Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya Air Raksa untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

15 Bahaya Air Raksa untuk Kesehatan Tubuh

Penggunaan air raksa sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan adanya bahaya air raksa untuk kesehatan tubuh. Air raksa merupakan jenis kimia merkuri yang termasuk ke dalam kategori senyawa berbahaya. Senyawa yang satu ini meruakan jenis senyawa yang dapat merusak tubuh ketika tersentuh atau terhirup langsung. Itulah mengapa aturan dalam penggunaan air raksa perlu menggunakan peralatan keamanan seperti maske dan sarung tangan.

Bahaya air raksa sendiri bisa muncul dari berbagai cara. Mulai dari udara jika dihirup, dari konsumsi jika tertelan, sentuhan ke mata, dan juga jika terkena kulit tubuh. Ada banyak pencegahan untuk menghindari efek dari air raksa. Selain menggunakan masker dan sarung tangan, sebaiknya Anda juga banyak mengonsumsi air ketika zat ini tidak sengaja tertelan, dan membasuh mata dengan air ketika menyentuk mata.

15 Bahaya Air Raksa untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda bisa lebih waspada, berikut ini kami sajikan bahaya air raksa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Gangguan pernapasan

Air raksa yang dihirup terlalu banyak akan memicau banyak gangguan pernpasan. Senyawa kimia yang satu ini juga cukup berbahaya jika terhirup oleh paru-paru. Anda bisa mengalami sesak napas sampai dengan kesehatan paru-paru yang menurun.

2. Batuk

Gejala gangguan kesehatan lainnya jika terlalu banyak menghirup air raksa yaitu batuk. Bau senyawa ini yang menyebar ke udara dapat membuat saluran tenggorokan Anda terganggu sehingga menimbulkan batuk.

3. Depresi

Bahaya air raksa ternyata juga dapat membuat Anda mengalami depresi. Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa air raksa yang mempengaruhi syaraf di tubuh yang terhubung ke otak. Depresi dan stress  bisa muncul dengan mudah.

Loading...

4. Penyakit jantung

Kesehatan tubuh yang terganggu dengan air raksa salah satunya adalah bagian jantung di tubuh Anda. Hal ini bisa muncul jika Anda tidak sengaja menelan senyawa kimia ini dan tidak ditangani segera secara langsung.

5. Gangguan tidur

Air raksa yang terhirup juga dapat membuat Anda mengalami gangguan tidur yang serius. Anda tidak akan bisa beristirahat dengan mudah dan kemungkinan besar bisa terserang penyakit susah tidur atau insomnia.

6. Gangguan asam lambung

Jika Anda tidak sengaja menelan air raksa dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, gejala yang mungkin akan Anda terima yaitu berkaitan dengan lambung. Asam lambung Anda akan naik dan memicu penyakit maag.

7. Keracunan

Air raksa yang tertelan tentu saja juga akan membuat Anda mengalami keracunan. Kenalilah gejala keracunan seperti mual, muntah, dan juga pusing. Segeralah pergi ke dokter jika gejala keracunan ini muncul di tubuh Anda.

8. Sakit kepala

Bau air raksa yang cukup menyengat dapat memicu rasa sakit di bagian kepala. Hal ini akan mudah terjadi jika Anda mempunyai syaraf yang memang tidak kuat untuk menerima bau yang keras seperti air raksa.

9. Merusak ginjal

Ginjal Anda juga akan mengalami banyak kerusakan jika Anda tidak sengaja menelan air raksa. Senyawa kimia yang ada dalam air ini dapat memicu penyakit ginjal dan membuat ginjal Anda mengalami penurunan fungsi.

10. Radang otak

Kerusakan tubuh yang cukup parah akibat air raksa bisa menyerang bagian otak Anda. Salah satu penyakitnya yaitu terjadi peradangan di otak. Otak Anda tidak akan berfungsi dengan baik dalam menerima respon tubuh.

Baca Juga: 10 Bahaya Nikotin Rokok untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya air raksa untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 5 bahaya lainnya:

5 Bahaya Air Raksa untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Mengganggu kesuburan
12. Gangguan mental
13. Kerusakan paru-paru
14. Alergi kulit
15. Tremor

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya air raksa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top