Connect with us
close

Virtual.co.id

21 Bahaya Minum Jamu Terlalu Banyak untuk Tubuh dan Kesehatan

Uncategorized

21 Bahaya Minum Jamu Terlalu Banyak untuk Tubuh dan Kesehatan

Minuman herbal berkhasiat sudah menjadi alternatif pilihan banyak orang untuk mengurangi rasa sakit bahkan menyembuhkanya. Biasanya orang akan mengkonsumsi jamu dari berbagai tanaman herbal yang sudah diekstraksi. Misalnya kencur, kunyit, temulawak, lengkuas dan jahe.

Keberadaan bahan alami tersebut dirasa memiliki efek samping yang lebih aman dibandingkan dengan obatan kimia sehingga banyak orang beralih mengkonsumsinya. Tetapi, perlu di pahami bahwa mengkonsumsi jamu juga berdampak pada kesehatan

21 Bahaya Minum Jamu Terlalu Banyak untuk Tubuh dan Kesehatan

Berikut ini ada macam bahaya mengkonsumsi jamu :

1. Gagal Ginja Akut

Bahaya penyakit gagal ginjal ini merupakan efek dari pencapuran ramuan herbal dengan obat kimia. Pencampuran ini sangat berbahaya dan mampu merusak ginjal. Jamu yang dicampur dengan obat kimia berjenis fenibutason mampu menjadi racun dalam tubuh. Sehingga ginjal akan bekerja keras untuk menyaring cairan ini. secara perlahan dan berkelanjutan jamu yang dikonsumsi justru merusak ginjal.

2. Infeksi lambung

Jamu tradisional sangat berkhasiat dalam mengurangi berbagai penyakit. Salah satunya kadar asam dalam lambung bisa di netralisir dengan jamu ini. Tetapi, memang dengan jamu tradisional harus memakan waktu lama. Ketika jamu ini di konsumsi berlebih dan di tambahkan asam mefenamat atau fenibutason justru merusak lambung. Peningkatan asam dalam lambung akan bekerja cepat dan merobek dinding lambung.

3. Pendarahan dalam usus

sama halnya dengan peradangan dan infeksi lambung, usus pun bisa terkena infeksi jika mengkonsumsi jamu ini dengan oat obatan kimia. Peradangan usus dan berakibat pada pendarahan bisa saja terjadi kapan saja. Ketika jamu dicampurkan dengan obat kimia semacam asam mefenamat salah satunya. Akan menimbulkan infeksi sampai peradangan akut pada usus Anda,

Loading...

4. Sakit Kepala

Efek ini cenderung ringan dirasakan oleh penikmat jamu tradisional. Biasanya efek ini terjadi ketika tubuh sedang meredup dan metabolisme menurun. Jika mengkonsumsi jamu penghilang pusing akan mengurangi resiko sakit kepala. tetapi, jangan mencampurkan obat kimia apapun ketika sehabis mengkonsumsi jamu. Biarkan kandungan alaminya bekerja secara perlahan.

5. Infeksi Hati

Hati sebagai produsen insulin dalam tubuh berperan aktif dalam menjaga kekebalan tubuh. Fungsinya selain memproduksi insulin adalah menyaring protein dalam darah. Fungsi ini akan melamban jika sering mengkonsumsi jamu tradisional yang ditambahkan dengan obat metampiron. Akumulasi cairan dalam darah akan mengganggu kinerja hati secara perlahan.

6. Pengeroposan Tulang

Pengawasan terhadap jamu tradisional oleh badan POM belum secara menyeluruh dan harus berhati hati memilah nya. Beberapa jamu tradisional sudah di campurkan beberapa obat kimia berbahaya. Jika campurannya terdapat jenis obat prenison dalam jangka panjang kepadatan tulang akan menurun. Sehingga muncul penyakit osteoporosis.

7. Gangguan ritme pada Jantung

Sama halnya pada obat obatan kimia, jamu bisa berpengaruh terhadap ritme jantung. fungsinya sebagai obat pasti berpengaruh terhadap darah, konsistensi tubuh, kekebalan dan tekanan, Inilah yang perlu dikhawatirkan ketika mengkonsumsi jamu tradisional. Jika terlalu banyak maka ritme akan berjalan cepat sesuai dosis yang dikonsumsi.

8. Pelebaran Pembuluh darah

Penolakan terhadap jamu yang tiadk sesuai bisa saja dihadapi sebagain orang. Tubuh secara otomatis menolak keberadaan zat kima atau herbal lain dari konsumsi jamu. Reaksi ini akan mengakibatkan oelebaran pembuluh darah disekitaran wajah. Jadi ketika Anda salah mengkonsumsi jamu, bisa terindikasi dengan wajah yang membengkak.

9. Sembelit

Kesulitan membuang air besar ketika mengkonsumsi jamu tradisional bisa saja terjadi. Sembelit ini diakibatkan oleh sulitnya sistem pencernaan mencerna bahan kimia atau herbal dalam jamu. Sehingga konsistensi fases akan memadat dan bahaya pada jaringan anus Anda.

10. Kram Perut

Masalah lain adalah terjadinya kram pada perut. beberapa masalah perut dan organ pencernaan mudah diserang akibat kelebihan jamu tradisional. Biasanya timbul nyeri, perih dan perut terasa kembung dan mual. Segera hentikan konsumsi jamu daripada menimbulkan permasalahan baru.

Baca Juga: 14 Bahaya Konsumsi Es Teh Manis Terlalu Banyak untuk Tubuh

Beberapa bahaya kesehatan lain akibat konsumsi jamu terutama yang dicampurkn dengan obat kimia adalah

11. Kematian
12. Gangguan Pernafasan
13. Kerontokan Rambut
14. Ejakulasi Dini
15. Penurunan Daya tahan tubuh
16. Stamina menurun
17. Peningkatan tekanan darah
18. Pertumbuhan Bulu
19. Radang Hidung
20. Kehilangan Nafsu Makan
21. Gangguan Pengelihatan

Teliti dalam mengkonsumsi jamu perlu dilakukan. Jangan sampai obat kimia masuk dan Anda konsumsi bersamaan dengan jamu herbal Anda. Karena ketika pencampuran ini dilakukan, maka kesehatan Anda justru mengalami penurunan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top