Advertisements
Connect with us

Virtual.co.id

13 Fungsi Mentimun untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Uncategorized

13 Fungsi Mentimun untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Salah satu jenis sayuran yang sering disisihkan karena disajikan hanya sebagai pelengkap dalam makanan seperti pecel lele, nasi goreng atau mie goreng ini memiliki kaya manfaat. Ya, mentimun yang bertekstur air dan tidak memiliki rasa tertentu dapat dijadikans ebagai alternatif penawar untuk tubuh. Walapaun disingkirkan, kandungan di dalam mentimun mampu melindungi kesehatan secara lama. Bahkan manfaatnya sangat berguna bagi kesehatan pria dan wanita. lantas apa saja manfaat dan khasiat mentimun ini ?

13 Fungsi Mentimun untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Berikut pemaparanya agar jangan meremehkan sayuran satu ini :

1. Melindungi Otak

Kandungan flavanol dalam mentimum berguna untuk melindungi kesehatan otak. sel sel memori dalam otak dapat terlindung akibat konsumsi mentimun ini. Tidak hanya itu sel sel syaraf pun ikut terlindungi dengan baik hanya dengan mengkonsumsi mentimun ini. Apalagi senyawa flavanol ini bermanfaat bagi penderita almeizer yang secara klinis sudah terbukti mampu melindungi kesehatan otak. Sehingga penderita dapat memungkinkan disembuhkan.

2. Menurunkan Resiko Kanker

Siapa sangka, sayuran ini bermanfaat bagi seseorang untuk mengurangi resiko kanker. Kandungan antioksidan tinggi dari mentimun dapat menurunkan resiko pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kandungan antioksidan didalamnya antarain flavanoid, querectin, apigenin, luteolin, kaemprofol dan vitamin C. Selain itu kandungan beta karoten tinggi dalam mentimun juga bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker tersebut.

3. Mengurangi resiko dehidrasi

Sayuran mentimun merupakan tumbuhan tropis yang kaya akan air. Mentimun sendiri terdiri dari 96 % air. Mengkonsumsi mentimun ini tentunya akan menghindarkan dehidrasi  dan menetralkan toksin dalam tubuh. Sangat bermanfaat bukan ?

4.Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium tinggi dalam mentimun membantu menyehatkan jantung Anda. sama halnya orang yang mengalami darah tinggi, konsumsi mentimun sangat penting dilakukan. Kadar kalium, magnesium, dan serat mampu memperlancar sel darah dalam mengalirkannya. Sehingga kinerja jantung akan lebih ringan dan kesehatanya akan tetap terjaga.

5. Menjaga berat badan

Ketimum memiliki kadar kalori yang sangat rendah. apalagi serat dalam mentimun seperti gel dan sangat baik untuk kesehatan usus. Sisitem pencernaan akan melambat dan Anda akan terjaga kenyangnya. jadi sangat cocok bagi Anda yangs edang melakukan program diet. Cukup mengkonsumsi jus mentimun sekali dalam sehari niscaya berat badan Anda terjaga dan terhindar dari penumpukan lemak dalam tubuh.

6. bagus untuk kesehatan gigi

Hanya dengan mengunyahnya saja, kesehatan gigi dan gusi akan terjaga. Hal ini dikarenakan adanya rangsangan dari mentimun yang mampu memproduksi kelenjar air liur lebih banyak. Sehingga zat asam dalam rongga mulut akan menurun. Setelah itu, kandungan bakteri yang pertumbuhannya melambat dengan sendirinya. Sehingga efektif sebagi alternatif untuk menjaga kesehatan gigi.

7. Melancarkan pencernaan

seperti yang sudah disinggung tadi, bahwa mentimum memiliki komposisi air banyak. Tubuh dengan cairan tinggi akan memperlancar sistem pencernaan yang ada didalam tubuh. Kinerja organ pencernaan akan berjalan normal dan lancar. Sehingga BAB Anda nantinya akan lancar.

8. Menurunkan asam urat

Siapa sangka, seseorang yang mengalami asam urat bisa diturunkan dengan konsumsi mentimun ini. asam float, vitamin a dan b, magnesium dalam mentimun membantu mengurangi rasa nyeri ketika asam urat naik. Jadi akan berguna jika di lakukan secara rutin sehingga kadar asam urat tidak menggangu Anda dalam aktivitas keseharian.

9. Mengurangi plak hitam pada mata

Zat  silika pada mentimun mampu menjaga kesehatan kulit. Peremajaan sel epidermis kulit mampu di bentuk oleh zat silika dalam mentimun ini. apalagi kantung mata yang mengakibatkan plak pada area sekitar mata yang menghitam akan cenderung menghilang jika konsumsi jus mentimun dilakukan secara rutin.

10. Mencegah kerutan kulit

Sebagian besar wanita pasti akan mengeluh ketika kulit wajah terutama mulai mengerut. Kandungan air yang banyak dapat menajaga kesehatan kulit. Hanya dengan melakukan perawatan dengan menempelkan buah mentimun ini dipotong kecil ke area kulit mampu memberbaiki pertumbuhan sel kulit baru lebih baik. sehingga kerutan di area wajah terhindar sendirinya.

Baca Juga: 9 Bahaya Konsumsi Air Es Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh

beberapa manfaat mentimun lainya adalah :

11. Mengurangi Bintik Hitam
12. Mencegah Sembelit
13. Menjaga kesehatan badan

Manfaat mentimun ini jangan Anda remehkan karena penyajianya yang sering digunakan sebagai pelengkap saja. Perlunya kejelian dalam mengkonsumsi makanan yang bermanfaat akan menopang kesehatan Anda secara berkelanjutan dimasa yang akan datang.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: