Advertisements
Connect with us

Virtual.co.id

8 Makanan untuk Penderita Penyakit Gondok yang Disarankan

Uncategorized

8 Makanan untuk Penderita Penyakit Gondok yang Disarankan

Mengalami penyakit gondok sangat menyebalkan jika tidak segera ditanggulangi. Penyakit yang menyerang area leher ini bisa mengganggu aktivitas terutama saat makan dan minum. Pembengkakan pada leher juga berpengaruh pada segala aktivitas baik itu bekerja, bersekolah atau berisitirahat.

Penyakit ini timbul akibat kurangnya zat yudium dalam tubuh dan terlalus ering mengonsumsi es juga pemicu penyakit gondok ini. Namun, tidak perlu khawatir karena penyakit ini tergolong ringan, hanya saja perlu perlakuan khusus agar segera membaik. Lantas bagaimana caranya ?

8 Makanan untuk Penderita Penyakit Gondok yang Disarankan

Nah berikut ini ada beberapa alternatif makanan yang dihususkan bagi penderita penyakit gondok ini agar membantu asupan gizi dan bisa mengurangi penyakit yang diderita. Berikut pemaparanya :

1. Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur yang kaya akan manfaat ini sangat berguna bagi penderita penyakit gondok. Bawang putih sudah terbukti memiliki khasiat ampuh sebagai obat dan makanan alternatif penderita berbagai penyakit, termasuk penyakit gondok. Hal ini berkaitan dengan kandungan senyawa selenium dalam bawang putih yang berfungsi sebagai penawar pembengkakan pada kelenjat tiroid di area leher. Sehingga akan mempercepat  baiknya  kondisi pembengkakan akibat gondok yang diderita.

2. Brokoli

Salah satu sayuran ini adalah yang terbaik sebagai alternatif makanan untuk penderita penyakit gondok. Sayuran ini digunakan sebagai pencegah sekaligus penyembuh penyakit tersebut. Hanya dengan mengkonsumsi secara rutin, permasalahan pembengkakan kelenjar tiroid yang diderita dapat segera di sembuhkan dan dicegah.

3. Telur

Kekayaan kandungan protein dalam telur sangat bermanfaat untuk menambag gizi dan asupan nutrisi dalam tubuh. Protein sendiri juga berfungsi aktif sebgai zat anti penyakit gondok. Senyawa didalamnya seperti zat besi dan yudium ternyata sangat banyak dan bagus untuk membantu menyembuhkan penyakit gondok yang diderita.

Hal ini sudah dibuktikan secara medis dan laboratorium bahwa telur mampu dijadikan alternatif pengobatan alami bagi penyakit ini. Namun, perlu disadari bahwa telur yang baik bagi penyakit gondok dimasak hanya direbus saja dan usahakan menggunakan telur bebek atau ayam kampung bukan dari hasil peternakan atau ras.

Karena kandungan di dalam telur ras atau peternak justru mengandung senyawa aktif yang bersifat racun karena pemeliharaanya menggunakan obat obatan kima berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

4. Bayam

Klaster sayuran lainya yang sangat bermanfaat sebagai makanan bagi penderita penyakit gondok adalah bayam. Fungsinya sebagai penyuplay nutrisi tubuh seperti protein, mineral, zat besi dan vitamin sangat membantu dalam pengobatan penyakit tersebut. Hal ini juga sudah digambarkan dalam sebuah film popeye yang terkenal akan kekuatanya dengan mengkonsumsi bayam saja. Nah, film tersebut ternyata tidak semata mata sebagai hiburan saja melainkan dalam kenyataan mampu dijadikan alternatif makanan untuk mencegah penyakit gondok.

5. Tomat

Salah satu klaster buah yang bertekstur air dan memiliki rasa asam ini condong kurang digemari. Padahal buah ini kaya akan manfaat sebagai alternatif pencegah penyakit gondok. Senyawa likopen dalam toman memiliki antioksidan tinggi dan mampu meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. selain itu, kegunaanya juga sebagai alternatif makanan dalam menyembuhkan penyakit gondok dari vitamin c tinggi didalamnya.

6. Daging merah

Mendapatkan makanan sumber protein hewani ini juga terbilang mudah. Apalagi bagi penderita penyakit gondok yang harus menambah asupan gizi terutama zat besi dan yodium. Daging merah merupakan alternatif pilihan yang tepat karena mengandung zat besi tinggi. Dengan mengkonsumsi daging merah ini secara rutin, bisa membantu proses menghilangkan pembengkakan akibat penyakit gondog yang diderita.

7. Jamu

Sumber makanan lain yang kaya akan selenium adalah jamur. Kegunaan dari selenium sendiri untuk penderita godnok adalah mengurangi bakteri dan pembengkakan kelenjar tiroid di area leher. Sehingga akan berfungsi maksimal jika dimasak secara baik. Olahan tepat untuk menu jamur bagi penderita gondok adalah membuatnya menjadi sup dan jangan digoreng. Karena itu akan mengakibatkan infeksi kembali di area leher akibat proses penggorengan.

8. Gandum

Makanan pengganti nasi yang memiliki kadar nutrisi lebih baik ini sangat berguna membantu kinerja kelenjar tiroid. Karbohidrat vitamin dan nutrisi lain sangat berperan bagi penderita penyakit gondok agar cepat sembuh. Konsumsilah gandum secara rutin dan bisa mengurangi kelebhian kalori dalam tubuh agar tidak kelebihan berat badan.

Baca Juga: 7 Efek Buruk Air Tebu untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Berbagai alternatif makanan yang sudah disajikan tidak akan bekerja secara maksimal jika kondisi dan pola hidup tidak di perbaiki. Jika penyakit gondok tidak kunjung sembuh juga alangkah baiknya dibawa  ke rumah sakit agar ditangai secara medis. Karena alternatif makanan tersebut digunakan hanya untuk membantu dan mencegah terjadina pembengkakan kelenjar tiroid (gondok).

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: