Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Bahaya Konsumsi Air Es Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

9 Bahaya Konsumsi Air Es Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh

Cuaca panas sangat cocok dengan minuman dingin. Sensasi menyegarkan membuat dahaga hilang dalam sekejap. Apalagi minuman manis yang lebih menyegarkan. Tidak hanya di saat cuaca sedang panas, minuman dingin walapaun air putih biasa yang sudah di masukan dalam lemari es akan menyegarkan tenggorokan.

Bahkan, kebiasaan ini terus berlanjut dikala seseorang sudah memulainya sejak kecil. Mengkonsumsi air putih es biasa memang sangat enak apalagi jika sudah menajdi kebiasaan dan pola makan. Namun, berbahaya jika tidak tahu menahu resiko yang bisa di timbulkan.

9 Bahaya Konsumsi Air Es Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa bahaya konsumsi air es yang bisa mengganggu kesehatan :

1. Mempersempit ruang pada Usus

Bahaya dari mengkonsumsi air es berlebihan ini akan mengakibatkan usus menyempit. Apalgi, konsumsinya dilakukan sudah menjadi kebiasaan setiap makan dan keihidupan keseharian. Hal iani dikarenakan suhu yang dingin pada air es mampu membuat pembekuan partikel lemak dan minyak dalam tubuh. Terlebih lagi dalam makanan yang dikonsumsi, kandungan lemak dan minyak akan sulit di cerna jika dalam keadaan beku. Parahnya ketika kebiasaan mengkonsumsi air es ini setelah makan dilanjutkan maka  berujung pada gangguan pencernaan akibat organ usus mengalami penyempitan akibat penumpukan lemak dan minyak.

2. Mempercepat perut membuncit

Akibat lain dari sering mengkonsumsi air es adalah membuncitnya perut. Makanan yang sudah masuk dalam tubuh khususnya lemak dan minyak tadi akan menumpuk di area perut. Bantalan lemak dalam perut akan terus menumpuk. Sehingga sangat mengkhawatirkan apalgi bagi kaum wanita. Keindahan tubuh akan berkurang jika hal demikian terjadi. Jika ska mengkonsumsi air es, seharusnya di beri jarak terlebih dahulu dan diimbangi dengan olahraga cukup agar konsistensi tubuh tetap terjaga.

3. Merasa Kembung

Biasanya penderita magh sering mengalami perut kembung dan terasa panas (begah). Namun, tidak hanya penderita penyakit magh saja, tetapi bisa dirasakan bagi seseorang yang suka sekali mengkonsumsi air es. Hal ini diakibatkan karea air es membuat suhu tubuh tidak sesuai dengan makanan yang dikonsumsi. sehingga sistem pencernaan lebih lambat. Selain itu es mampu merubah irama proses pencernaan. Tambah lagi, air es mampu meningkatkan gas dalam lambung yang membuat perasaan penuh dan kembung dalam perut.

Loading...

4. Tubuh terasa kurang stabil

Kelebihan mengkonsumsi air es ini beresiko dengan berbagai penyakit. Penyebabnya adalah kurangnya kestabilan dalam tubuh akibat terlalu sering mengonsumsi air es ini. Suhu air es yang dingin mengakibatkan tubuh harus menyesuaikan terlebih dahulu konsistensi dan suhu makanan yang masuk. Padahal proses penyerapan makanan didalam tubuh harus dalam keadaan panas. Sehingga pencernaan akan terhambat dan menimbulkan rasa tubuh tidak enak.

5. Pusing

Gangguan tidak hanya pada sistem pencernaan saja, kelebihan mengkonsumsi air es juga menimbulkan sakit kepala. Rasa pusing yang terjadi merupakan efek dari kontraksi sistem syaraf yang mengalir di kepala. Setelah mengkonsumsi air es justru mengakibatkan rasa yang pusing karena perbedaan suhu tubuh. Sehingga otak akan otomatis memebri sinyal dan kaget terhadap makanan atau minuman bersuhu dingin ini. ujungnya adalah rasa pusing dan sakit pada area kepala

6. Merasa Haus

Orang yang mengkonsumsi air es akan lebih cepat haus dibandingkand engan orang yang mengkonsumsi air biasa. Sebab, cairan air es walapun itu hanya air biasa tidak dapat diserap dengan sempurna. Apalagi, sering mengkonsumsi air es akan lebih menimbulkan sering buang air kecil. Hal ini merupakan indikasi bahwa tubuh sedang kekurangan cairan dan Anda akan merasa haus kembali dalam tempo yang singkat.

7. Detak Jantung Berhenti

Bahaya ini bisa dialami ketika mengkonsumsi air es setelah berolah raga berat. Kondisi tubuh yang panas tidak bisa langsung menerima minuman dengan suhu dingin berlebihan. Akibatnya detak jantung akan semakin keras, bahkan bisa berhenti karena tempo rangsangan makanan dingin masuk dalam jumlah banyak. Fatalnya jika seseorang tubuh dalam keadaan tidak fit, bisa menghentikan detak jantung seketika.

8. Pembekuan Otak

Keseringan mengkonsumsi air es mengakibatkan pembekuan otak. Rasa pusing yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi air es bisa dijadikan indikasi awal sistem syaraf yang membeku. Jika demikian segera perbaiki kebiasaan Anda. Lama kelamaan otak bagian belakang Anda akan melamah dan tidak berfungsi normal.

9. Peradangan Tenggorokan

Setelah mengkonsumsi air es, mampu menimbulkan infeksi di area tenggorokan. Dimana amandel dalam rongga dalam mulut akan semakin membesar dan memudahkan terserang radang tenggorokan. Jika sudah membesar, biasanya amandel akan diangkat dan kestabilan tubuh jauh menurun.

Baca Juga: 11 Bahaya Minum Air Es Sehabis Makan untuk Kesehatan Tubuh

Kebiasaan mengkonsumsi air es jangan Anda lebihkan. Cukup sesekali saja dalam setiap hari karena berdampak buruk pada kesehatan jika diteruskan dengan tempo lama.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top