Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Penyebab dan Gejala Bulimia pada Tubuh

Uncategorized

17 Penyebab dan Gejala Bulimia pada Tubuh

Bulimia atau bisa juga di sebut dengan bulimia nervosa merupakan salah satu jenis gangguan yang terdapat pada pola makan dan gangguan ini adalah gangguan polam makan yang cukup berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Orang yang memiliki penyakit bulimia ini pasti juga akan memiliki kebiasaan seperti menjaga berat bada dan juga bentuk tubuhnya.

Penderita ini juga tidak akan makan sama sekali atau makan dalam jumlah kecil lalu pada beberapa saat kemudian penderita akan makan dalam jumlah yang sangat banyak. Ketika penderita sadar sudah makan makanana yang banyak maka ia akan mengeluarkan makanan tersebut dari tubuh secara paksa dengan memuntahkannya atau menggunakan obat pencahar.

17 Penyebab dan Gejala Bulimia pada Tubuh

Penderita bulimia ini memang akan melakukan caar yang tidak sehat dan juga tidak sehat dalam masalah untuk melenyapkan kalori yang sudah di konsumsi di dalam tubuh dan cara ini penderita gunakan untuk tetap membantu agar bentuk dan berat badan selalu tetapy terjaga.

Penyakit yang satu ini adalah penyakit mental yang membuat penderita selalu mengkonsumsi alcohol sampai penderita pun mengalami depresi. Penyakit bulimia ini akan sering menyerang pada wanita dari pada laki- laki. Dan dalam sebuah penelitian pun mengatakan bahwa 8 dari 10 wanita mengalami kelainan yang satu ini dan penyakit ini muncul pada umur 16 hingga sapai 40 tahun. Dna berikut ini adalah penyebab dan gejala dari bulimia.

Penyebab dari kelainan bulimia

1. Konsep bentuk tubuh ideal di masyarakat
2. Rasa minder atau rendah diri
3. Perubahan dalam hidup
4. Pernah mengalami penyiksaan atau trauma
5. Karen profesi

Gejala dari kelainan bulimia

1. Tidak dapat mengendalikan makan

Untuk gejala yang pertama dari kelainan bulimia adalah tidak dapat mengontrol pola makannya sendiri. Dan untuk gejala yang satu ini memang akan sering muncul dan muncul pertama dalam beberapa gejala lainnya. Apabila Anda menemukan teman ataupun saudara Anda yang memiliki gejala ataupun tanda seperti itu maka bisa jadi itu adalah tanda bahwa ia memiliki masalah kelainana bulimia.

Loading...

2. Makan sampai kekenyangan

Untuk gejala yang selanjutnya adalah penderoita ini akan memakan makanan yang ada di hadapannya dengan brutal dan tidak akan berhenti sampai perutnya merasakan kekenyangan dan juga sampai perut merasa tidak nyaman dan juga nyeri. Walaupun penderita ingin menjaga bentuk tubuh namun pola makan tidak dapat terkontrol.

3. Memaksakan muntah

Untuk gejala yang berikutnya adalah penderita akan memuntahkan makanannya secara paksa jika penderita sudah sadar jika ia telah memakan makanan yang sangat banyak. Bahkan penderita bulimia ini akan menggunakan obat pencahar agar mempermudah memuntahkan makanan yang sudah di makannya.

4. Olah raga yang berlebihan

Penderita bulimia juga akan selalu melakukan berbagai cara agar bentuk tubuhnya tetap terjaga seperti melakukan olah raga. Akan tetapi, olah raga yang di lakukan oleh penderita ini sangatlah berlebihan. Bahkan sampai penderita pun kecapean dan tiba- tiba pingsan karena telah melakukan olah raga yang di luar kemampuan fisiknya.

5. Merasa tidak puas dengan bentuk tubuh

Penderita bulimia ini juga memiliki gejala selalu merasakan bahwa bentuk tubuh yang di punyai tidak sesuai dengan apa yang penderita inginkan. Oleh karenya banyak dari penderita bulimia yang akan melakukan diat yang sangat menyiksa untuk membuat tubuhnya menjadi seperti yang di inginkannya. Jika Anda menemukan gejala seperti pada anggota keluarga Anda segera melakukan pemeriksaan untuk penanganan.

6. Fungsi usus yang tidak normal

Untuk penderita bulimia ini juga akan mengalami gangguan dari fungsi ususnya. Ini di karenakan penderita melakukan diet yang sangat ketat lalu kemudian penderita makan dengan jumlah yang besar dan tidak dapat terkontrol dan setelah itu menggunakan obat pencahar untuk memuntahkannya. Dan dengan kebiasaan yang tidak sehat inilah yang membuat penderita akan mengalami masalah pada fungsinya.

7. Kerusakan gigi dan juga gusi

Penderita dari bulimia ini juga akan mengalami kerusakan pada gigi dan juga giginya. Banyak dari penderita yang mengeluhkan ini, ini di sebabkan karena penderita mengeluarkan segala makanan dari tubuhnya dan membuat tubuh kekurangan nutrisi dan juga vitamin sehingga tentu saja gigi mengalami kerusakan.

8. Radang tenggorokan

Untuk gejala yang selanjutnya adalah penderita akan mengalami peradangan tenggorokan. Ini terjadi karena tenggorokan di paksa untuk mengeluarkan makanan yang telah masuk kedalam perut.

9. Depresi

Penderita ini juga akan sering mengalami depresi karena bentuk tubuh dan juga berat badan yang tidak sesuai yang di inginkan.

10. Dehidrasi

Penderita bulimia ini juga akan mengalami gejala yang namanya dehidrasi karena penderita juga tidak mau untuk meminum air putih sekali pun karena takut akan mempengaruhi bentuk tubuhnya dan juga bentuk dari tubuhnya.

Baca Juga: 17 Penyebab dan Gejala Cacar Air Orang Dewasa yang Wajib Diwaspadai

Gejala lainnya kelainnya bulimia

1. Detak jantung yang tidak teratur
2.  Menstruasi tidak teratur

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai hemophilia dan semoga artikel ini dapat membantu menjelaskan tentang jenis penyakit. Terima kasih.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top