Connect with us

Virtual.co.id

9 Bahaya Akibat Kekurangan Gizi Bagi Bayi dan Anak-Anak

Uncategorized

9 Bahaya Akibat Kekurangan Gizi Bagi Bayi dan Anak-Anak

Akibat kekurangan gizi pada balita, orang dewasa dan anak-anak tidak boleh Anda hiraukan begitu saja. Tetap saja, hal ini bisa berakibat buruk pada si penderita. Tanpa sehat, orang dewasa pun tidak bisa melakukan aktivitasnya sehari-hari. Untuk itu, pemenuhan zat gizi dan nutrisi yang harus dipenuhi dalam tubuh harus Anda lakukan.

 Bahaya Akibat Kekurangan Gizi Bagi Manusia

Anak-Anak atau bayi rentang terkena penyakit dan kurangnya tenaga. Hal ini sangat tidak baik untuk perkembangannya mendatang. Makanan yang sehat dapat Anda temukan dalam makanan 4 sehat dan 5 sempurna dimana semuanya adalah makanan yang sangat di anjurkan untuk semua umur. Beberapa macam gizi, akibat kelebihan dan kekurangan serta pengaruhnya sangat perlu untuk Anda ketahui agar menjadikan ilmu ini sebagai patokan sehat Anda. Berikut ini adalah akibat kekurangan gizi pada tubuh manusia khususnya balita dan anak-anak.

1. KEP, Kekurangan Energi dan Protein

Akibat yang dihasilkan dari kekurangan energy dan protein sangat banyak, salah satunya adalah mengganggu aktivitas karena kurangnya energy dan membuat tubuh menjadi sangat lemah karena kurangnya kandungan penting seperti protein. Semua itu sangat berbahaya dan Anda tidak ingin mengalaminya bukan? Untuk itu, makanan dengan energy dan protein yang cukup sangat perlu untuk Anda konsumsi.

2. KVA, Kekurangan Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu vitamin tunggal yang sangat bermanfaat untuk tubuh, khususnya bagian organ tubuh mata. Bagi balita dan anak-anak, vitamin A sangat di butuhkan dan menjadi salah satu asupan gizi wajib bagi balita yang di sediakan dalam posyandu. Beberapa bahaya dan efek buruk dari kekurangan vitamin A adalah terjadi pada perubahan mata, kulit dan beberapa bagian tubuh lainnya. Tidak hanya memerlukan vitamin A, balita dan anak-anak serta orang dewasa juga memerlukan vitamin lain seperti B, C, D dan K.

3. Anemia Gizi, Akibat Kekurangan Zat Besi

Zat besi dapat membantu pertumbuhan tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk ibu hamil, zat ini sangat penting untuk dikonsumsi karena juga di perlukan untuk janin. Beberapa akibat dari kekurangan gizi zat besi terjadi pada kondisi tubuh yang semakin melemah, perubahan pada kulit, dan gangguan pada aliran darah. Kurangnya zat besi pada tubuh juga bisa mengakibatkan anemia secara kronis dan hal itu sangat berbahaya. Jika Anda mengalami gangguan seperti itu, maka cepat lah mengambil tindakan dengan cara memeriksakan diri pada dokter ahli.

4. Akibat Kurangnya Yodium Dalam Tubuh

Yodium memiliki sangat banyak fungsi yang berguna dalam tubuh seperti membantu menjaga kelenjar tiroid sehingga tak semua orang akan terkena resiko penyakit kanker tiroid. Selain itu, masih banyak manfaat yang diberikan oleh kandungan yodium seperti membantu dalam mengobati dan mencegah gondok, membantu dalam mengatasi stroke dan banyak lainnya.

Loading...

5. Menganggu Pertumbuhan

Pertumbuhan pada bayi dan anak-anak di tunjang oleh banyaknya gizi dan nutrisi yang masuk padanya. Jika kekurangan, tentu akan mengakibatkan tidak kesetabilan dan akhirnya membuat mereka terkena penyakit kekurangan gizi.

6. Kurangnya Tenaga

Tenaga bisa Anda dapatkan dari kalori, karbohidrat bahkan lemak. Namun semuanya tak akan lengkap tanpa adanya nutrisi penting seperti vitamin dan zat lainnya yang akan membantu dalam melelehkan kalori tersebut menjadi tenaga yabg akan di gunakan untuk bergerak dan segala macam.

7. Daya Tahan Menurun

Dengan kurangnya gizi, daya tahan tubuh akan menurun drastic dan mengakibatkan masuknya alergi, virus dan bakteri yang ujung-ujungnya bisa membuat berbagai penyakit seperti flu, batuk dan diare.

8. Fungsi Otak Terganggu

Otak adalah organ tubuh yang penting dan harus memiliki banyak asupan gizi dan nutrisi. Beberapa hal yang bisa mengakibatkan fungsi otak terganggu adalah kurangnya gizi dan akhirnya berakibat cacat mental dan kebodohan pada si penderita.

9. Perubahan Prilaku

Hal ini bisa terjadi karena kurangnya gizi penting yang mengalir ke otak dan mengganggu system saraf pada otak. Hal ini bisa berakibat buruk pada prubahan prilaku karena beberapa hal seperti misalnya rasa lapar yang membuat emosi tak stabil.

Baca juga: 16 Hal yang menjadi Penyebab Sesak Nafas

Untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi, Anda setidaknya mengerti betul arti dari kurangnya gizi pada tubuh agar lebih ekstra dalam meningkatkan mutu kehidupan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top
%d bloggers like this: