Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Dampak Bahaya Berenang Pada Malam Hari bagi Kesehatan

Uncategorized

9 Dampak Bahaya Berenang Pada Malam Hari bagi Kesehatan

Umumnya orang akan melakukan olahraga pada saat pagi hari. Namun sebagian orang juga mempunyai hoby olahraga yang dilakukan pada malam hari salah satunya berenang. Olahraga berenang merupakan olahraga yang dilakukan di dalam air. Olahraga ini sangat diminati bagi kebanyakan para remaja, karena akan membuat tubuh menjadi sehat. Berenang juga akan membantu tubuh menjadi cepat tinggi jika anda dalam masa tumbuh kembang. Akan tetapi, sangat bahaya jika anda berenang pada malam hari.

Olahraga berenang yang dilakukan pada malam hari akan menyebabkan anda rentan terhadap berbagai macam penyakit. Dengan banyaknya aktifitas yang dilakukan menjadi alasan banyak orang untuk memilih berenang pada malam hari, namun tahukah anda jika berenang yang dilakukan malam hari akan lebih banyak bahayanya dari pada manfaatnya. Ada beberapa bahaya berenang pada malam hari yang perlu anda ketahui. Berikut inilah bahaya berenang pada malam hari.

Bahaya Berenang Pada Malam Hari, Bahaya Berenang Pada Malam Hari bagi Kesehatan, Dampak Bahaya Berenang Pada Malam Hari

1. Terserang rematik

Bahaya yang pertama, berenang pada malam hari akan lebih mudah terserang rematik. Penyakit ini menyerang pada bagian tulang. Penyakit ini bisa timbul jika anda melakukan renang pada saat malam hari. Biasanya jika sudah terserang rematik akan ditandai dengan gejala sakit pada bagian tulang sendi sehingga tubuh akan terasa sakit dan juga nyeri.

2. Masuk angin, demam, dan hipotermia

Selanjutnya, dengan berenang pada malam hari anda juga bisa mudah masuk angin, demam atau hipotermia. Penyakit hipotermia merupakan penyakit dimana tubuh mengalami kesulitan untuk mengatasi tekanan suhu dingin. Oleh karena itu, pada malam hari udara akan terasa lebih dingin sehingga kekebalan tubuh juga akan menurun. Saat itulah anda akan mudah terserang flu, masuk angin, demam atau hipotermia.

3. Insomnia

Insomnia juga bisa terjadi ketika anda melakukan renang pada malam hari. Hal ini disebabkan suhu tubuh yang awalnya terasa hangat akan berubah menjadi dingin ketika malam hari dipakai untuk berenang sehingga anda pun kesulitan pada saat tidur.

4. Mudah merasa lelah

Bahaya lainnya juga akan menyebabkan anda mudah merasa lelah. Pada saat malam hari, oksigen di udara akan lebih sedikit sehingga anda akan merasa sesak nafas. Untuk itu, jika anda sering melakukan olahraga berenang pada malam hari akan membuat tubuh menjadi cepat lelah karena kekurangan oksigen.

Loading...

5. Mengurangi daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh berperan penting untuk menjaga dan melindungi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Namun, jika anda mempunyai kebiasaan berenang pada malam hari akan menyebabkan daya tahan tubuh menjadi menurun. Tubuh akan merasa sangat lelah, setelah melakukan aktivitas kemudian anda harus berenang pada malamnya. Dengan begitu, energi yang ada dalam tubuh akan cepat terkuras dan kekebalan tubuh akan menurun.

7. Nyeri kaki dan tangan

Berenang pada malam hari juga akan mengakibatkan nyeri pada bagian kaki dan tangan. Setelah anda melakukan banyak pekerjaan tanpa adanya waktu untuk beristirahat kemudian anda melakukan olahraga berenang pada malam harinya. Tentu, ini akan membuat kaki dan tangan terasa nyeri.

8. Pundak kaku dan kram

Selain itu, dengan berenang pada malam hari juga akan menyebabkan pundak menjadi kaku dan kram. Jika anda tidak biasa melakukan olahraga berenang di malam hari lalu anda tiba-tiba melakukan olahraga ini, maka kemungkinan besar anda akan merasa pundak menjadi kaku dan kram sehingga ini juga bisa mengakibatkan seluruh tubuh menjadi pegal.

9. Mengganggu jam biologis

Pada saat malam hari tentu anda sudah mengetahui jika tubuh sangat memerlukan waktu untuk beristirahat. Namun jika anda menghabiskan waktu istirahat anda untuk berenang maka sudah pasti itu akan menggangu jam biologis anda dalam beristirahat. Jika waktu istirahat anda terganggu keesokan harinya anda akan merasa mengantuk sehingga aktivitas atau pekerjaan anda tidak bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga 7 Dampak Bahaya Melakukan Olahraga Tanpa Pemanasan

Itulah informasi tentang bahaya berenang pada malam hari. Jika anda sangat menyukai olahraga berenang maka sebaiknya jangan lakukan pada saat malam hari. Tetaplah menjaga kesehatan tubuh dengan menghindari renang di malam hari dan menggantinya dengan olahraga lainnya seperti fitness.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top