Connect with us
close

Virtual.co.id

11 Bahaya Akibat Kelebihan Estrogen Pada Wanita

Uncategorized

11 Bahaya Akibat Kelebihan Estrogen Pada Wanita

Estrogen merupakan salah satu hormone yang dimana setiap wanita pasti memilikinya. Hormone ini mempunyai banyak fungsi untuk wanita, khususnya untuk bagian kewanitaan. Hormon Estrogen ini bisanya di hasilkan dari ovarium namun juga bisa di hasilkan oleh sel-sel lemak dalam kelenjar adrenal. Untuk wanita, hormone Estrogen ini sangat berperan penting dalam masa pubertas. Saat wanita sedang berada dalam masa pubertas, hormone ini akan mengeluarkan seks skunder yang memicu tumbuhnya payudara dan meningkatnya birahi.

Bahaya Akibat Kelebihan Estrogen Pada Wanita

Estrogen juga berfungsi dalam mengatur siklus dari menstruasi wanita, baik itu siklus 28 hari, 29 hari atau 30 hari. Hormone Estrogen begitu penting untuk wanita, namun apa yang terjadi jika hormone ini terlalu berlebihan? Berikut ini adalah beberapa akibat kelebihan Estrogen dalam tubuh wanita.

1. Menstruasi Tak Lancar

Jika seorang wanita kelebihan Estrogen dalam tubuhnya makan siklus menstruasi nya tidak akan lancar. Hormone Estrogen sangat berperan aktif dalam mengatur siklus menstruasi wanita. Kelebihan Estrogen bukannya dapat meningkatkan kualitas siklus menstruasi melainkan dapat menyebabkan menstruasi tak lancar karena kelebihan Estrogen.

2. Pertumbuhan Tulang Terganggu

Tidak hanya mengacau dalam siklus menstruasi, Estrogen yang berlebihan pada wanita akan menyebabkan terganggunya pertumbuhan tulang yang semestinya. Hal ini juga bisa menyebabkan tulang atau gigi menjadi cepat rusak atau disebut dengan osteoporosis.

3. Darah Beku

Estrogen juga berfungsi untuk membekukan darah. Dasarnya Estrogen bermanfaat dalam terus mengstabilkan kekuatan serta kekebalan pada dinding vagina dan lapisan uretra. Jika Estrogen berlebihan, pembekuan darah juga terlalu berlebihan dan  akhirnya bisa menyebabkan sesuatu hal yang berbahaya seperti gumpalan darah beku di vagina.

4. Mengganggu Pertumbuhan Otak

Otak adalah bagian tubuh yang sangat penting. Hormone Estrogen ini dapat berpengaruh besar pada berkembangnya otak khususnya wanita. Estrogen yang rendah biasanya karena mood hati yang kurang baik, jika hal ini terus berlangsung maka bisa berimbas pada otak dan akhirnya terjadi stress dan lainnya.

Loading...

5. Kaki Menjadi Kram

Bisa disebabkan oleh banyak hal dan khusus untuk wanita, kaki kram bisa saja disebabkan oleh Estrogen yang terlalu berlebihan. Lemak beserta sel-sel tubuh lainnya akan bekerja keras berlebihan karena Estrogen yang terlalu banyak dan akhirnya bisa menyebabkan kaki kram bahkan masalah baru yang lebih besar lainnya.

6. Nyeri Ovarium

Estrogen bertanggung jawab atas berkembangnya reproduksi wanita. Hormone Estrogen akan membantu wanita dalam masa pubertas dan sangat berguna bagi rahim, system reproduksi dan ovarium. Estrogen yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan ovarium menjadi sakit atau nyeri karena tak mampu menerima Estrogen yang terlalu banyak.

7. Nyeri Payudara

Estrogen juga sangat berguna dalam perkembangan payudara pada wanita. Estrogen akan meningkatkan timbunan lemak pada lapisan subkutn, hal ini sama dengan saat ibu sedang menyusui anaknya dan anak tersebut tak mau sehingga membuat sesak payudara ibu karena besarnya tekanan lapisan tersebut.

8. Berat Badan Meningkat

Bisa terjadi karena rasa sakit yang terjadi pada wanita karena sering makan makanan yang bikin berat badan melonjak. Estrogen yang terlalu banyak juga dapat ikut bagian dalam meningkatkan berat badan karena produksi dari makanan akan cepat terserap karena Estrogen yang berlebihan ini.

9. Mual

Mual bisa diakibatkan karena beberapa hal, salah satunya yang sering terjadi pada wanita pubertas adalah mual akibat Estrogen yang terlalu berlebihan.

10. Muntah

Selain mual-mual, sering muntah juga bisa diakibatkan oleh Estrogen yang terlalu banyak dalam tubuh. Perasaan akibat Estrogen berlebihan ini sama dengan rasa ingin muntah saat menstruasi.

11. Gairah Seksual Menurun

Estrogen bisa terkena pada kaum laki-laki yaitu bisa menyebabkan penurunan gairah seks karena Estrogen yang terlalu berlebihan. Estrogen bisa mempengaruhi banyak sedikit nya sperma yang dihasilkan oleh pria.

Baca juga: 8 Bahaya Buah Sukun untuk Kesehatan Tubuh

Estrogen sangat baik untuk tubuh khususnya wanita. Tidak hanya itu, Estrogen juga berperan aktif dalam siklus menstruasi wanita. Berlebihan atau kekurangan sangatlah tidak baik, penjelasan di atas adalah tuntunan Anda dalam mengetahui bagiamana, cara, akibat, penyebab terjadi Estrogen berlebihan tersebut agar tak mengganggu asupan gizi dan nutrisi lainnya dalam tubuh.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top