Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Bahaya Boraks pada Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Uncategorized

25 Bahaya Boraks pada Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Banyak bahaya boraks pada makanan yang Anda konsumsi akan membuat tubuh Anda mengalami banyak gejala penyakit yang berbahaya. Boraks merupakan zat pengawet yang juga difungsikan sebagai pembunuh kuman. Zat ini sering dijadikan bahan pembuatan obat seperti salep kulit, deterjen, dan juga untuk mengawetkan kayu. Namun sayangnya penggunaan boraks sering disalahgunakan oleh beberapa oknum.

Saat ini sudah banyak makanan yang dicampur dengan boraks untuk membuat makanan tersebut senantiasa awet. Padahal zat ini bukanlah zat yang layak untuk dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh Amda. Senyawa kimia di dalamnya hanya akan merusak tubuh dan menimbulkan berbagai macam jenis penyakit. Makanan yang sering dicampur dengan boraks yaitu bakso, mie, daging ikan, dan masih banyak lagi.

25 Bahaya Boraks pada Makanan untuk Kesehatan Tubuh

Agar Anda tidak salah dalam pergaulan, berikut ini kami sajikan bahaya boraks pada makanan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Nafsu makan turun

Senyawa berbahaya dalam makanan yang mengandung boraks akan menbuat tubuh Anda mengalami nafsu makan yang cenderung menurun. Tubuh Anda pun akan banyak kekurangan nutrisi dari makanan lainnya.

2. Gangguan pencernaan

Tentu saja makanan dengan kandungan boraks juga akan membuat pencernaan Anda terganggu. Usus dan lambung adalah dua organ pencernaan yang akan paling banyak terkena dampak buruk dari masuknya boraks ke pencernaan.

3. Gangguan pernapasan

Konsumsi makanan dengan kandungan boraks yang tinggi mampu membuat sistem pernapasan Anda terganggu. Gangguan pernapasan yang akan muncul biasanya sesak nafas dan juga rasa sakit pada bagian dada.

Loading...

4. Gangguan syaraf tubuh

Syaraf di tubuh Anda tidak akan berfungsi dengan baik untuk merespon ketika Anda banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan boraks. Hal ini pun akan memicu gangguan kesehatan syaraf pada otak.

5. Mual

Banyak gejala tubuh yang tidak bisa menerima kandungan boraks yang Anda konsumsi, salah satunya yaitu mual. Rasa mual ini akan membuat perut Anda terasa sakit dan disertai gejala ingin muntah.

6. Muntah

Efek selanjutnya dari perut yang terasa mual adalah muntah. Muntah menandakan tubuh Anda menolak untuk menerima makanan dengan kandungan senyawa kimi di dalamnya seperti kandungan senyawa boraks.

7. Diare

Boraks pada makanan juga dapat membuat tubuh Anda terjangkit penyakit diare. Penyakit ini akan mengganggu kesehatan pencernaan, memicu rasa mulas, dan juga membuat Anda banyak kekurangan cairan tubuh.

8. Sesak nafas

Gejala gangguan pernapasan yang paling sering dirasakan setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan boraks yaitu sesak nafas. Anda akan mengalami kesulitan saat bernapas dan kemungkinan besar paru-paru Anda pun bermasalah.

9. Kram perut bagian atas

Kram yang terjadi pada bagian perut bagian atas merupakan gejala dari konsumsi makanan dengan kandungan boraks. Zat ini akan membuat otot perut Anda terganggu sehingga terasa kaku dan menekan tubuh.

10. Badan terasa lelah

Efek boraks juga mampu memicu rasa lelah yang berlebihan. Anda akan mengalami banyak rasa lelah dan letih yang lebih parah dari biasanya. Tubuh Anda pun akan terasa lemas dan tidak bisa banyak melakukan kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: 11 Bahaya Nitrogen Cair untuk Kesehatan Tubuh

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya boraks pada makanan untuk kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini 15 bahaya lainnya:

15 Bahaya Boraks pada Makanan untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

11. Pendarahan
12. Sakit kepala
13. Gagal ginjal
14. Kanker
15. Kematian
16. Gangguan otak
17. Gangguan hati
18. Demam
19. Tidak terbentuknya urin
20. Koma
21. Depresi
22. Kurang gairah
23. Kulit pucat
24. Tekanan darah menurun
25. Pingsan

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya boraks pada makanan untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam mengenal dunia farmasi yang berkaitan dengan bahan-bahan di dalamnya. Informasi ini juga bisa Anda beritahukan kepada semua orang di sekitar Anda. Salam sehat.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top