Connect with us
close

Virtual.co.id

Alasan Mengapa Harus Sarapan Sebelum Jam 9 Pagi

Uncategorized

Alasan Mengapa Harus Sarapan Sebelum Jam 9 Pagi

Kamu memang harus mengetahui alasan mengapa harus sarapan sebelum jam 9 pagi. Ternyata banyak manfaat bagi kesehatan tubuh bila dibandingkan dengan sarapan diatas jam 9 pagi. Sarapan memang sangat penting untuk memberikan energi dan semangat dalam beraktivitas. Maka dari itu kamu tidak boleh melewatkan sarapan walau sesibuk apapun.

Saat sarapan kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang ringan untuk organ pencernaan. Makanan berserat tinggi dengan protein yang cukup dan kadar lemak rendak adalah menu sarapan yang tepat. Manfaat sarapan yakni menutrisi otak yang membuat seseorang mudah berkonsentrasi dan fokus pada apa yang dilakukannya. Selain itu, sarapan juga bermanfaat dalam mengontrol berat badan.

Setiap orang mempunyai menu sarapan sendiri dan setiap daerah juga berbeda-beda. Tapi, sebagai manusia yang peduli terhadap kesehatan, sebaiknya kamu memperhatikan asupan gizi yang kamu konsumsi ketika sarapan. Untuk kali ini mari kita bahas alasan mengapa harus sarapan sebelum pukul 9 pagi. Simak yuk ulasannya!

Inilah alasan dibalik sarapan di bawah jam 9 pagi

Waktu makan pagi atau sarapan ini dimulai dari jam 6-10 pagi. Yang paling baik adalah kita sarapan sebelum pukul sembilan, tapi mengapa? Berikut alasannya :

Mengontrol gula darah
Menurut pakar kesehatan, satu jam sebelum memulai aktivitas, kadar gula darah menurun. Untuk dapat mencegah penurunan kadar gula darah berlebihan, diperlukan nutrisi yang bisa diperoleh dari sarapan pagi.

Mencegah diabetes atau kencing manis
Makan pagi sebelum jam 9 mampu menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh sampai makan siang. Apabila tubuh kamu biarkan kosong dan baru diisi lebih dari jam 9 pagi maka akan menyebabkan naiknya kadar gula darah. Kalau kebiasaan ini terus-menerus dilakukan, tentu menimbulkan penyakit diabetes yang sulit diobati itu.

Loading...

Mencegah makanan berlebihan
Alasan mengapa harus sarapan sebelum jam 9 salah satunya untuk mencegah konsumsi makanan berlebih. Ketika perut sudah terisi dengan menu sarapan maka, rasa ingin nyemil menjadi berkurang. Hal ini akan mengurangi asupan makanan kecil yang tak terasa banyak ketika dikonsumsi. Berarti manfaat sarapan yang kamu dapatkan adalah terhindar dari obesitas. Jadi, biasakan makan pagi ya!

Terhindar dari penyakit maag
Jika perut kosong dan dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan lambung bekerja lebih keras. Kondisi ini membuat asam lambung tinggi dan menimbulkan penyakit maag. Sarapan merupakan solusi efektif untuk menghindarkanmu dari sakit maag yang sulit disembuhkan.

Tubuh bisa memproduksi energi secara maksimal
Asupan nutrisi yang terpenuhi di pagi hari, membuat tubuh bisa menghasilkan energi yang optimal untuk beraktivitas. Sehingga, kamu akan semangat dalam menjalani semua kegiatan sehari-hari. Itulah alasan kita dianjurkan sarapan sebelum jam 9 pagi.

baca juga : Inilah Pola Hidup Sehat Untuk Pasien Kanker Agar Tidak Menyebar

Mengurangi lemak perut
Merampingkan perut termasuk alasan mengapa harus sarapan sebelum jam 9 pagi, jika dilakukan secara rutin. Dengan sarapan akan membantu tubuh dalam mengurangi lemak di daerah perut. Karena kebiasaan yang menjadikan kita gemuk adalah nyemil. Nah, nyemil ini mengakibatkan tumpukan lemak di perut.

Meningkatkan daya pikir
Apabila kamu ingin mempunyai otak fresh dan daya pikir meningkat, maka sarapanlah sebelum beraktivitas. Penelitian menunjukkan, anak-anak yang rutin melakukan sarapan sebelum berangkat ke sekolah mempunyai daya pikir lebih tinggi daripada anak yang tidak sarapan. Itulah termasuk manfaat sarapan sebelum jam 9 pagi.

Itulah manfaat sarapan dan alasan mengapa harus sarapan sebelum jam 9 pagi untuk kesehatan tubuhmu. Mulai sekarang jangan pernah tidak sarapan pagi. Perlu kamu ketahui makan pagi tidak harus selalu nasi ya! Kamu dapat mengganti nasi dengan karbohidrat lainnya seperti jagung, sereal dan roti. Paling penting adalah tubuh terisi dengan asupan gizi yang cukup.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top