Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Fungsi Air Tebu untuk Kesehatan dan Tubuh

Uncategorized

11 Fungsi Air Tebu untuk Kesehatan dan Tubuh

 Minuman manis yang menyegarkan dan murah ini sangat bermanfaat jika dikonsumsi secara bijak. Air tebu banyak ditemukan dipinggir jalan karena pedagang banyak menjajakanya. konsumenya pun beraneka ragam, baik anak anak, perempuan, orang dewasa bahkan orang tua sekalipun.

Sebenarnya apa manfaat air tebu ini untuk kesehatan ? banyak yang bertanya tanya mengenai hal tersebut. Beberapa senyawa dalam air tebu seperti gula, zat besi, fosfor, tembaga, lemak dan protein serta kalsium ada didalam kandungan air tebu ini.

11 Fungsi Air Tebu untuk Kesehatan dan Tubuh

Nah, berikut pemaparanya terkait khasiat air tebu bagi kesehatan :

1. Penawar Penyakit Kuning

Manfaat yang bisa diambil dari air tebu ini adalah untuk penawar penyakit kuning. Penyakit kuning adalah penyakit yang menyerang pigmentasi kulit sehingga ada perubahan warna kulit menjadi sedikit kekuningan. Hal ini disebabkan adanya billburiin dalam darah. Penawar alami penyakit ini adalah air tebu ini. Manfaatnya adalah mampu membantu fungsi hati agar kembali bekerja dengan baik. Sehingga penyakit kuning yang diderita akan lebih cepat sembuh.

2. Menghindarkan Infeksi Lambung

Kekurangan kalium karena tubuh mengalami penyerapan nutrisi makanan berkalium  yang minim menyebabkan infeksi pada lambung. Kandungan air tebu yang memiliki nilai kalium tinggi dapat meminimalisir terjadinya infeksi lambung ini. fungsi kalium dalam tubuh sendiri adalah membantu kinerja otot dan syaraf pada tubuh.

3. Mengurangi resiko kanker payudara

Kandungan air tebu memiliki sifat alkali. Dimana kandungan air alkali sangat bermanfaat mengatasi permasalah sel kanker yang ingin tumbuh. sama halnya dengan kanker payudara atau prostat. Air tebu ini sangat bermanfaat dengan mengkonsumsinya secara periodik dan tidak berlebihan.

Loading...

4. Mengurangi Resiko Penyakit ginjal

Organ fital dalam tubuh dalam sistem pencernaan dan eksresi adalah ginjal. Ginjal berfungsi menyaring darah dalam tubuh. Kekurangan protein nabati dalam tubuh bisa mengakibatkan penyakit ginjal ini. Dengan mengkonsumsi air tebu ini, seseorang akan terhindar dari penyakit ginjal karena cairan air tebu mudah di cerna dalam tubuh melalui ginjal yang mengandung protein tinggi.

5. Bermanfaat bagi penderita diabetes

sangat merepotkan jika seseorang sudah mengalami diabetes. Penderita penyakit ini harus pAndai memilah dan memilih makanan sehat. Apalagi minuman manis dari gula pasir sangat dibatasi konsumsinya. Maka dari itu, air tebu ini bisa dijadikan alternatif minuman yang alami dan sehat. Jika dikonsumsi dengan tepat, maka air tebu ini justru mengurangi kadar gula dalam darah.

6. Mencegah dehidrasi

Ketika cairan tubuh mulai menurun, kecenderungan rasa haus dan badan terasa lemas. Apalagi dimusim kemarau yang begitu terik matahari dan suhu panas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengkonsumsi air tebu karena memiliki mineral tinggi. sperti zat besi, kalium, kalsium dan magnesium alami. Apalgi sifat air tebu yang merupakan air alkali berguna sekali menghindarkan dehidrasi.

7. Pencegahaan Penyakit Stroke

Penyakit stroke diakibatkan karena tubuh begitu padat akibat kekurangan cairan. darah yang tersumbat dan penyempitan pembulih darah adalah penyebabnya. Hal tersebut dikarenakan kekurangan cairan. Setidaknya konsumsi air tebu ini 2 x seminggu secara rutin mampu mengurangi resiko penyakit stroke.

8. Mengatasi Pengeroposan Gigi

Kerusakan dan pengeroposan gigi dapat dicegah dengan konsumsi air tebu secara rutin. Kandungan mineral tinggi membantu memperkuat struktur gigi. Apalagi gigi akan lebih putih dan Anda terhindar dari bau mulut.

9. Mengobati Pendarahan

manfaat air tebu lainya adalah mengatasi pendarahan terutama seseorang yang mengalami mimisan. Caranya adalah memotong ujung batang tebu dan rebus dengan air tawar. Setelah itu tambahkan gula jawa dan minum ketika dingin.

10. Mengontrol sirkulasi darah

kandungan mineral tinggi seperti zat besi dan magnesium dalam air tebu mampu memperlancar sirkulasi darah. Sehingga Peredaran darah dalam tubuh akan lancar dan Anda terhindar dari hilangnya konsentrasi bahkan pegal pegal. Selain itu, Anda juga mempermudah kinerja jantung dalam memompa aliran darah ke seluruh tubuh.

11. Mengatasi Detak jantung yang Abnormal

Manfaat ini sangat penting untuk ketahui. Ketika jantung berdetank tidak normal berarti tubuh Anda mengalami permasalahan di area sekitar pembuluh darah. Jika tidak segera diatasi, maka permasalahan lain akan mumncul bahkan sangat beresiko gagal jantung yang berujung pada kematian.

Baca Juga: 9 Bahaya Minum Kopi untuk Penderita Penyakit Jantung Koroner

Mengetahui manfaat air tebu ini sangat berguna bagi kebutuhan dan kesehatan. Penting didasari bahwa jangan sampai berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan akan ebrdampak buruk pada akhirnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top