Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Akibat Cegukan Yang Harus Anda Waspadai

Uncategorized

15 Akibat Cegukan Yang Harus Anda Waspadai

Semua orang pasti pernah mengalami cegukan, termasuk dengan anda. Mungkin jika cegukan anda akan memiliki langkah pertolongan awal dengan minum air putih yang banyak. Cegukan memang sesuatu hal yang wajar dan bukan merupakan sebuah penyakit yang berbahaya. Namun, jika cegukan terjadi dalam waktu yang cukup lama meskipun sudah diberikan pertolongan pertama, maka anda harus segera check up ke dokter dan memeriksakan apa ada yang salah dengan tubuh anda dan mengetahui akibat cegukan tersebut.

Jangan sampai cegukan menjadi awal dari tumbuhnya penyakit-penyakit baru, anda perlu waspada dengan hal tersebut. Lalu apa sajakah akibat cegukan yang harus diwaspadai? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Akibat Cegukan, Penyebab Akibat Cegukan, Dampak Akibat Cegukan

1. Otot tegang

Cegukan yang terjadi dalam waktu lama akan mengakibatkan terjadinya ketegangan otot. Ketegangan otot tersebut terjadi di beberapa bagian tubuh, seperti perut, tenggorokan, dada, dan disekitar perut sampai tenggorokan, dan hal tersebut dapat menyebabkan seseorang menderita sesak napas. Jika cegukan terjadi lebih dari lima jam, maka penderita akan dapat mengalami gejala sesak nafas sehingga penderita tersebut akan agak kesusahan untuk bernafas.

2. Detak jantung terganggu

Akibat dari ketegangan otot dada, diafragma serta tenggorokan yang timbul dari cegukan juga dapat mengakibatkan detak jantung atau ritme denyut jantung terganggu. Jika seseorang mengalami cegukan yang terjadi selama lebih dari 24 jam, maka hal tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan jantung. Jantung akan dapat mengalami gangguan karena otot sedang berkontraksi hebat yang diakibatkan dari cegukan yang dialami penderita.

3. Malnutrisi atau kurang gizi

Seseorang yang mengalami cegukan dalam waktu yang lama juga dapat beresiko mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi. Hal ini dikarenakan saat mengalami cegukan yang lama, seseorang tidak dapat minum ataupun makan seperti biasanya, sehingga hal tersebut mengakibatkan tubuh tidak menerima nutrisi.

4. Metabolisme abnormal

Selain dapat malnutrisi atau kekurangan gizi, seeorang yang mengalami cegukan dalam waktu yang lama juga dapat mengalami gangguan sistem metabolisme. Hal ini dikarenakan saat cegukan terjadi maka pernasafasan juga terganggu sehingga akan menyebabkan tidak dapat terpenuhinya oksigen yang berguna untuk melangsungkan proses metabolisme tubuh.

Loading...

5. Insomnia

Cegukan dalam waktu yang lama juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami gangguan tidur atau insomnia. Karena pada saat cegukan, terjadi kontraksi diafragma di bagian dada yang akan menyebabkan penderita berada dalam kondisi yang tidak tenang sehingga tidur pun akan terganggu.

6. Gangguan pernafasan

Seperti yang sudah disinggung di poin-poin sebelumnya, seseorang yang mengalami cegukan maka juga akan dapat mengalami gangguan pernafasan. Kontraksi otot yang terjadi di bagian dada akan menyebabkan seseorang kesulitan mengatur nafas. Kondisi ini akan terus terjadi selama cegukan masih berlangsung.

7. Gangguan sistem saraf

Selain mengalami gangguan pernafasan, seseorang yang cegukan dalam waktu yang lama juga akan dapat mengalami gangguan sistem saraf. Gangguan sistem saraf pusat dapat berakibat fatal bagi seseorang karena dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis, seperti stroke, meningitis dan trauma otak.

8. Esofagitis

Esofagitis adalah peradangan yang dapat merusak jaringan kerongkongan dan tabung berotot yang menyalurkan makanan dari mulut ke perut. Esofagitis ini terjadi karena adanya refleks saat seseorang mengalami cegukan dalam waktu yang lama. Jika tidak segera ditangan secara medis, maka hal tersebut akan menimbulkan kondisi yang lebih parah.

9. Penyumbatan arteri

Cegukan yang terjadi dalam waktu yang lama memang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. cegukan dalam waktu yang lama juga dapat mengakibatkan penyumbatan arteri. Cegukan tentu dapat menganggu jalannya operasi, karena saat cegukan pembuluh arteri akan tersumbat. Sehingga harus menunggu cegukan selesai jika ingin meneruskan operasi.

10. Demam tinggi

Cegukan yang terjadi lebih dari 24 jam juga dapat mengakibatkan suhu tubuh seseorang menjadi tinggi. Yang lebih parah, kondisi ini dapat mengakibatkan kejang otot jika suhu tubuh terus meningkat. Untuk mengurangi suhu tubuh yang tinggi, orang tersebut dapat dikompres dengan air dingin hingga demamnya turun.

Baca Juga 12 Dampak Penyebab Penyakit Gula atau Diabetes

Selain 10 akibat cegukan yang harus diwaspadai di atas, ada lagi 5 akibat cegukan yang harus anda ketahui, antara lain:

5 Akibat Cegukan Lainnya:

11. Kerusakan saraf
12. Luka sulit sembuh
13. Kurangnya suplai oksigen ke dalam tubuh
14. Terganggunya aktivitas rutin
15. Menurunkan tingkat percaya diri saat berkumpul dengan rekan

Diatas itulah 15 akibat cegukan yang perlu anda waspadai. Anda dapat minum air putih yang banyak untuk menghilangkan cegukan, jika cegukan tetap terjadi dalam waktu yang lama, anda dapat berkonsultasi kepada dokter terdekat untuk mengetahui penyakit tersebut.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top