Connect with us
close

Virtual.co.id

6 Bahaya Akibat Kekurangan Zat Besi dan Magnesium

Uncategorized

6 Bahaya Akibat Kekurangan Zat Besi dan Magnesium

Zat Besi dan Magnesium merupakan dua zat yang sangat penting untuk tubuh dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Zat besi membantu dalam beberapa hal penting seperti membawa oksigen dalam tubuh, berguna dalam membentuk hemoglobin, meningkatkan kinerja otot pada tubuh, meningkatkan kecerdasan serta membantu dalam mengendalikan atau meng setabilkan suhu pada tubuh.

Bahaya Akibat Kekurangan Zat Besi dan Magnesium

Magnesium adalah zat yang sama pentingnya dengan zat besi. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari magnesium adalah membantu kesehatan tulang, sangat baik untuk masa kehamilan, menjaga kesehatan jantung, mengatasi sembelit, mengatasi gula dalam darah, dan mengatasi gangguan pikiran seperti mental down, stress dan depresi. Berikut ini adalah bahaya akibat kekurangan Zat Besi dan Magnesium pada tubuh.

1. Osteoporosis

Magnesium merupakan zat yang penting dalam tubuh khususnya tulang dan gigi. Hal ini karena Zat Besi dan Magnesium adalah zat penting untuk tulang dalam menumbuhkan sel-sel tulang. Selain kalsium, Zat Besi dan Magnesium adalah salah satu zat pendukung yang sangat baik untuk tulang dan gigi. Osteporosis adalah kondisi tulang yang telah rapuh. Biasanya terjadi para orang yang sudah tua namun dalam beberapa kasus khusus, osteoporosis bisa saja terjadi pada ornag yang masih muda, salah satu penyebabnya adalah kekurangan Zat Besi dan Magnesium dalam tubuhnya.

2. Kram Pada Otot

Tidak hanya baik untuk tulang dan gigi, Zat Besi dan Magnesium juga sangat bermanfaat untuk otot Anda. Magnesium adalah zat yang membuat otot menjadi lebih rileks. Kekurangan Zat Besi dan Magnesium dapat membuat kram pada otot yang sangat berbahaya dan tak mengenakkan. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu untuk tetap mepertahankan konsistensi Anda dalam meningkatkan konsumsi makanan dengan Zat Besi dan Magnesium yang tinggi. Tidak hanya itu, beberapa dorongan juga penting seperti melakukan olahraga dan melengkapi gizi dan nutrisi penting lainnya.

3. Detak Jantung Tak Normal

Hal ini bisa terjadi karena kuranganya Zat Besi dan Magnesium pada tubuh. Magnesium berfungsi baik dalam menjaga detak atau ritme pada jantung agar tetap normal dan tidak berlebihan atau pun kurang. Untuk itu, magnesium adalah salah satu zat penting yang baik untuk kesehatan jantung. Magnesium juga akan membantu dalam menjaga kesehatan jantung seperti menghindarkan diri dari serangan jantung, jadi menjaga ritme jantung bukan satu-satunya tugas dari magnesium.

4. Depresi

Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang terjadi akibat beberapa hal, paling umum adalah masalah pikiran seperti kelebihan beban, tentang pekerjaan, hubungan dengan pasangan, kalah, dan banyak lainnya. Kekurangan magnesium dalam tubuh juga bisa membuat Anda depresi karena magnesium memiliki fungsi yaitu menjaga system saraf otak lebih terkontrol dan terhindar dari depresi.

Loading...

5. Permasalah Pada Sel-Sel Darah

Zat besi dapat membantu dalam melancarkan peredaran darah dan menyehatkan sel-sel darah. Salah Satu penyebab dari berbagai jenis penyakit yang terjadi pada system darah tubuh adalah kurangnya zat besi yang penting. Untuk itu, agar darah menjadi lebih sehat dan terkontrol, zat besi adalah zat yang paling penting bagi tubuh.

6. Menurunkan Imun Tubuh

Kekebalan tubuh merupakan system yang sangat di perlukan dalam tubuh karena membantu dalam mengatasi setiap pergerakan buruk dari luar seperti bakteri, virus dan radikal bebas yang masuk. Semua parasite tersebut bisa saja masuk dengan mudah karena imun tubuh atau kekebalan tubuh Anda kurang. Zat besi menjadi salah satu kandungan yang sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh karena berperan aktif dalam mengatasi penyakit-penyakit akibat bakteri, virus, radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Bahkan hal tersebut bisa mengakibatkan kanker dan tumor yang berbahaya.

Baca juga: 15 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

Meski sehat dan bisa saja berbagai penyakit berbahaya bisa terjadi akibat kekurangan zat besi dan magnesium, mengkonsumsi Zat Besi dan Magnesium secara berlebihan sangatlah berbahaya bahkan lebih bahaya akibatnya dari kekurangan Zat Besi dan Magnesium. Hal ini terjadi karena tidak seimbangnya asupan gizi dan nutrisi yang ada pada tubuh sehingga membuat penyakit mudah masuk.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top