Connect with us
close

Virtual.co.id

7 Bahaya Akibat Dari Kekurangan HDL Kolestrol Pada Tubuh

Uncategorized

7 Bahaya Akibat Dari Kekurangan HDL Kolestrol Pada Tubuh

HDL Kolestrol pada dasarnya merupakan zat atau juga komponen yang sangat perlu dalam tubuh agar tetap sehat. Kolestrol dalam tubuh tidak selalu mengarah ke arah yan buruk dan tidak menyehatkan tubuh, faktanya dengan hadirnya beberapa kolestrol baik bisa membantu tubuh lebih kuat dan bugar. Kolestrol juga tidak selamanya didapat dari luar tubuh tapi bisa di buat juga oleh tubuh. Bagian tubuh seperti hati atau sel-sel lainnya membentuk 75% kolestrol dalam tubuh.

Bahaya Akibat Dari Kekurangan HDL Kolestrol

Untuk 25% lainnya, itu didapat dari luar tubuh yaitu makanan yang Anda telan. Kolestrol di bedakan menjadi dua golongan yaitu HDL Kolestrol baik dan LDL kolestrol jahat. LDL ini lah yang menjadi biang kerok banyak penyakit yang ujung-ujung nya memicu pada serangan jantung. Di artikel ini, Anda akan dijelaskan beberapa akibat dari kekurangan HDL Kolestrol yang buruk bagi kesehatan tubuh.


Mengenal HDL

HDL, atau high density lipoprotein adalah zat protein yang ada pada plasma darah dengan fungsi memperbaiki kerusakan dan menurunkan kolestrol dalam tubuh. HDL ini juga membantu dalam menjaga agar LDL tidak menyumbat arteri. Saat tubuh memiliki HDL yang sehat sekitar 20 sampai dengan 30 persen kolestrol total, kondisi tersebut bisa membantu dalam melindungi tubuh dari tumpukan plak daerah arteri yang bisa mengakibatkan jantung dan penyakit stroke.

Wanita memiliki HDL tinggi dari pada laki-laki. Ahli menyebutkan batas rendah HDL untuk wanita mencapai 50mg/dl. Untuk HDL rendah pria adalah 40 mg/dl. Beberapa factor utama bisa mengakibatkan tingkat HDL rendah pada tubuh orang, beberapanya adalah kurang olahraga, kegemukan, dan perokok aktif. Beberapa penyakit akibat kekurangan HDL Kolestrol dalam tubuh:

1. Darah Beku

Karena tingkat HDL Kolestrol dalam tubuh rendah, bisa menyebabkan pembekukan darah. Hal ini bisa terjadi di arteri carotid serta coroner yang berakibat peningkatan resiko jantung dan stroke. Maka dari itu, saat tubuh tak memiliki kadar HDL Kolestrol yang tinggi, akan sama resikonya dengan HDL Kolestrol yang terlalu tinggi.

2. Plak Pada Arteri

Saat orang memiliki HDL Kolestrol yang rendah, kondisi ini bisa menyebabkan pembuangan HDL Kolestrol dalam darah menjadi sedikit terhambat. Hal ini bisa berakibat pembentukan plak pada arteri terhembas prosesnya. Terbentuknya plak arteri berpotensi menghambar darah ke organ tubuh lainnya seperti jantung, otak, ginjal dan lainnya.

Loading...

3. Inflamasi (Peradangan)

Inflamasi atau peradangan atau juga disebut sebagai pendarahan dalam organ. Hal ini tak bisa di biarkan terlalu lama karena bisa menyebabkan gangguan fisik pada organ dalam akibat plak pada pembuluh darah arteri yang terakumulasi. Bisa terjadi karena kekurangan HDL Kolestrol dalam tubuh yang sangat penting dalam mencegah peradangan seperti ini.

4. Pecah Pembuluh Darah

Pendarahan internal bisa terjadi karena pecahnya pembuluh darah. Pusatnya adalah karena tingkat HDL Kolestrol yang rendah sehingga menggangu lancarnya peredaran sel-sel darah merah serta darah putih ke organ lainnya. Sel-sel ini kemudian terjebak di daerah yang mengalami pendarahan dan ujungnya terjadilah pendarahan internal.

5. Aterosklerosis

Tidak hanya arteri yang mengalami dampak terkena tumpukan plak yang bisa menyumbat kapan pun, tetapi HDL Kolestrol yang terus rendah bisa menyebabkan daerah tersebut mengalami pengapuran atau bahasa medisnya aterosklrerosis. Penyakit ini bisa terjadi karena kekurangan HDL Kolestrol dalam tubuh. Untuk mengatasinya, mengkonsumsi makanan dengan HDL Kolestrol tinggi bisa membantu meringankan.

6. Disfungsi Ereksi

Organ kardiovaskural tidak hanya terkena efek dari HDL Kolestrol yang rendah pada tubuh, tapi efek negative itu bisa juga mengenai organ dalam tubuh lainnya seperti kelamin pada pria. Hal ini bisa menjadi penyebab ketidakpuasan pasangan melakukan seks, bahasanya adalah terjadi disfungsi ereksi.

7. Lelah Fisik

Meski tidak terlalu berarti, HDL Kolestrol yang terlalu rendah bagi tubuh bisa menyebabkan lelah pada fisik. Salah satu alasannya adalah karena tubuh mengalami tekanan dalam menghadapi setiap permasalan diatas.

Baca juga: 12 Hal Penyebab Kepala Berkeringat Banyak yang Perlu Diketahui

Kekurangan HDL Kolestrol pada tubuh sangat berbahaya. Hal ini juga berarti pada kelebihan HDL Kolestrol yang juga sangat berbahaya. Semuanya memerlukan takaran pas demi menjaga asupan gizi dan nutrisi dalam tubuh tetap stabil.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top