Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Bahaya Ambeien Bagi Wanita dan Pria

Uncategorized

10 Bahaya Ambeien Bagi Wanita dan Pria

Bahaya Ambeien – Ambeien adalah penyakit yang terjadi pada anus yang disertai dengan pembengkakan dan pendarahan. Penyakit ambeien ini cukup menyulitkan, membuat tidak nyaman, membuat penderita malu dan minder. Jika bahaya ambeien ini tidak segera diatasi, harus dilakukan tindakan operasi.

Oleh karena itu, meskipun sepele dan tidak mematikan, ambeien tetap harus diwaspadai. Ambeien yang terus-menerus dapat menimbulkan dampak yang serius dalam jangka panjang. Bahaya ambeien tidak saja rasa ketidaknyamanan, tetapi juga memunculkan penyakit lain.

Bahaya Ambeien

1. Kesulitan tidur

Bahaya ambeien yang pertama adalah kesulitan tidur. Penderita ambeien dapat mengalami keluhan sakit kapan saja, baik di waktu siang maupun waktu malam. Seringnya keluhan sakit terjadi dimalam hari ketika hendak tidur karena badan yang kadang terforsir untuk aktivitas fisik di siang harinya.

Rasa sakit yang disebakan adanya  ambeien tentu akan membuat penderita  kesulitan untuk terlelap dan jika berlangsung lama dapat menjadi penyebab munculnya insomnia. Kesulitan tidur akan sering terjadi pada penderita ambeien parah.

2. Rasa mengganjal setelah BAB

Bagi penderita ambeien, rasa mengganjal setelah buang air besar kerap kali dirasakan. Ini terjadi karena benjolan yang keluar dari anus menstimulus otak, bahwa masih adanya kotorang yang tertinggal meski sudah dibersikan berkali-kali.  Kondisi ini akan lebih terasa untuk penderita ambeien yang benjolannya sudah tidak dapat didorong kedalam dan harus melakukan operasi untuk penangananya.

3. Adanya jaringan yang mati

Tubuh adalah satu sistem yang saling berkaitan. Ini dibuktikan dengan adanya komplikasi penyakit yang disebabkan penyakit lain yang timbul sebelumnya. Untuk penyakit ambeien, seseorang dapat mengalami kasus jaringan mati di sekitar anus, yang disebabkan oleh kurangnya suplai oksigen pada jaringan yang bermasalah tersebut.

Loading...

4. Nyeri tulang belakang

Ambeien menyebabkan penderitanya kesulitan dan disertai rasa nyeri ataupun sakit saat buang air besar. Penderita ambeien kerap kali harus mengejan saat “ke belakang”, yang dapat menjadikan penyumbatan darah di area punggung. Kondisi ini dapat menekan otot pada anus dan mempengaruhi kesehatan tulang belakang.

5. Serangan virus

Serangan virus adalah bahaya lain yang ditimbulkan dari adanya ambeien. Ambeien selain menyebabkan penderita  merasa sakit saat buang air besar juga dapat menimbulkan luka di bagian anus. Kondisi jaringan kulit yang terbuka lebih rentan terserang bakteri ataupun virus. Keduanya dapat bearasal dari darah pada feses yang tidak dibersihkan dengan baik dan keadaan kamar mandi yang kotor berpotensi besar untuk menularkan bibit penyakit.

6. Memicu sel kanker anus

Ambeien yang dibiarkan dan tidak segera diberi penanganan tentu berpotensi mendatangkan penyakit yang lebih serius. Adanya pendarahan dan pembengkakan yang rentan terhadap bibit penyakit  dan menjadi faktor tumbuhnya sel yang tidak normal. Keadaan ini pada akhirnya dapat berkembang menjadi sel kanker anus.

7. Sembelit berkesinambungan

Masalah buang air besar tentu membuat kondisi perut terasa penuh dan tidak nyaman. Masalah ini terjadi karena kurangnya asupan serat yang masuk ke dalam tubuh. Serat dapat diperoleh dengan mengonsumsi sayur dan buah. Selain itu, kurangnya asupan air juga dapat menjadikan tinja kering sehingga menimbulkan sembelit yang terus berkesinambungan.

8. Tidak nyaman ketika duduk

Adanya benjolan yang ada pada anus akan membuat duduk terasa tidak nyaman. Sering kali penderita ambeien harus direpotkan membawa bantal khusus untuk mengurangi rasa nyeri karena harus duduk dalam periode waktu yang cukup lama. Adaya tekanan saat posisi duduk menimbulkan rasa sakit pada bagian yang bermasalah.

9. Kematian

Pada tingkat awal ambeien obat atau krim pereda rasa nyeri dapat menolong untuk mengatasi rasa sakit karena pembesaran jaringan di area anus. Namun, untuk kasus yang lebih parah, dimana benjolan tidak lagi dapat didorong kedalam, tidak jarang akhirnya penderita harus melakukan operasi untuk penanganannya.

Untuk kondisi kronis, bila dibiarkan tanpa melakukan pengobatan yang tepat,  penderita ambeien dapat kekurangan sel darah merah, karena terus keluar bersama feses. Ini tentu mengkhawatirkan, karena dapat menimbulkan kematian bagi penderita.

Cara terbaik untuk menghadapi penyakit adalah mencegah datangnya penyakit tersebut, sebelum akhirnya dapat menimbulkan kerugian yang lebih besar untuk kesehatan. Meski ambeien sering dikelompokan pada kelompok penyakit ringan, anda tetap perlu waspada akan bahaya ambeien yang dapat terjadi pada siapa saja.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top