Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Bahaya Konsumsi Arak Terlalu Banyak untuk Kesehatan

Uncategorized

14 Bahaya Konsumsi Arak Terlalu Banyak untuk Kesehatan

Arak merupakan minuman yang memiliki kadar alkohol tinggi dan memabukan. Beberapa arak di Indoneisa sangat terkenal di daerah wilayah imur seperti bali, NTT, NTB, Maluku dan Papua. Keberadaan minuman ini bisa dikaitkan dengan pesta adat yang sudah melekat sejak zaman dahulu. Beberapa orang juga menyebutnya khomar.

Arak ini biasanya terbuat dari fermnetasi nira yang disuling melalui beberap proses penyulingan. Lama penyimpanan mempengaruhi kadar alkohol didalam arak tersebut. penggemar arak pun semakin merasaj lela, dikarenakan konsumsi alkohol yang bermerk susah ditemukan dan harganya mahal.

14 Bahaya Konsumsi Arak Terlalu Banyak untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa bahaya mengkonsumsi arak bagi kesehatan :

1. Putusnya syaraf

arak memiliki kadnungan alkohol yang bersfat senyawa aktif bila dikonsumsi. Senyawa ini mampu berkontraksi dengan sistem syaraf manusia. Jika meminum arak, dipastikan banyak urat syaraf mengalami terputus. Sehingga sangat beresiko bila dilakukan dengan jangka waktu yang panjang dan lama.

2. Gangguan Berfikir

Jika seseorang mengalami gangguan jiwa maka dengan sendirinya orang it tidak memiliki nlar atau daya tangkap yang bagus. Sama halnya dengan arak yang dikonsumsi mampu menyebabkan gangguan mental dan cara berfikir. Jika batas maksimal sudah dilampaui, maka orang akan cenderung gila dan daya ingat menurun drastis. Sebab jarngan sel sel otak dan syaraf terputus.

3. Sisitem Kekebalan Tubuh Menurun

Kekebalan tubuh akan menurun seiring berjalanya waktu. Sistem kekebalan tubuh akan menurun setiap hari sesuai dosis arak yang dikonsumsi setiap harinya. Kondisi ini akan mempermudah masuknya banyak penyakit dari virus dan bakteri. Apalagi radikal bebas akan menyerang tubuh dan mengakibatkan penyakib berbahaya seperti kanker.

Loading...

4. Kanker

Sudah dijelaskan tadi bahwa alkohol dalam tubuh tidak boleh sama sekali masuk. Organ dalam berikus sistem kekebalan tubuh akan menurun. Inilah yang memicu tumbuhnya sel sel kanker dalam tubuh secara berkala. beberapa penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi arak cenderung lebih beresiko terkena kanker.

5. Ketagihan

Bahaya sekali jiak sudah mengalami penyakit ketagihan ini. Arak yang dikonsumsi mampu menyembuhkan kegelisahan, kecemasan dan kepanikan namun hanya bersifat semu. Ketika perasaan itu datang kembali, maka arak akan menjkadi solusi dan dosisnya akan terus bertambah. Kondisi ini disebut sebagai sindrom alkohol yang sulit untuk di sembuhkan dalam waktu cepat.

6. Gula darah menurun

Jangan sangka ketika seseorang sedang mengalami penyakit gula darah harus meminum arak. Justru kestabilan gula dalam darah akan terganggu dengan konsumsi arak. kebutuhan gula dalam tubuh jelas diperlukan, tetapi gula darah yang terlalu rendah dapat mengakibatkan tubuh cepat lemas dan tidak bertenaga.

7. Darah tinggi.

Ya, sebaai efek negatif dari arak ini akibat adanya alkohol adalah memuncaknya tekanan darah. Jika demikian, maka alkohol akan menciderai dinding pembuluh darah. Iritasi ini akan berkelanjutan karena sifatnya yang panas dan tajam mampu merobek saluran arteri. Jika seseorang gemar mengkonsumsinya secara otomatis tekanan darah akan naik dan lebih cepat emosi.

8. Hilang kesadarn

Ketika sudah terlalu banyak meminum arak ini, maka kesadaran semakin menghilang. Fokus baik pAndangan, pendengaran dan cara berfikir akan berubah total. Orang akan terlihat nglantur atau tidak jelas. Sehingga beresiko terjadi kekacaun akibat kehilangan kesadaran.

9. Gagal Jantung

Penyait ini sering menyerang penikmat arak. Kelebihan alkohol yang memicu kerja jantung dapat beresiko terkena penyakit ini. beberpa orang bahkan akan mengalami gagal jantung seketika tanpa sadar. Sehingga kematian akan menghantui Anda.

10. Penyakit ginjal

Organ yang paling riskan terkena efek dari arak adalah ginjal. Jika sering mengkonsumsi arak, maka ginjal akan merespon dan menyaring cairan lebih keras. Jika sudah tidak mampu, maka ginjal akan membengkak dan tidak berfungsi. Akibatnya orang akan sering cuci darah setiap bulan dan resiko kematian lebih besar.

Baca Juga: 13 Fungsi Mentimun untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Beberpa permasalahan lain akibat efek dari arak bagi kesehatan adalah :

11.    Sering Sakit Kepala
12.    Gangguan Liver
13.    Peradangan Pangkreas
14.    Resiko Asam Urat tinggi

Minuman arak memang sudah membudaya bagi beberapa kalangan. Tetapi alangkah baiknya jangan sampai meminumnya walaupun hanya setetes. Jika sudah ketagihan, akan sulit untuk disembuhkan dan berbahya bagi kesehatan. Lebih baik ganti dengan minuman menyehatkan seperti susu, madu atau jus buah yang menyegarkan ketimbang mengkonsumsi arak.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top