Connect with us
close

Virtual.co.id

Bahaya Akibat Terlalu Sering Makan Jeroan

Uncategorized

Bahaya Akibat Terlalu Sering Makan Jeroan

Beberapa dari anda mungkin suka maupun gemar mengkonsumsi jeroan. Nama jeroan adalah istilah yang berasaldari Bahasa Indonesia yang berarti organ organ dalam tubuh hewan yang sudah disembelihterutama umumnya untuk dikonsumsi. Seperti diantaranya yang sangat populer dan juga sering dikonsumsi di tengah masyarakat kita adalah hati, otak, usus, babat, lidah dan paru paru. Dibeberapa negara diluar negara Indonesia, jeroan sangat ditabukan dan tidak boleh untuk dikonsumsi tetapi ternyata masih lebih banyak juga negara yang tidak melarang mengkonsumsi jeroan hewan tersebut. Di lain pihak, beberapa kasus kesehatan dan juga pendapat para ahli mengatakan bahwa jeroan yang sering kita tersebut dipercaya sebagai sumber penyebab penyakit jantung, stroke, dan asam urat.

Seperti yang kita pelajari semasa masih sekolah bahwa organ dalam hewan atau jeroan, berfungsi untuk mencerna makanan dan menetralkan racun yang masuk dalam tubuh hewan melalui makanan. Seperti, didalam organ hati tentunya mengandung lebih banyak senyawa beracun daripada organ lainnya. Belum juga termasuk ternak yang menjadi sumber organ hati itu ternyata memiliki penyakit seperti cacing hati. Oleh karena itu apabila kita ingin mengkonsumsi hati, adalah suatu kewajiban untuk memeriksa kesehatannya terlebih dahulu, mencucinya hingga sangat bersih, merebus sampai benar benar matang untuk memperkecil resiko baik racun maupun benda lain yang ada didalamnya.
Bahaya Akibat Terlalu Sering Makan Jeroan
Loading...
Organ lain di sistem pencernaan hewan yang juga populer dikonsumsi oleh masyarakat kita adalah babat dan usus. Babat berasal dari lambung sapi ini pada dasarnya memang memiliki warna yang hitam dan sedikit berwarna keabu-abuan. Yang perlu kita waspadai adalah babat yang berwarna putih bersih yang kita temukan dipasaran, hal tersebut karena babat telah mengalami proses bleaching atau pemutihan warna dengan menggunakan bahan kimia sintetis yang tentunya ini memiliki dampak yang benar benar berbahaya untuk kesehatan kita sebagai konsumen. Sedangkan usus adalah bagian organ pencernaan dari ujung lambung hingga ke anus. Usus merupakan organ yang sangat mudah rusak dan terkontaminasi penyakit apabila tidak segera dibersihkan dari kotoran didalamnya setelah hewan disembelih. Usus yang lebih dari 4 jam belum dibersihkan dipastikan sudah tidak layak lagi untuk kita konsumsi.
Bahaya Akibat Terlalu Sering Makan Jeroan

Hal yang perlu kita khawatirkan dari efek mengkonsumsi jeroan berlebih salah satunya adalah karena kandungan lemaknya sehingga dapat mengakibatkan kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi ini bisa menjadi sumber berbagai masalah penyakit yang bersifat degeneratif seperti jantung koroner, berat badan berlebih atau obesitas, juga darah tinggi, hingga mengakibatkan serangan stroke. Selain kandungan lemak yang tinggi, tingginya kadar purin dalam jeroan yang kita konsumsi juga sangat tidak baik terutama untuk mereka yang sudah memiliki penyakit asam urat. Oleh sebab itu, sebaiknya menghindari untuk mengkonsumsi jeroan yang bertujuan untuk mencegah naiknya kadar purin dalam tubuh. Dalam tubuh kita sendiri sebenarnya telah terkandung senyawa purin sebanyak 85 %, sehingga dari asupan makanan yang kita konsumsi setiap harinya tidak boleh lebih mengandung purin lebih dari 15% yang masuk dalam tubuh. Jika terjadi kelebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa purin maka akan terjadi keluhan asam urat.

Ada baiknya bagi kita untuk selalu mengontrol kondisi kesehatan kita dan juga asupan makanan lain yang dapat kita tambahkan seperti sayuran dan buah-buahan sehingga kesehatan kita masih tetap dapat kita jaga dan terhindar dari penyakit yang membahayakan jiwa kita.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top