Advertisements
Connect with us

Virtual.co.id

7 Efek Buruk Air Tebu untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Uncategorized

7 Efek Buruk Air Tebu untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Khasiat air tebu sudah tidak diragukan lagi sebagai penawar dahaga dan obat berbagai penyakit. Pemanfaatan air tebu secara alami jelas di gunakan tanpa ada campuran zat lain seperti gula pasir buatan atau pemanis lainya. Jika ada percampuran zat lain tersebut, bisa mengakibatkan beberapa masalah. Bahkan bisa menimbulkan penyakit dalam tubuh. Padahal, fungsinya yang baik dari gula alami begitu membantu untuk mempercepat pemuliihan kondisi tubuh.

7 Efek Buruk Air Tebu untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Berikut ini beberpa efek samping dari air tebu yang dikonsumsi karena adanya percampuran pemanis buatan untuk kesehatan :

1. Kadar gula dalam darah meningkat

Permasalahan ini tidak terlepas dengan penambahan zat pemanis seperti gula pasir atau sejenisnya. Beberapa permasalahan yang timbul akibat konsumsi air tebu berpemanis mengakibatkan kadar gula dalam darah meningkat jika di konsumsi secara berlebihan. Kadar gula buatan ini merangsang organ di sekitar pankreas yang memicu kenaikan kadar insulin dalam tubuh. Insulin ini berfungsi sebagai hormon untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Jika kadar insulin naik secara otomasit kadar gula dalam darah meningkat, bahkan ketika mengkonsumsi air tebu berpemanis ini bisa lebih tajam grafik peningkatanya.

2. Menyebabkan Batuk

Biasanya terjadi pada anak anak yang mengkonsumsi air tebi dengan penambahan gula ini. Air tebu yang ditambahkan gula memiliki rasa manis yang tinggi sehingga digemari oleh anak anak. Padahal efek sampingnya dapat mengakibatkan iritasi pada tenggorokan. Efek ini akan berkelanjutan dengan rasa sakit pada tenggorokan. Apalagi rasa gatal yang berakibat pada serak nantinya. Jika sudah demikian, maka anak akan mengalami batuk batuk.

3. Lebih Cepat Haus

Secara alami air tebu memiliki rasa manis sendiri. Jika tidak ditambahkan dengan biang gula atau pemanis buatan, air tebu ini mampu bermanfaat sebagai pelapas dahaga yang menyegarkan. Tetapi, penambahan biang gula dan es mampu membuat seseorang justru lebih cepat merasa haus. Efek awalnya adalah mulut yang pahit dan bibir mengering. segera konsumsi air putih biasa agar efek ini lekas sembuh dan tubuh Anda kembali normal.

4. Sakit Perut

Kelebihan konsumsi air tebu mengakibatkan sakit perut pada segala usia penikmat air ini. Hal ini berkaitan dengan kebersihan batang tebu sendiri dan pengolahan. Apalagi penyajian yang di tampilkan biasanya sudah siap di jajakan dipinggir jalan. Debu dan kotoran yang menempel pada tebu sendiri serta pedagang yang menjajakanya dipinggir jalan bisa saja masuk dalam proses ekstraksi. Sehingga ada akumulasi bakteri jika dikosumsi berlebihan. Iritasi pada organ pencernaan seperti usus dan lambung mengakibatkan diare atau mencret.

5. Peningkatan Berat Badan

Terlalu sering mengkonsumsi air tebu ternyata dapat menaikan berat badan secara cepat. Walaupun air ini merupakan air manis alami tetapi tetap saja jika tidak bijak mengkonsumsinya bisa berujung pada obesitas. Selain itu, air ini juga memicu peningkatan rasa lapar dan terus menerus. Ini lah yang menyebabkan seseorang ingin makan camilan terus dan lemak dalam tubuh meningkat tajam.

6. Sariawan

Sariawan ini akibat mengkonsumsi air tebu secara langsung. Cara menikmati dengan menghisap langsung batang tebu memang sangat nikmat. Tetapi, getah dan bulu halus dalam tebu mampu mengakibatkan luka pada area bibir dan lidah. Gesekan ini nantinya yang bisa menimbulkan penyakit sariawan. Jika luka sudah sulit disembuhkan, memungkinkan terjadinya iritasi pada area bibir. Bibir akan mudah melepuh dan dinging mulut akan cepat membengkak. Sehingga Anda akan kesulitan untuk makan dan minum secara normal.

7. Metabolisme tubuh menurun

Siapa sangka kelebihan air tebu berpemanis bisa mengakibatkan penyakit berbahaya. Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh menurun yang dipicu dengan konsumsi air tebu berlebihan. Konsumsi air tebu ini mempengaruhi kekebalan tubuh karena kekurangan nutrisi. Kelebihan rasa manis akan merusak selera makan yang pada akhirnya seseorang cenderung merasa malas makan. Jika demikian, nutrisi dalam tubuh jelas kurang dan lebih mudah terserang penyakit.

Baca Juga: 7 Bahaya Alkohol 70% yang Mematikan untuk Tubuh

Memang sangat menyegarkan air tebu ini sebagai obat dan berkhasiat dalam melepas dahaga. Tetapi akan lebih baik, jika dikonsumsi tanpa penambahan gula pemanis buatan agar khasiatnya tidak hilang. Terlebih lagi bijak menikmatinya akan berguna lebih baik demi mencegah ketergantungan.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: