Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Akibat Kurang Olahraga bagi Kesehatan

Uncategorized

20 Akibat Kurang Olahraga bagi Kesehatan

Akibat Kurang Olahraga – Olahraga merupakan aktivitas yang wajib dilakukan oleh setiap orang untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Seseorang yang rajin melakukan olahraga biasanya memiliki kesehatan fisik yang kuat dan bentuk tubuh yang ideal. Namun apabila seseorang kurang olahraga akan mendapatkan gangguan kesehatan yang sangat mengganggu.

Mengingat banyak sekali kerugian yang diterima oleh seseorang yang kurang olahraga, sebaiknya kamu mulai melakukan olahraga secara rutin agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Bagi kamu yang penasaran tentang apa saja akibat dari kurang olahraga, berikut ini informasinya.

Akibat Kurang Olahraga

1. Berat badan tidak terkontrol

Salah satu akibat yang sering di rasakan apabila kurang olahraga yaitu berat badan menjadi tidak terkendali. Berat badan yang tidak terkendali dapat menyebabkan tubuh menjadi terlalu gemuk ataupun terlalu kurus.

2. Obesitas

Telah di jelaskan di atas bahwa kurang olahraga dapat menyebabkan seseorang mengalami kelebihan berat badan atau disebut obesitas. Hal ini dikarenakan tubuh yang kurang gerak tidak akan mampu membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi, akibatnya kalori menumpuk didalam tubuh dan membuat tubuh menjadi gemuk.

3. Badan menjadi kurang fit

Efek lainnya dari seseorang yang kurang berolahraga akan menjadi tubuh kurang fit. Padahal badan yang fit sangat berguna untuk menjalankan aktivitas sehari – hari. Ketika tidak fit tentu akan mengganggu kegiatan. Hal ini menyebabkan seseorang yang tidak memiliki badan yang tidak fit akan menyebabkan produktifitasnya menurun.

4. Daya tahan tubuh menurun

Olahraga juga berkaitan erat dengan metabolisme tubuh. Apabila seseorang sering melakukan olahraga secara rutin akan membuat metabolisme tubuh terjaga dengan baik. Metabolisme sendiri memiliki hubungan dengan daya tahan tubuh. Sebaliknya jika kamu jarang berolahraga akan menyebabkan metabolisme terganggu dan daya tahan tubuh menurun. Daya tahan tubuh yang rendah akan menyebabkan mudah terserang berbagai penyakit.

Loading...

5. Fungsi organ tubuh menurun

Efek atau akibat lainnya dari kurang olahraga yaitu akan menyebabkan penurunan fungsi organ tubuh terutama yang memiliki kelebihan berat badan. Fungsi organ vital seperti jantung yang tidak dimanfaatkan secara maksimal kapasitasnya dengan olahraga akan mengakibatkan mengurangi kinerja jantung.

6. Mudah lelah dan merasa lemas

Apabila kamu sering merasa lelah dan lemas, namun bukan merupakan gejala dari penyakit anemia. Mungkin saja lelah dan lemas ini merupakan akibat dari kekurangan olahraga. Fungsi olahraga sendiri yaitu dapat membugarkan tubuh dan meningkatkan metabolsime tubuh serta menjaga tubuh agar tetap fit dan apabila tidak pernah melakukan olahraga akan menyebabkan metabolisme melemah dan cepat lelah.

7. Nafsu makan memburuk

Berolahraga dengan rutin akan menyebabkan pola makan menjadi teratur. Berbeda dengan mereka yang jarang melakukan olahraga, biasanya cenderung memiliki pola makan yang tidak teratur dan hal ini akan mempengaruhi kondisi fisik terutama terhadap daya tahan tubuh dan berat badan.

8. Tenaga dan kekuatan tubuh berkurang

Olahraga tidak hanya dapat membakar kalori dan meningkatkan daya tahan tubuh, namun juga dapat membantu meningkatkan vitalitas. Seseorang yang kurang olahraga akan menyebabkan otot – otot tubuh menjadi tidak berdaya dan kekuatannya menurun.

9. Insomnia dan gangguan tidur

Banyak sekali yang mengatakan bahwa kurang berolahraga merupakan salah satu penyebab terbesar seseorang terkena insomnia atau kurang tidur. Seseorang yang tidak istirahat dengan cukup akan menyebabkan banyak kerugian seperti mudah mengantuk, bangun pagi tidak segar, nafsu makan berkurang, kesiangan, tidak produktif, metabolisme menurun, daya tahan menurun, dan masih banyak lagi.

10. Bentuk tubuh tidak proporsional

Kurangnya olahraga tidak hanya berdampak pada kesehatan bagian dalam, namun juga dapat mempengaruhi bentuk fisik seseorang. Seseorang yang kurang olahraga biasanya memiliki bentuk tubuh yang tidak ideal.

11. mengurangi semangat
12. sering malas beraktivitas
13. mudah terserang penyakit dan gangguan kesehatan
14. kalori menumpuk menjadi lemak
15. menghambat kerja tubuh
16. otot merasa kaku
17. cepat pegal

Kurangnya berola raga akan berdampak buruk bagi kesehatan dan mengakibatkan badan menjadi gemuk. Setelah melihat berbagai macam dampak dari kurang melakukan olahraga sebaiknya mulai untuk melakukan olahraga secara rajin. Banyak olahraga yang murah bahkan gratis, namun dapat membakar lemak dan kalori dengan cepat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top