Connect with us
close

Virtual.co.id

12 Dampak Bahaya Minum Kopi Beserta Ampasnya

Uncategorized

12 Dampak Bahaya Minum Kopi Beserta Ampasnya

Bahaya ampas kopi merupakan dampak buruk yang di sebabkan oleh seseorang yang memiliki gaya hidup dan kebiasaan mengonsumsi kopi bersama ampasnya secara berlebihan. Kopi merupakan minuman yang sangat dinikmati oleh kalangan pria atau wanita.
Kopi di dunia sangat beragam jenisnya. Di Indonesia sendiri sangat banyak pilihan kopi yang bisa kamu temui. Bahkan hampir disetiap wilayah di Indonesia seperti memiliki kopi khas masing – masing. Pada artikel ini akan membahas tentang bahaya ampas kopi
Bahaya Ampas Kopi, Dampak Buruk Ampas Kopi, Bahaya Ampas Kopi untuk Kesehatan
Loading...
.

1. Penyakit Jantung

Bahaya ampas kopi bisa disebabkan oleh kebiasaan minum kopi beserta ampasnya. Salah satu bahayanya yaitu mengalami gangguan serius pada jaringan antung karena ampas kopi memiliki kandungan zat troglycerid. Gangguan jantung yang biasanya dirasakan diantaranya lemah jantung, gagal jantung, atau serangan jantung mendadak.

2. Gangguan tulang

Mengonsumsi kopi beserta ampasnya secara berlebihan dapat menyebabkan tubuh kesulitan untuk menyerap zat penting bagi tubuh seperti kalsium. Kandungan kalsium pada makanan dan minuman akan sangat sulit diserap oleh organ pencernaan sehingga akan mengurangi kepadatan tulang secara perlahan.

3. Memicu stress

Tidak hanya bermasalah terhadap jantung dan tulang, ampas kopi juga dapat menyebabkan kelenjar adrenalin dalam mengganggu produksi hormon. Akibatnya, seseorang akan mudah mengalami depresi dan stress yang berlebihan sehingga tidak dapat mengendalikan emosinya dan cenderung akan mencari – cari masalah disekitarnya.

4. Sembelit

Ampas kopi yang masuk kedalam tubuh secara berlebihan akan menyebabkan seseorang sulit untuk buang air besar secara normal. Hal ini tidak lain dikarenakan ampas kopi yang mampu menghambat fungsi usus dalam menyerap air di saluran pembuangan dan tidak cukup untuk melumasi feses sehingga feses akan terlalu keras serta sulit untuk dikeluarkan. Kondisi ini biasa disebut dengan penyakit sembelit.

5. Merusak dinding lambung

Dinding lambung memang sangat rentan mengalami iritasi atau luka. Terlebih lagi ampas kopi yang bersifat tajam dapat dengan mudah menggores dinding lambung sehingga akan memicu gangguan organ pencernaan.

6. Menyebabkan diare

Ampas kopi memang sejak dahulu telah terbukti sangat berbahaya. Ampas kopi mampu menimbulkan tekanan dan dorongan feses terlalu cepat untuk dikeluarkan. Sehingga akan melewati proses pengerasan feses. Akibatnya seseorang akan sering buang air besar namun fesesnya terlalu encer. Kelainan ini dalam dunia medis disebut dengan diare. Oleh sebab itu hindari mengonsumsi kopi bersama ampasnya agar tidak merugikan kesehatan.

7. Kerusakan janin

Kopi hitam sangat berbahaya dikonsumsi ibu hamil secara berlebihan terlebih lagi jika bersama ampasnya. Hal ini dikarenakan zat kafein dan senyawa berbahaya lain pada ampas kopi memiliki kadar yang lebih tinggi sehingga mampu untuk merusak jaringan tubuh bayi yang belum terbentuk secara sempurna. Parahnya kondisi ini akan menyebabkan janin menjadi hancur dan berpotensi mengalami keguguran.

8. Mengganggu kesuburan wanita dan pria

Kopi yang di minum bersama ampasnya dengan takaran berlebihan akan mempersulit mereka untuk mendapatkan keturunan. Jika kamu dan pasanganmu sedang menginginkan keturunan sebaiknya hindari minuman kopi dan minuman yang mengandung kafein lainnya.

9. Insomnia

Insomnia merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja sehingga seseorang mengalami susah tidur. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya yaitu zat kafein yang dikandung oleh kopi. Apabila dikonsumsi secara berlebihan dengan ampasnya, akan menyebabkan kandungan kafeinnya semakin tinggi yang masuk kedalam tubuh. sehingga seseorang akan mengalami susah tidur. Meskipun berhasil tidur, akan sulit tidur dengan nyaman.

10. Kerusakan Ginjal

Ginjal merupakan organ yang sangat penting berada dalam tubuh. Pasalnya ginjal memiliki fungsi utama untuk menyaring darah dan mengendalikan cairan dalam tubuh. Kopi beserta ampasnya juga dapat mengakibatkan kinerja ginjal berkurang dan tubuh akan mudah kekurangan cairan.  Terlebih lagi jika kamu tidak minum air putih dengan porsi yang cukup.

2 Bahaya Kopi Ampas Lainnya untuk Kesehatan:

11. Kerusakan usus
12. Stroke
Itulah informasi tentang bahaya ampas kopi yang diperoleh apabila berlebihan dalam mengonsumsi kopi beserta ampasnya. Namun jika kamu mulai menderita beberapa gejala ringan akibat mengonsumsi kopi beserta ampasnya, kamu bisa mengatasinya dengan minum air putih yang banyak. Jadi mulai sekarang konsumsilah minuman yang sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top