Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Bahaya Akibat Kelebihan Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

9 Bahaya Akibat Kelebihan Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh

Air kelapa sangat terkenal dapat menyegarkan dan rasanya sangat enak. Selain itu air kelapa juga mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Air yang diperoleh dari kelapa asli ini tidak hanya digunakan bahan utama minuman segar, namun juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti alergi, keracunan, demam berdarah, diare, serta masih banyak lagi manfaat lainnya. Namun air kelapa tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan, sebab akibat kelebihan air kelapa pada tubuh justru akan menyebabkan beberapa dampak buruk.

Air kelapa merupakan cairan yang mengandung banyak vitamin dan dapat menggantikan cairan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih lagi jika tubuh sedang kehilangan banyak cairan akibat beraktivitas sehari hari. Dalam mengonsumsi sesuatu tentu tidak boleh secara berlebihan. Berikut ini merupakan beberapa akibat kelebihan air kelapa.

1. Dapat menyebabkan diare

Akibat kebanyakan air kelapa yang dikonsumsi akan menyebabkan berbagai macam penyakit salah satunya yaitu diare. Air kelapa sangat rendah lemak sehingga sangat cocok dikonsumsi saat sedang diet tentu dalam porsi yang wajar. Namun apabila mengonsumsinya secara berlebihan justru akan menyebabkan feses menjadi sangat encer dan sering buang air besar. penyakit ini disebut diare.

2. Membahayakan kesehatan jantung

Air kelapa sangat kaya akan manfaat termasuk untuk mengatasi penyakit batu ginjal ringan. Namun apa bila seseorang akan memanfaatkan air kelapa untuk mengobati penyakit ginjal, sebelumnya harus berkonsultasi kepada dokter, sebab air kelapa dapat membahayakan organ jantung.

3. Dapat menyebabkan kejang otot

Air kelapa sangat tidak cocok digunakan sebagai bekal dalam perjalanan jauh. Pasalnya air kelapa yang diminum saat perjalanan jauh akan menyebabkan kejang otot dan cepat lelah bahkan jantung berdebar dengan kencang. Hal ini dikarenakan kandungan kalium pada kelapa sangat tinggi sehingga dapat menjadi pemicu kejang otot.

4. Mengganggu tekanan darah selama proses dan pasca operasi

Air kelapa merupakan minuman yang dapat menurunkan tekanan darah. Dengan mengonsumsi air kelapa, tekanan darah peminumnya akan mengalami gangguan apabila kamu hendak melakukan operasi. Sebaiknya apabila kamu memiliki jadwal operasi, maksimal kamu minum air kelapa 2 minggu sebelum operasi agar tidak terjadi gangguan tekanan darah saat operasi berlangsung.

Loading...

5. Dapat menurunkan tekanan darah

Air kelapa juga sangat tidak cocok diminum oleh penderita tekanan darah rendah. Kandungan yang terdapat dalam air kelapa memang sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah apabila kamu menderita hipertensi, namun apabila tekanan darah kamu sudah rendah dan tetap minum air kelapa akan membuat tekanan darah menjadi semakin rendah. Akibatnya kamu akan merasakan kesemutan, gampang lelah, pusing, dan lain sebagainya.

6. Dapat menyebabkan kegemukan

Banyak yang menggunakan air kelapa sebagai alternatif obat diet. Namun dengan mengonsumsi air kelapa tanpa diimbangi dengan aktivitas olahraga yang dapat membakar lemak tubuh akan menyebabkan seseorang kegemukan. Hal ini disebabkan air kelapa memiliki kalori yang sangat tinggi. Apabila kamu tidak melakukan gerakan yang dapat membakar kalori ini akan terjadi penumpukan kalori dalam tubuh yang dapat memicu kegemukan.

7. Kandungan asam amino air kelapa tidak dapat menggantikan susu

Meskipun air kelapa memiliki kandungan asam amino yang begitu tinggi, tetapi tetap saja tidak dapat menjadi minuman yang baik sebagai pengganti susu. Banyak yang salah menganggap bahwa asam amino dalam air kelapa cukup untuk kebutuhan tubuh, namun asam amino yang dikandung air kelapa masih kurang dan tidak setara dengan kandungan asam amino pada susu.

8. Memperkuat sistem imun

Memang zat mineral yang terdapat dalam air kelapa sangat tinggi, tetapi tetap saja tidak mampu memperkuat sistem imun dalam tubuh sebab sistem imunitas dalam tubuh sangat kompleks sehingga air kelapa sangat tidak cocok sebagai pelindung utama.

9. Mengurangi efek obat

Air kelapa yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menghambat penyerapan nutrisi yang dilakukan oleh organ pencernaan. Apabila kamu mengonsumsi obat tertentu, efek dari obat yang kamu minum akan berkurang.

Baca Juga 7 Dampak Bahaya Air Kelapa untuk Kesehatan

Itulah informasi tentang bahaya air kelapa apabila dikonsumsi secara berlebihan. Meskipun minuman air kelapa memiliki beberapa manfaat apabila dikonsumsi dalam jumlah wajar, namun apabila berlebihan akan menyebabkan beberapa kerugian bagi kesehatan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top