Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin B Kompleks

Uncategorized

10 Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks adalah salah satu vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Vitamin B Kompleks sendiri memiliki banyak macam, diantaranya adalah vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12 yang semuanya memiliki nama nya masing-masing, seperti B7 dengan nama biotin. Nah, itulah yang dinamakan Vitamin B Kompleks, dimana vitamin B tunggal yang memiliki cabang-cabang lagi. Vitamin B Kompleks sendiri memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh.
Loading...
Vitamin B Kompleks ini ditemukan di banyak makanan seperti makanan dari hewani dan nabati. Kekurangan Vitamin B Kompleks bisa menyebabkan berbagai penyakit serius yang bisa terjadi pada tubuh. Begitu juga sebaliknya, kelebihan Vitamin B Kompleks dalam tubuh juga bisa menyebabkan berbagai penyakit serius dalam tubuh. Pada artikel ini, Anda akan di jelaskan bahaya akibat kekurangan Vitamin B Kompleks pada tubuh.

1. Gangguan Pada Kulit

Kandungan Vitamin B Kompleks sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan kulit. Dengan kurangnya Vitamin B Kompleks dalam tubuh bisa membuat gangguan pada kulit, mulai dari yang ringan sampai dengan paling berat. Beberapanya adalah masalah pada kulit kepala seperti kulit kering. Tidak hanya kulit kepala saja, masalah kulit akibat kekurangan Vitamin B Kompleks juga bisa mengenai daerah lain.

2. Lelah Berlebihan

Vitamin B Kompleks adalah vitamin yang mengandung banyak gizi dan nutrisi penting untuk menambah tenaga. Selain itu, dengan hadirnya Vitamin B Kompleks dalam tubuh bisa membuat pembakaran lemak, kalori, karbohidrat lebih cepat dan menjadi tenaga sehingga tak menimbulkan lelah berlebihan.

3. Bayi Lahir Cacat

Vitamin B Kompleks adalah vitamin yang baik untuk bayi. Beberapa alasan kuat bayi dapat lahir cacat adalah kurangnya asupan Vitamin B Kompleks yang diterimanya selama masih janin. Untuk itu, para ibu hamil di himbau agar tetap menjaga gizi dan nutrisi khususnya Vitamin B Kompleks ini.

4. Beri-Beri

Penyakit ini adalah penyakit karena kurangnya Vitamin B Kompleks dalam tubuh. Bisa terjadi karena kurangnya vitamin B1 yang bisa memicu penyakit beri-beri. Selain itu,B1 juga bermanfaat dalam menyeimbangi air dalam tubuh, khususnya penyerapan air lemak dari usus.

5. Anemia

Penyakit ini bisa terjadi akrena kurangnya vitamin B dalam tubuh. Si penderita akan terkena penyakit anemia atau kurang darah. Tidak hanya itu, kurangnya Vitamin B Kompleks khususnya vitamin B3 bisa menyebabkan gangguan pada aliran darah.

6. Katarak

Katarak adalah salah satu penyakit berbahaya yang berdampak pada mata si penderita. Hal ini karena kurangnya Vitamin B Kompleks dalam tubuh khususnya vitamin B2. Selain itu, Vitamin B Kompleks ini bisa membantu saraf pada mata, oksidasi zat agar lebih lancar dan lainnya.

7. Sembelit

Gangguan yang terjadi pada perut. Hal ini terjadi karena kurangnya Vitamin B Kompleks meski sebenarnya masih ada hal lain yang bisa menyebabkan gangguan pada perut khususnya sembelit, salah satunya adalah penyumbatan system pencernaan dalam perut.

8. Pernisiosa

Penyakit ini adalah penyakit anemia yang sudah sangat parah, hal itu akan memicu hadirnya pernisiosa. Penyakit ini bisa saja menyerang seseorang jika si penderita kurang dalam mengkonsumsi makanan dengan kandungan Vitamin B Kompleks yang banyak. Untuk itu, dengan mengkonsumsi makanan Vitamin B Kompleks akan dapat membantu dalam mengatasi penyakit ini.

9. Kebingungan

Sering melamun dan bingung? Biasanya hal ini disebabkan karena kurangnya kandungan Vitamin B Kompleks dalam tubuh. Hal ini karena Vitamin B Kompleks sangatlah bagus untuk otak dan meningkatkan fokus serta daya ingat. Selain itu, Vitamin B Kompleks juga bisa membuat pikiran lebih fresh.

10. Kebodohan

Vitamin B Kompleks adalah zat penting yang baik untuk otak. Hal ini juga bisa meningkatkan daya ingat otak dan menyegarkan otak dan menghindarkan diri dari rasa cemas yang terlalu berlebihan.
Kekurangan Vitamin B Kompleks dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai penyakit yang telah di bahas tersebut, begitu juga sebaliknya karena berlebihan Vitamin B Kompleks malah bisa membuat asupan gizi dan nutrisi lainnya menjadi terganggu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top