Connect with us
close

Virtual.co.id

Dampak Berbahaya Jika Kebanyakan minum Air Putih

Uncategorized

Dampak Berbahaya Jika Kebanyakan minum Air Putih

Ada beberapa akibat terlalu banyak minum air putih, salah satunya mempengaruhi kinerja ginjal. Meski menyehatkan, tapi mengkonsumsi air putih harus dengan porsi dan aturan yang tepat. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, seluruh organ-organ tubuh memerlukan air putih, walau tidur sekalipun.

Air putih berperan penting untuk kelangsungan hidup kita, karena juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih setiap hari dengan porsi yang cukup. Jika tubuh kita kekurangan asupan air maka, bisa mengakibatkan dehidrasi dan penyakit lainnya.

Tetapi disamping semua manfaatnya, ternyata air putih juga menyimpan bahaya kalau meminumnya secara berlebihan. Mulai saat ini sebaiknya kamu perbaiki cara minum air putih untuk tubuh. Sebab, apabila kelebihan akan timbul beberapa dampak berbahaya seperti di bawah ini.

Bahaya minum air putih berlebihan

Ketahui beberapa akibat terlalu banyak minum air putih yang terjadi pada tubuhmu. Sehingga, membuatmu lebih waspada dan tidak sembarangan lagi dalam mengasup minuman bagi tubuh. Inilak efeknya untuk kesehatan tubuh :

Hiponatremia
Mungkin kata hiponatremia terasa asing bagimu. Hiponatremia adalah suatu keadaan dimana kadar natirum atau garam terlalu rendah. Kondisi ini diakibatkan oleh overdehidrasi yakni kebanyakan mengkonsumsi air putih ketika terasa haus berlebihan (polidipsia). Umumnya, dapat terjadi saat olahraga atau ketika beraktivitas berat.

IMMDA atau International Marathon Medical Directors Association menganjurkan sebaiknya setiap manusia minum air putih secukupnya saja yaitu sekitar 0.03 liter perkg dari bobot tubuhnya. Semisal, berat badan 50 kg, dianjurkan untuk minum air putih tidak lebih dari 1.5-2 liter setiap hari.

Loading...

Merusak ginjal
Akibat jika terlalu banyak minum air putih yang kedua adalah merusak ginjal. Ginjal termasuk salah satu organ terpenting dalam tubuh. Ginjal berguna sebagai penyaring cairan yang masuk ke dalam tubuh dan berperan dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Jika tubuh kebanyakan memperoleh asupan air, tentu membuat kinerja ginjal menjadi lebih keras untuk menyaring air melalui glomerulus.

Glomelurus ini akan rusak kalau terlalu lelah saat bekerja menyaring air yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh. Kamu harus tahu bahwa organ-organ dalam tubuh memerlukan waktu istirahat juga. Apabila setiap hari terlalu keras bekerja tentu bisa menyebabkan fungsinya lemah dan terganggu. Sama halnya dengan mesin yang lebih cepat rusak kalau dimanfaatkan secara berlebihan.

baca juga : Inilah Alasan Bahaya Makan Dan Minum Sambil Berdiri

Pembengkakan sel tubuh
Pembengkakan sel tubuh bisa terjadi akibat terlalu banyak minum air putih. Kalau tubuh kelebihan cairan kekentalan darah dalam tubuh akan berubah. Berubahnya tingkat kekentalan darah ini bisa menurunkan kadar sodium atau garam dalam tubuh. Sehingga, menganggu aliran darah di seluruh tubuh. Kondisi itu mengakibatkan terjadinya pembengkakan sel-sel tubuh.

Pembengkakan sel-sel tubuh akan membuat seseorang mengalami kejang-kejang, pingsan bahkan koma dan yang terakhir berujung pada kematian.

Kamu perlu memperhatikan saat tubuh benar-benar membutuhkan cairan dan hitung juga berapa banyak asupan air untuk tubuhmu. Terkecuali apabila kamu sedang sakit, yang disarankan oleh dokter untuk minum lebih banyak air.

Setelah menyimak ulasan di atas, sekarang kamu tahu bahayanya akibat terlalu banyak minum air putih. Kamu bisa membaca ulasan kami tentang Hitung Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh Menurut Berat Badanmu. Jagalah semua asupan gizi dan cairan dalam tubuhmu agar hidup bahagia dan dapat menikmati hidup lebih lama lagi dengan orang-orang terkasih.    

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top