Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Penyebab Utama Badan Terasa Dingin Tapi Tidak Demam

Uncategorized

13 Penyebab Utama Badan Terasa Dingin Tapi Tidak Demam

Badan terasa dingin tapi tidak demam biasanya merupakan sebuah reaksi dari tubuh yang tidak siap menerima suhu rendah dari luar tubuh. Hal ini tidak dapat di biarkan begitu saja karena akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu badan dingin seperti demam bisa juga sebagai tanda seseorang mengalami penyakit jantung, gangguan tiroid, diabetes, berkurangnya massa otot, anemia, bahkan pertanda kanker. Berikut ini merupakan beberapa penyebab badan terasa panas tapi tidak demam.

Badan Terasa Dingin Tapi Tidak Demam, Penyebab Badan Terasa Dingin Tapi Tidak Demam, Gejala Badan Terasa Dingin Tapi Tidak Demam

1. Dehidrasi

Sudah bukan merupakan hal yang asing bahwa manusia terdiri dari sebagian besar air bahkan ada yang mengatakan bahwa 60% bagian manusia adalah air. Seseorang memerlukan asupan cairan yang cukup agar dapat menjaga kondisi suhu tubuh meskipun berada di suhu sekitar yang sangat dingin. Apabila cairan tubuh kurang dari yang dibutuhkan maka tubuh tidak mampu untuk menghalau suhu dingin dari luar. Sehingga seseorang akan merasakan badan terasa dingin tapi tidak demam.

2. Badan terlalu kurus

Seseorang yang terlalu kurus biasanya akan mudah merasa dingin namun tidak demam. Badan yang terlalu ringan bisa dikarenakan badan kekurangan asupan zat protein, karbohidrat, dan lemak. Apabila seseorang kekurangan asupan nutrisi ini dengan jangka waktu yang panjang maka akan kesulitan untuk mempertahankan keadaan tubuh tetap hangat. Cara untuk mencegahnya yaitu dengan cara mencukupi asupan gizi termasuk lemak jenuh.

3. Alkohol

Alkohol merupakan minuman yang sangat berbahaya dikonsumsi oleh setiap orang. Biasanya orang yang meminum alkohol akan menerima reaksi yang berbeda tiap orangnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan dalam alkohol akan meracuni orang vital tubuh seperti organ pencernaan yang akan menyebabkan keseimbangan tubuh menurun.

4. Kelelahan

Tubuh seseorang memiliki batasan dalam melakukan kegiatan yang berat dan melelahkan. Apabila seseorang terlalu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas berat sehingga menyebabkan kelelahan, hal ini akan menimbulkan reaksi badan terasa dingin  dengan cepat. Sebaiknya lakukan kegiatan semampu kamu dan apabila ingin menambah intensitas pekerjaan lakukan secara perlahan.

Loading...

5. Cuaca ekstrem

Cuaca ekstrem seperti suhu yang sangat dingin juga merupakan penyebab utama tubuh merasa dingin. Cuaca dingin biasanya menimbulkan hawa yang sejuk dan mampu masuk kedalam tubuh melalui rongga kecil hidung ataupun mulut. Apabila suhu disekitar berubah secara drastis dari panas ke dingin, sebaiknya minum minuman hangat yang dapat membantu kamu mencegah tubuh merasa dingin.

6. Stress berat

Stress sangat wajib untuk dihindari karena tidak stabilnya kondisi psikologis akan menyebabkan aliran darah terpengaruh. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh tidak dapat mempertahankan suhu hangat tubuh sehingga badan akan terasa dingin. oleh sebab itu lakukan kegiatan yang dapat menghindarkan kamu dari stress.

7. Perut kosong

Sebaiknya jangan sampai biarkan perut lapar dalam waktu yang lama, hal ini akan menyebabkan tubuh tidak dapat mempertahankan keadaan hangat didalamnya. Selain itu kondisi perut yang sangat lapar akan menyebabkan kondisi asam lambung meningkat dan akan menyebabkan gangguan sistem pencernaan dan menurunkan keseimbangan tubuh.

8. Alergi

Gigitan serangga, sengatan atau bulu dari hewan tertentu dapat menyebabkan alergi yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Racun dari hewan tersebut akan masuk kedalam sistem peredaran darah sehingga tubuh tidak mampu untuk menghalau suhu dingin dari luar dan tubuh akan merasa dingin.

9. Infeksi yang meradang

Penyebab tubuh merasakan dingin namun tidak demam juga dapat disebabkan oleh luka pada bagian luar maupun dalam yang dapat menyebabkan infeksi. Virus dan bakteri yang masuk kedalam luka akan menyebabkan kondisi kekebalan tubuh menurun sehingga tidak dapat mempertahankan suhu hangat.

10. Keracunan

Makanan yang telah terkontaminasi dengan bakteri dan virus tertentu akan mencemari darah manusia dan akan menyebabkan organ – organ di dalam tubuh mengalami cedera. Kondisi inilah yang menyebabkan pertahanan tubuh melemah sehingga badan terasa dingin tapi tidak demam

Baca Juga 14 Cara Penyembuhan Toxoplasma Secara Alami dan Aman

3 Penyebab Badan Terasa Dingin Tapi Tidak Demam Lainnya:

11. Obat – obatan
12. Faktor usia
13. Kurang Kalsium

Itulah 13 penyebab utama badan terasa dingin tapi tidak demam. Sudah sebaiknya apabila sakit lebih dari 3 hari segera periksakan ke dokter. Hal ini akan mengetahui sejak dini penyakit yang menyerang penderita. Bisa saja suhu tubuh yang dingin merupakan gejala awal dari penyakit berbahaya lainnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top