Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Dampak Bahaya Arak bagi Kesehatan Tubuh

Uncategorized

10 Dampak Bahaya Arak bagi Kesehatan Tubuh

Arak merupakan jenis minuman keras yang mengandung sejumlah alkohol. Minuman ini sudah sangat terkenal dari jaman dahulu serta memiliki banyak jenis. Arak diperoleh dari hasil fermentasi buah-buahan atau biji – bijan dengan proses yang berbeda – beda. Di Indonesia, penjualan arak ini diatur dalam Undang – Undang dimana minuman ini tidak dapat dengan bebas diperjual belikan di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh bahaya arak bagi kesehatan yang mungkin saja terjadi apabila dikonsumsi.
Arak merupakan jenis minuman keras yang sangat digemari oleh berbagai kalangan di dunia karena kemampuannya memberikan kesenangan dan kenikmatan. Namun sayangnya semua kenikmatan dan kesenangan tersebut hanya semu karena merupakan efek dari halusinasi saat mabuk. Berikut ini merupakan beberapa bahaya minum arak bagi kesehatan tubuh.
Bahaya Arak Bagi Kesehatan, Dampak Buruk Arak Bagi Kesehatan, Bahaya Minum Arak Bagi Kesehatan, Bahaya Mengkonsumsi Arak Bagi Kesehatan
Loading...

1. Dapat merusak organ dalam dan saraf otak

Bahaya arak bagi kesehatan tubuh seperti merusak organ dalam dan saraf otak mungkin saja terjadi apabila mengonsumsi arak secara terus menerus. Organ dalam yang berpotensi mengalami kerusakan misalnya ginjal, hati, jantung, serta saraf otak. Apabila saraf otak tidak bekerja dengan baik tentu akan membahayakan kesehatan tubuh. Kerusakan pada sistem pencernaan juga sangat mungkin terjadi. Oleh sebab itu arak sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi.

2. Menyebabkan berbagai macam penyakit

Mengonsumsi minuman keras dengan kadar alkohol tinggi seperti arak dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, hepatitis, tekanan darah tinggi, osteoporosis, demensia, gangguan hati, dan masih banyak lagi.
Zat berbahaya dalam arak akan mengalir ke seluruh tubuh bersama darah yang mengalir pada pembuluh darah. Dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan pada tubuh secara tidak terduga serta menimbulkan berbagai infeksi berbahaya.

3. Gangguan menstruasi dan mempercepat menopouse

Selain itu, mengonsumsi arak secara berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan siklus haid karena hormonnya terganggu. Arak juga akan menyebabkan nyeri pada saat terjadi haid. Tidak tanggung – tanggung, akibat yang paling merugikan yaitu mempercepat datangnya menopause. Wanita yang terbiasa minum minuman keras biasanya akan sulit mendapatkan kehamilan karena kesuburannya menurun.

4. Gangguan kehamilan dan janin

Arak juga memiliki dampak negatif jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil terutama saat hamil muda yaitu dalam fase 3 bulan pertama. Gangguan kehamilan yang biasa dialami seperti cacat janin, prematur dan keguguran.

5. Penglihatan kabur

Minuman keras yang dikonsumsi secara berlebihan lambat laun akan menyebabkan kerusakan pada saraf termasuk pada saraf yang berperan penting terhadap penglihatan. Arak mampu menurunkan fungsi penglihatan. Bahkan minuman ini dapat menyebabkan kebutaan permanen dan sulit untuk disembuhkan.

6. Kecanduan dan overdosis

Minuman keras semacam arak memiliki sejumlah zat adiktif berbahaya yang dapat menimbulkan kecanduan dan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Gejala seseorang yang mulai mengalami kecanduan terhadap minuman keras yaitu akan merasa cemas, panik, sulit tidur, sakit kepala, dan rasa mual. Selain itu minuman keras selayaknya narkoba akan menyebabkan over dosis yang berujung kepada kematian.

7. Obesitas atau kelebihan berat badan

Kadar kalori dan gula yang sangat tinggi pada minuman keras jenis arak akan menyebabkan berat badan naik secara terus menerus. Selain itu akan berakibat terhadap terganggunya metabolisme tubuh. Kenaikan berat badan secara terus menerus akan menyebabkan kelebihan berat badan atau dikenal dengan istilah obesitas.

8. Gangguan seksual

Minuman keras yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan gangguan seksual baik bagi pria dan wanita. Akibatnya akan mengalami impotensi dan turunnya gairah seks sehingga reproduksi menurun. Padahal minuman keras sangat erat kaitannya dengan kaum muda yang masih dalam usia produktif.

9. Menurunnya kecerdasan

Minuman keras sangat berbahaya bagi kesehatan otak. Bagi seseorang yang sering minum arak akan menurunkan kecerdasan otak. Akibatnya daya ingat akan menurun dan sulit konsentrasi dan kemampuan otak tidak dapat bekerja secara maksimal.

10. Mual dan muntah

Arak yang dapat mempengaruhi penyempitan pembuluh darah juga akan menyebabkan asupan oksigen untuk otak akan menurun. Otak yang kekurangan oksigen akan menimbulkan berbagai reaksi seperti pusing, mual dan muntah.
Itulah 10 informasi tentang bahaya arak bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Dengan membaca artikel ini tentu Anda akan dapat menilai serta memikirkan ulang apabila ingin mencoba untuk minum minuman keras.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top