Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Bahaya Konsumsi Es Teh Manis Terlalu Banyak untuk Tubuh

Uncategorized

14 Bahaya Konsumsi Es Teh Manis Terlalu Banyak untuk Tubuh

Minuman menyegarkan yang sering dipesan oleh banyak orang setelah makan adalah es teh manis. Harga nya yang murah dan menyegarkan bisa dijadikan alasan kenapa orang sering mengkonsumsi minuman ini. Bahkan minuman ini sangat populer sebagian besar masayarat umum untuk melepas dahaga diwaktu siang terik dan cuaca sedang panas. Ternyata, ada juga bahaya mengkonsumsi es teh manis ini jika dilakukan secara berlebihan.

14 Bahaya Konsumsi Es Teh Manis Terlalu Banyak untuk Tubuh

Simak beberapa pemaparan bahaya berikut ini, agar menjadi alternatif pemilihan minuman yang Anda konsumsi bisa menyehatkan Anda :

1. Mampu Mengakibatkan Penyakit Batu Ginjal

Resiko ini akan cepat mengidap bagi penikmat es teh manis yang begitu addict. Mengkonsumsi es teh manis berlebihan dan dilakukan secara terus menerus bisa meningkatkan resiko penyakit batu ginjal. Kandungangan oxalate tinggi pada es teh manis adalah pemicu penyakit batu ginjal ini. Oxalate ini memicu kristalisasi di serat ginjal. Jadi akan sangat berbahaya bagi penikmat es teh manis yang berlebihan. Apalagi ditemukan bahwa pengidap batu ginjal pasti memiliki riwayat mengkonsumsi es teh manis berlebihan.

2. Kelembapan Kulit menurun

Kandungan kafein yang menyebabkan kelembapan kulit menurun jika Anda sering mengkonsumsi es teh manis berlebihan. Kulit akan cenderung kering dan bersisik. Lebih baik perbanyak konsumsi air putih daripada Anda mengkonsumsi es teh manis. Hal yang menyebabkan menurunya kelembapan kulit ini adalah teh yang bisa mengikat cairan dalam tubuh dan mengalami dehidrasi. sehingga berpengaruh pada kelembapan kulit.

3. Menimbulkan dehidrasi

Sudah disinggung di point sebelumnya bahwa teh mampu mengikat cairan dalam tubuh yang menyebabkan dehidrasi. Penumpukan kandungan kafein dalam tubuhlah yang bisa dijadikan alasan kenapa seseorang sehabis mengkonsumsi es teh manis ingin minum lagi dan lagi. Sehingga Anda akan mengalami rasa haus yang terus menerus jika tidak segera digantikan cairan tubuh dengan yang alami seperti konsumsi air putih.

4. Resiko Diabetes

Es teh manis pasti mengandung gula 2 kali lipat lebih tinggi dibanding dengan teh manis biasa. Gula pasir ini akan ditambah kadarnya agar saat dicampurkan es tetap terasa manis. Kandungan gula berlebihan ini akan meningkatkan kadar gula dalam darah yang sangat beresiko menyebabkan penyakit diabetes.

Loading...

5. Malnutrisi

Malnutrisi merupakan keadaan dimana nutrisi dalam tubuh tidak dapat diserap sempurna akibat beberapa senyawa aktif seperti kafein. Sama halnya dengan es teh manis, kandungan nutrisi dan antioksidan memang tinggi. Tetapi jika dibuat menjadi es teh manis justru lebih susah bagi tubuh untuk diserap dan ini akan berakibat pada pengikatan zat nutrisi lain dari asupan makanan di dalam tubuh.

6. Meningkatkan Resiko Tekanan darah Tinggi

Kandungan nutrisi dalam teh atau es teh manis adalah kafein. Kafein ini merupakan senyawa aktif yang bisa meningkatkan kinerja jantung dalam memompa darah. Bahkan aliran darah bisa terhambat karena penyumbatan dalam pembuluh arteri. Jika terlalu sering mengkonsumsi es teh manis atau teh hangat biasa resiko tekanan darah tinggi bisa saja terjadi kapan saja.

7. Menyebab Obesitas

Bahaya lain adalah resiko obesitas. Penumpukan lemak dalam tubuh memungkinkan terjadi di daerah lipatan seperti perut, leher dan paha. Penyebabnya adalah nutrisi es teh manis susah untuk diserap dan diubah menjadi lemak dalam tubuh. Jika demkian dilakukan secara terus menerus maka kegemukan akan menerpa Anda dan orang gemuk lebih beresiko terkena penyakit berbahaya, salah satunya adalah diabetes.

8. Menyebabkan Gagal Ginjal

Oxalate yang menyebabkan batu ginjal ternyata beresiko fatal penyakit ini. Jika kandungan batu dalam ginjal melebihi batasnya akibat konsumsi teh berlebihan dan tidak dicegah maka fungsinya sebagai penyaring akan terganggu. Gagal ginjal sangat beresiko bagi penderita yang harus melakukan pencucian darah setiap 1-2 bulan sekali.

9. Kekurangan Zat Besi

Zat besi dalam tubuh harus cukup dipenuhi kebutuhan. Kandungan tannin dalam es teh manis atau teh biasa bisa menyerap nutrisi zat besi. Jika demikian dan dilakukan terus menerus maka zat besi yang sudah dikonsumsi dalam sayuran atau sejenisnya akan diikat oleh tanin tersebut. Sehingga tubuh kekurangan zat besi dan beresiko pengeroposan tulang dini.

10. Sakit Perut

Penyakit ini akan timbul jika air yang dipergunakan dalam pembuatan es teh manis atau e adalah tidak bersih. Apalagi es yang dipergunakan menggunakan air mentah. sangat beresiko masuknya bakteri ececia coli berlebih dalam tubuh yang bisa mengakibatkan sakit perut bahkan diare.

Baca Juga: 11 Fungsi Air Tebu untuk Kesehatan dan Tubuh

Beberapa Bahaya es teh manis dapat menyebabkan :

11. Pengeroposan Gigi
12. Osteoporosis
13. Masuknya Radikal bebas
14. Penigkatan Resiko Kanker

Bahaya es teh manis akan dapat diminimalisir jika seseorang lebih suka mengganti es teh dengan air putih bisa. Menikmati es teh manis sesekali sangat dianjurkan dan jangan sampai berlebihan agar tetap terjaga kesehatanya lebih lama.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top