Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Bahaya Akibat Kelebihan dan Kekurangan Mineral Bagi Tubuh

Uncategorized

11 Bahaya Akibat Kelebihan dan Kekurangan Mineral Bagi Tubuh

Mineral adalah zat penting dalam tubuh. Mineral terbagi atas beberapa bagian dan masing-masing memiliki manfaat yang berbeda-beda. Disini, Anda akan di perlihatkan akibat kekurangan dan kelebihan mineral yang bisa berdampak negative bagi tubuh. Air mineral adalah air yang bersih. Merebus air tidak bisa dikatakan sebagai air mineral yang sempurna. Untuk lebih jelasnya, Anda perhatikan air kemasan yang di jual di banyak tempat, di kemasan tersebut bertuliskan air mineral dalam artian, air tersebut sangat lah bersih.

Bahaya Akibat Kelebihan dan Kekurangan Mineral

Air mineral yang di kemas tersebut biasanya di ambil langsung dari mata air bersih di pegunungan hijau dan telah di saring sedemikan rupa serta di uji ketat kebersihannya. Untuk itu, air kemasan memiliki kandungan mineral yang lebih bersih dan banyak dari pada air yang di rebus saja. Air mineral sangat lah penting. Untuk wanita dan laki-laki dewasa saja memerlukan air mineral yang banyak. Namun apa jadinya jika tubuh kekurangan dan kelebihan mineral? Berikut ini adalah akibat  kekurangan dan kelebihan mineral dalam tubuh.

Kekurangan:

1. Natrium

Kekurangan kandungan natrium yang ada pada air mineral sangat tidak baik karena bisa menyebabkan gejala diare, keringan dingin, kejang, apatis, dan hilangnya nafsu makan.

2. Chior

Kekurangan salah satu jenis mineral yang penting satu ini sangat lah berbahaya karena bisa menyebabkan diare jenis kronis, muntah, dan bisa menyebabkan keringat yang keluar secara berlebihan dalam tubuh.

3. Kalsium

Kalsium sangat baik untuk kesehatan tulang dan juga gigi. Zat penting ini bisa Anda temukan di dalam susu dan sumsum tulang ayam rebus dan sebagainya.  Dampai yang di peroleh jika terjadi kekurangan kalsium dalam tubuh adalah bisa berakibat buruk pada tulang dan menyebabkan osteoporosis bahkan di usia dini.

4. Fosfor

Fosfor memiliki fungsi yang sama dengan kalsium yaitu dapat membantu pembentukan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, kekurangan fosfor juga bisa menyebabkan nafsu makan kurang dan lelah berlebihan.

Loading...

5. Magnesium

Magnesium adalah mineral yang sangat baik untuk otot. Beberapa hal yang bisa terjadi akibat kekurangan magnesium ini adalah diare, muntah, nafsu makan kurang, mudah tersinggung, gagal jantung dan koma.

6. Sulfur

Kekurangan sulfur bisa disebabkan juga karena manusia kekurangan protein.

Kelebihan

1. Natrium

Kelebihan natrium bisa mengakibatkan keracunan, edema serta hipertensi yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya berbahaya jika kekurangan, natrium yang terlalu berlebihan bahkan bisa lebih bahaya dari kekurangan natrium.

2. Chlor

Chol adalah zat mineral yang sangat penting untuk tubuh. Kelebihan kandungan chlor bisa menyebabkan hal yang berbahaya seperti menyebabkan muntah yang sering terjadi pada tubuh.

3. Kalsium

Kalsium adalah zat mineral yang sangat penting untuk tubuh khususnya tulang dan gigi. Kekurangan kalsium bisa menyebabkan osteoporosis, sedangkan jika terlalu berlebihan bisa menyebabkan gangguan ginjal, absorbs mineral, serta konstipasi.

4. Fosfor

Jika fosfor dalam tubuh terlalu berlebihan, ion fosfat pada tubuh akan mengikat kalsium, hal ini bisa mengakibatkan gejala seperti kejang-kejang dan menurunkan kualitas tulang pada tubuh.

5. Sulfur

Kekurangan zat mineral satu ini bisa diakibatkan karena asam amino yang terlalu banyak dalam tubuh. Hal ini bisa mengakibatkan pertumbuhan tubuh menjadi terhambat. Selain itu, zat mineral ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tulang jika di konsumsi secara pas, tidak berlebihan dan tidak kekurangan.

Baca juga:  8 Cara Pencegahan Wasir Luar Secara Efektif

Zat mineral yang telah di jelaskan fungsi, akibat kekurangan dan kelebihan diatas adalah zat mineral yang wajib ada pada tubuh untuk menunjang kesehatan tubuh. Kekurangan zat mineral dalam tubuh membuat kesehatan menjadi terganggu, begitu juga sebaliknya. Cara paling aman adalah mengkonsumsi makanan dengan zat mineral yang pas dan sesuai dengan kecukupan Anda. Hal tersebut dilakukan agar asupan gizi dan nutrisi yang di dapat dari makanan lain tidak terganggu.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top