Advertisements
Connect with us

Virtual.co.id

11 Bahaya Minum Air Es Sehabis Makan untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

11 Bahaya Minum Air Es Sehabis Makan untuk Kesehatan Tubuh

Sensasi menyegarkan memang ketika kita mengkonsumsi air es setelah makan. Apalagi makanan yang dimasak panas serta memiliki rasa pedas. Makanan seperti mie ayam, bakso, dan soto sangat cocok dipadukan dengan mengkonsumsi air es atau es teh manis dan sejenisnya.

Apalagi dikala siang hari dan perut sedang keroncongan pasti menyegarkan dan mengenyangkan. Kebiasaan ini bagi sebagian orang tidak bisa ditinggalkan karena sudah mendarah daging. Dalam situasi ini, perlu di ketahui sebenarnya ada bahaya yang mengancam akibat kebiasaan mengkonsumsi air es setelah makan.

11 Bahaya Minum Air Es Sehabis Makan untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa bahaya yang bisa di akibatkan karena kebiasan tersebut :

1. Mengakibatkan beku nya makanan khususnya Minyak

Kandungan minyak dalam makanan berkuah dalam soto, bakso, atau mie ayam jelas ada banyak. Jika Anda sering mengkonsumsi air setelah makan makanan ini maka akan terjadi pembekuan minyak dalam usus. sehingga saluran usus akan terhambat layaknya sampah di gorong gorong selokan. Bahayanya ketika kebiasaan ini tetap dilanjutkan maka dinding usus akan menyempit yang mengganggu proses pencernaan makanan.

2. Memicu Terbentuknya Batu Ginjal

Air es yang dikonsumsi terutama es teh merupakan pemicu terbentuknya batu ginjal. Penyakit ini akibat dari oxalite yang bisa membentuk batu karena penyumbatan pada ginjal. Zat tersebut mampu mengendap pada pori ginjal secara berkala. Jika kekurnagan air putih, kondisi tersebut akan dipercepat karena konsumsi air es yang berlebihan.

3. Pusing

Karena efek dingin dalam air es, yang berkontraksi dengan makanan dan suhu tubuh mengakibatkan bahaya ini. Suhu tubuh yang tidak sepadan dengan air es akan bereaksi pada kelenjar otot yang menegang. Khususnya area leher yang bisa menghambat kelancaran darah naik ke otak. Inilah yang menjadi penyebab pusing setelah mengkonsumsi air es.

4. Mempercepat Perut Membuncit

Efek ini sangat mengganggu jika ditelaah bersama. Perut membuncit sangat tidak nyaman dilihat dan dipAndang. Apalagi bagi kaum hawa yang menjaga struktur tubuhnya agar senantiasa sehat dan berbadan langsing. Penumpukan lemak bisa terjadi pada are perut secara cepat jika kebiasaan mengkonsumsi air es ini dilanjutkan.

5. Kram Perut

Bahaya fatal jika sampai terjadi permasalahn ini, Otot perut yang belum siap menerima dinginya air es dapat berakibat kram perut. Enzim dalam lambung berkontraksi pada air es sehingga menimbulkan banyak gas. Ini lah nanti yang menjadi masalah pada perut Anda. Biasanya disebut orang banyak efek ini adalah begah

6. Haus

rasa yang menyegarkan pada air es setelah makan tidak menggantikan cairan tubuh yang berkurang. Bahkan air es ini mampu memicu dehidrasi. Sebab sistem pencernaan akan melambat untuk mencerna makanan dan perlu cairan lebih banyak. Sehingga ketika seseorang mengkonsumsi air es, justru akan merasa haus
lebih

7. Memperlambat kerja jantung

Kaitanya dengan konsumsi air es ini adalah sistem syaraf yang berkontraksi dengan air es. Rangsangan pada syaraf vagus bisa memperlambat kinerja jantung. Syaraf ini penting sebagai pengatur sistem syaraf dalam keadaan tidak sadar. Seperti detak jantung yang sewaktu bisa menurun akibat kebiasaan sepele ini.

8. Pembekuan Otak

Pembekuan ini terjadi dengan proses aliran darah ke otak secara tiba tiba dan menghilang secara tiba tiba juga. Penurunan intensitas ini memicu pembekuan otak. Indikasi awalnyaadalah rasa pusing, yang berkelanjutan menjadi migran.

9. Malnutrisi

Hilangnya sebagian besar nutrisi dalam tubuh dari asupan makanan akan terjadi dengan kebiasaan mengkonsumsi air es ini setelah makan. Suhu tubuh yang hangat tidak bisa menyerap makanan jika keadaan dingin. Harus disamakan dalam tubuh terlebih dahulu di dalam sistem pencernaan. Jika demikian, maka nutrisi dalam makanan tidak akan diserap secara optimal

10. Pemicu Flue

Kebanyakan orang kelebihan air es akan mengakibatkan radang pada tenggorokan. Jika sudah terjadi peradangan maka bakteri dalam rongga mulut semakin banyak dan memudahkan terjangkit virus flue. Lendir yang dipicu oleh air es akan emningkat seiring banyaknya air es yang dikonsumsi

11. Kerusakan Gigi

Pemicunya adalah gigi secara kontras menerima rangsangan pada makanan panas yang ditabrak dengan air es bersuhu dingin. Jika diteruskan secara berkala, kesehatan gigi terutama gusi akan menurun. sistem syaraf pada gigi cenderung sensitif dan terjadi pelapukan. akibatnya kesehatan gigi akan terganggu dengan munculnya banyak plak dan berlubang.

Baca Juga: 9 Efek Buruk Minum Kopi Terlalu Banyak untuk Tubuh dan Kesehatan

bahaya mengkonsumsi air es setelah makan banyak mengganggu kesehatan. Lebih baik, ganti minuman setelah makan dengan air putih biasa yang menyehatkan dan sesuai dengan kebutuhan cairan tubuh.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: