Connect with us
close

Virtual.co.id

30 Bahaya Coklat untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Uncategorized

30 Bahaya Coklat untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Hal penting yang perlu Anda ketahui yaitu ada bahaya coklat untuk kesehatan dan ibu hamil yang dapat berdampak buruk bagi tubuh. Selama ini kita mengenal coklat sebagai makanan yang cukup digemarik banyak orang. Coklat juga menjadi bahan yang sering digunakan dalam pembuatan berbagai jenis masakan, mulai dari pudding, kue, es krim, dan masih banyak lagi. Namun jika Anda mengonsumsi coklat terlalu banyak, Anda akan menghadapi banyak masalah kesehatan.

Coklat memang mengandung beberapa jenis gizi yang tubuh Anda butuhkan. Akan tetapi, makanan yang satu ini juga akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Bagi para ibu hamil pun disarankan untuk tidak mengonsumsi coklat terlalu banyak. Hal tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan janin. Janin bisa lahir cacat atau mengalami gangguan kesehatan ketika lahir nanti.

30 Bahaya Coklat untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis makanan, berikut ini kami sajikan beberapa bahaya coklat untuk kesehatan dan ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

1. Rasa cemas

Coklat ternyata dapat membuat Anda merasakan rasa cemas yang berlebihan. Makanan yang satu ini akan membuat pikiran Anda menjadi berlebihan sehingga timbul kecemasan dan kegelisahan yang tidak jelas.

2. Depresi

Efek buruk dari coklat juga dapat membuat Anda merasakan depresi. Hal ini diakibatkan senyawa yang terdapat dalam coklat jika dikonsumsi berlebihan akan mempengaruhi hormone serotonin di tubuh Anda dan menimbulkan depresi.

3. Memicu darah tinggi

Kandungan kafein dalam coklat jika dikonsumsi terlalu banyak akan memicu penyakit darah tinggi atau hipertensi. Kafein sangat mempengaruhi tekanan darah di tubuh Anda, itulah mengapa hipertensi dapat muncul.

Loading...

4. Menambah berat badan

Coklat adalah jenis makanan yang mengandung cukup banyak lemak. Lemak ini juga ditambah dengan kandungan gula di dalamnya. Jika dikonsumsi terlalu banyak, maka lemak dan gula akan menumpuk di tubuh Anda dan menambah berat badan.

5. Gangguan kesehatan pencernaan

Pencernaan Anda tidak mempunyai jenis enzim khusus yang dapat mencerna coklat dalam jumlah yang banyak. Konsumsi makanan ini dengan berlebihan sama saja akan membuat pencernaan Anda terganggu kesehatannya.

6. Merusak gigi

Pasti Anda sejak kecil sudah dilarang untuk mengonsumsi coklat terlalu banyak karena akan berdampak buruk pada gigi. Larangan ini bukan tanpa maksud. Coklat yang menempel pada gigi dengan kandungan gulanya akan membuat gigi Anda keropos.

7. Pemicu penyakit batu ginjal

Kandungan zat asam yang ada pada coklat tidak terlalu baik untuk kesehatan ginjal. Jika Anda mengonsumsi coklat dengan kadar yang sedikit tidak akan menjadi masalah. Namun jumlahnya yang banyak akan memicu penyakit batu ginjal.

8. Alergi

Ada beberapa orang yang mempunyai alergi terhadap jenis makanan tertentu, termasuk coklat. Coklat dapat menimbulkan gejala alergi yang cukup parah pada penderitanya, seperti gatal dan juga nyeri pada perut.

9. Efek mual dan muntah

Coklat juga bukan jenis makanan yang pas untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Anda akan merasakan gejala mual dan ingin muntah ketika terlalu banyak memakan coklat. Perut Anda pun akan terasa kembung dan juga tidak nyaman.

10. Memicu penyakit jantung

Kandungan senyawa yang ada dalam coklat dapat memicu penyakit jantung jika dikonsumsi berlebihan. Hal ini akan membuat jantung Anda tidak berfungsi dengan baik dan juga mudah diserang penyakit.

Baca Juga: 30 Jenis Makanan untuk Kecantikan dan Awet Muda

Selain 10 bahaya diatas, ada beberapa bahaya coklat untuk kesehatan dan ibu hamil lainnya. Berikut ini 20 bahaya lainnya:

20 Bahaya Coklat untuk Kesehatan dan Ibu Hamil Lainnya

11. Naiknya kadar insulin tubuh
12. Kolesterol tinggi
13. Memicu migrain
14. Sakit kepala
15. Iritasi perut
16. Memicu penyakit maag
17. Diabetes
18. Mengganggu pertumbuhan janin
19. Bukan makanan ibu menyusui
20. Keguguran pada janin
21. Gangguan sistem pernapasan
22. Pencernaan terganggu
23. Gangguan saluran kemih
24. Merusak kesehatan mata
25. Gangguan syaraf
26. Sesak nafas
27. Sulit buang air besar
28. Diare
29. Muntah
30. Sembelit

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang bahaya coklat untuk kesehatan dan ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda dan keluarga dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan Anda dan keluarga konsumsi setiap hari. Salam sehat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top