kondisi tersebut menyebabkan sakit kepala. Biasanya penderita sakit kepala jenis akan mengalami gejala-gejala seperti sering pusing, nyeri kepala dibagian depan dan belakang, mudah haus dan tubuh lemas.

8. Jenis sakit kepala hormonal

Sakit kepala hormonal adalah hasil dari fluktuasi kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Oleh karena itu, sakit kepala ini sering mempengaruhi wanita khususnya saat mendekati atau selama siklus menstruasi atau menopause. Seseorang yang mengalami sakit kepala ini akan merasa sakit kepala berdenyut-denyut, disertai mual dan muntah.

Untuk mencegahnya anda bisa melakukan dengan olahraga teratur serta mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Hindari stres yang berkepanjangan karena kondisi stres dapat menyebabkan saraf dibagian kepala mengalami ketegangan sehingga menjadi salah satu resiko munculnya penyakit seperti sakit kepala.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top