Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Cara Menghilangkan Gagap Paling Cepat

Uncategorized

15 Cara Menghilangkan Gagap Paling Cepat

Cara Menghilangkan Gagap – Gagap merupakan gangguan bicara, dengan indikasi tersendatnya pengucapan kata-kata atau rangkaian kalimat. Kelainan ini dapat berupa kehilangan ide untuk mengeluarkan kata-kata, pengulangan suku kata, kesulitan mengeluarkan bunyi huruf-huruf tertentu, sampai ketidakmampuan mengeluarkan kata-kata sama sekali. Cara menghilangkan gagap berbicara berikut dapat mengurangi bahkan menghilangkan indikasi tersebut.

Tidak ada pengobatan yang instan untuk menyembuhkan gagap berbicara. Terapi, perangkat elektronik, bahkan obat-obatan pun tidak dapat menyembuhkannya dalam semalam. Meskipun begitu, tetap saja cara menghilangkan gagap berbicara seperti di bawah ini patut dicoba.

Gagap

1. Menyanyi

Cara menghilangkan gagap yang paling sederhana adalah dengan bernyayi. Bernyanyi memang identik dengan suara yang merdu atau paling tidak enak untuk didengar. Namun, dalam hal ini suara merdu bukanlah fokus utama, melainkan bernyanyi dapat menjadi stimulus seseorang untuk berbica lebih lancar. Menyayikan lagu yang telah dihapal merupakan langkah pertama yang dapat dilakaukan untuk menghilangkan gagap.

2. Mengulang bunyi suku kata

Pada penderita gagap akan sering mengucapakan suku kata beberapa kali sampai akhirnya menyelesaikan satu kata yang dimaksud. Dengan berlatih mengulang bunyi suku kata seperti.  “pa..pa..pa” atau “ba..ba..ba” akan menstimulus cara berbicara yang lebih lancar.

3. Bantuan terapis

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan gagap adalah dengan bantuan terapis. Para ahli terapi tentu memiliki metode efektif untuk menangani masalah gagap. Hasilnya memang tidak dapat pipukul rata. Seseorang yang telah berbica gagap dalam periode waktu yang lama tentu akan membutuhkan waktu yang lebih untuk menghilangkannya.

4. Membaca buku

Membaca buku dapat dijadikan solusi penyembuhan gagap. Sebagai catatan, digunakan metode membaca nyaring untuk melatih sistem artikulasi agar terbiasa dan dapat berjalan secara normal. Tentu cara ini harus dilakukan berulang-ulang sehingga didapat pelafalan yang jelas dan lancar saat diucapkan.

Loading...

5. Latihan pernafasan

Orang gagap susah untuk mengambil jeda yang diperlukan untuk manarik nafas saat berbicara. Akibatnya kata yang diucapkan tepotong-potong dan kadang kala tidak terdengar secara jelas. Latihan pernafasan perlu dilakukan  untuk mengatur waktu berhenti berbicara, sehingga penderita gagap mendapat kemampuan berbicara dengan lebih baik.

Latihan pernafasan dapat dilakukan dengan cara menarik nafas beberapa kali sebelum bicara dimulai.  Berhentilah berbicara dan menarik nafas kembali saat jeda pada kalimat yang akan diucapkan. Terakhir, berbicara pada tempo yang normal atau tidak terlalu cepat.

6. Motivasi

Jangan pernah berhenti memotivasi diri sendiri untuk  bisa sembuh dari gagap. Cara ini perlu anda lakukan karena seringnya krisis kepercayaan diri yang terjadi dengan kondisi yang demikian. Jangan menyerah pada segala cara yang memungkinkan anda dapat keluar dari keadaan ini.

7. Jangan sering diam

Kurang percaya diri karena keterbatasan kemampuan berbicara sering kali membuat penderita gagap diam. Cobalah berbicara untuk menyatakan suatu pendapat, karena dengan memendamakan membuat emosi meningkat ketika adakalanya anda harus berbicara.

Ketidakstabilan emosi inilah yang menyebabkan anda semakin sulit untuk berbicara dengan lancar. Selain itu, dengan terbiasanya melatih kemampuan berbica, dapat membuat kemampuan tersebut semakin meningkat.

8. Bicara penuh tekanan

Berbicara menggunakan penuh tekanan adalah salah satu cara untuk menghilangkan gagap. Dengan memberi tekanan pada setiap kata yang dikeluarkan, akan memberi waktu pada sistem pelafalan untuk mengucapkan kata selanjutnya. Selain itu, berbicara penuh tekanan dapat melambatkan tempo anda berbicara. Sehingga, cara ini dapat mengurangi timbulnya gagap saat mengucapkan sebuah kalimat.

9. Bantuan cermin

Menggunakan bantuan cermin juga merupakan cara menghilangkan gagap. Cara ini dapat digunakan apabila anda ingin berlatih berbicara, tapi tidak untuk didengar orang lain. Dengan berbicara pada cermin dapat memotivasi anda untuk terbiasa mengucapkan satu kata tertentu. Sehingga ketika anda harus berbica pada orang lain, anda tidak akan merasa kesulitan untuk mengucapkannya.

10. Hindari tatap mata langsung

Sebagian orang akan gugup untuk berbicara di depan banyak orang, yang akhirnya dapat mempengaruhi kejelasan artikulasi dari kata yang diucapkan. Kondisi ini sama seperti pada orang gagap yang kesulitan untuk berbicara suatu kalimat yang cukup panjang.

Dengan menghindari kontak mata secara langsung dengan lawan bicara, dapat mengurangi ketegangan saat berbicara. Sehingga, mengurangi kegagapan saat mengucapkan kata ataupun kalimat.

Selain sepuluh hal diatas, anda juga patut mengetahui cara lain untuk menghilangkan kegagapan. Dengan demikian anda dapat memiliki banyak pilihan, sebagai metode yang cocok bagi anda untuk menghilangkan gagap.

Cara Menghilangkan Gagap Lainnya :

11. Menyembuhkan penyebabnya
12. Pikiran positif
13. Akupuntur
14. Merilekskan diri
15. Menyusun kata-kata

Kesulitan bertanya ataupun berpendapat tentu akan mempengaruhi komunikasi dengan orang lain. Untuk itu, lima belas cara menghilangkan gagap d iatas dapat anda lakukan guna memperoleh kemampuan berbicara yang lebih baik.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top