Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Efek Buruk Minum Kopi Terlalu Banyak untuk Tubuh dan Kesehatan

Uncategorized

9 Efek Buruk Minum Kopi Terlalu Banyak untuk Tubuh dan Kesehatan

Siapa suka meminum Kopi? Arabika atau Robusta ? Hati hati dalam mengkonsumsi minuman satu ini jangan sampai terlalu banyak dan sering. Jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah banyak dan sering maka akan berbahaya pada kesehatan tubuh Anda. Memang kenikmatan kopi yang diseduh sangat enak.

Aroma nya saja menggugah selera apalagi dikala musim hujan dan ditemani pisang goreng atau camilan lainya. Terlebih lagi aneka macam coffe shop sudah sangat jamak. Keberadaan kopi untuk menemani nongkrong sudah menjadi Andalan bagi anak muda saat ini. Baik dikalangan wanitapun sudah mulai menyukai minuman yang berwarna hitam ini.

9 Efek Buruk Minum Kopi Terlalu Banyak untuk Tubuh dan Kesehatan

Kendati demikian, ada bahayanya mengkonsumsi kopi terlalu banyak, berikut pemaparanya :

1. Konstipasi

Merupakan istilah medis bagi seseorang yang mengalami sakit BAB. Biasa orang awam menyebutnya sembelit. Keadaann ini dipicu dengan kerasnya fases dari hasil sisa sistem pencernaan yang mengeras. Pengerasan ini akibat zat dalam kopi berupa kafein yang terlalu banyak. Sistem pencernaan akan kesulitan dalam mencerna makanan lain sehingga memerlukan proses yang jauh lebih lama. Sehingga fases akan mengeras dan sulit dikeluarkan dalam sistem ekskresi.

2. Resiko Pada Indera Pengelihatan

Terdengar aneh memang jika konsumsi kopi mampu merusak indera pengelihatan. Namun hal ini dapat terjadi jika seseorang memiliki riwayat  menderita glaycoma. Bagi penderita glukoma ini sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi kopi berlebihan. Jika dibiarkan tanpa ada pencegahan, maka akan mengganggu tekanan darah pada bola mata. Akibat kafein yang memicu peningkatan aliran darah ke mata atau dalam medis disebut dengan TIO ( Tekanan Intra Okular).

3. Meningkatkan asam lambung

Efek ini sering dialami ketika seseorang sudah kelebihan kopi. Gejala yang dialami adalah rasa penuh pada perut dan perih, Bahkan seperti perut terasa penuh. Hal ini disebabkan oleh minuman kopi yang dikonsumsi berlebihan. Kopi ini bersifat asam sehingga bagi tubuh khususnya lambung akan merespon dengan cepat. Bagi penderita magh, kopi sangat tidak dianjurkan. Apalagi mengkonsumsi kopi ini dalam keadaan perut kosong.

Loading...

4. Penignkatan detak Jantung

Detak jantung akan meningkat seiring konsumsi kopi. Pemicu nya tidak lain adalah zat kafein dalam kopi itu sendiri. Laju aliran darah mampu dipicu lebih cepat dari biasanya. Jika demikian, maka kinerja jantung akan jauh lebih cepat. Bahayanya adalah ketika seseorang memiliki riwayat darah tinggi nantinya akan berpengaruh pada kestabilan tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak.

5. Insomnia

Peningkatan kesadaran akibat aliran darah yang cepat akan berdampak pada keadaan susah tidur atau insomnia. Kinerja jantung dan sistem syaraf otak akan bekerja karena tingkat kesiagaan nya meningkat. Kesiagaan meningkat jelas berpengaruh pada mata yang akan tetap terjaga. Bahkan bisa bertahan jauh lebih lama dari biasanya walapaun Anda sudah melakukan aktivtas padat sebelumnya.

6. Peningkatan Osteoporosis

Peningkatan bahaya osteoporosis mampu 3x lebih cepat pada seseorang yang suka meminum kopi dalam intensitas tinggi. Hal ini disebabkan oleh kekurangan kalsium dalam tubuh yang dikeluarkan melalui urin. Pemicunya adalah efek kopi yang mampu mengeluarkan zat kalsium dalam tubuh. Jika dilakukan secara terus menerus, maka tubuh akan mengalami pengeroposan tulang. Sangat berbahaya jika resiko ini terjadi pada diri Anda yang masih muda.

7. Memicu Kerutan pada area wajah

Ini menjadi momok bagi kaum wanita yang sering mengkonsumsi kopi berlebihan. walaupun kopi memiliki anti oksidan , tetapi berdampak pada kesehatan kulit wajah juga. Kerutan diwajah ini terjadi akibat kurangnya asupan air putih sebagai penyeimbang kopi. Jika sudah mengkonsumsi kopi maka kecenderungan wanita untuk buang air kecil lebih tinggi. sehingga akan mengakibatkan dehidrasi dan mempercepat pengerutan di area wajah.

8. Peningkatan resiko Keguguran

Bahaya lagi bagi kaum wanita adalah mengkonsumsi kopi berlebihan meningkatkan resiko keguguran. Hal ini dikaitkan dengan kafein yang bisa menyebabkan kontraksi lebih awal. Selain itu, kafein dalam kopi mampu mengikat zat nutrisi lain sehingga tidak bisa dicerna dalam tubuh bayi.

9. Peningkatan resiko Kerusakan pada pembuluh darah

Ini sangat berbahaya karena pembulih darah adalah jalan aliran darah yang harus lancar. Mengkonsumsi kopi bisa saja menyumbat aliran darah sehingga beresiko terkena penyakit :

a.    Stroke
b.    Penyakit Jantung Koroner

Baca Juga: 9 Bahaya Minum Kopi untuk Wanita Haid yang Perlu Diwaspadai

Konsumsi kopi secara bijak dan wajar akan lebih menyehatkan. Jika memang suka sekali meminum kopi,setidaknya diimbangi dengan konsumsi susu atau perbanyak air putih agar tubuh tetap seimbang dan tidak kekurangan cairan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top